Cara Cek DA PA Blog dan Website | Cek Domain Authority

Cara Cek DA PA Blog dan Website | Cek Domain Authority. Bagaimana cara cek DA PA dan apa saja yang menjadi faktor penentu skor DA PA blog atau website
Cara Cek DA PA Blog
Designed by upklyak / Freepik | Edited by Penulis AdityaTekno.com

AdityaTekno.com - Cara Cek DA PA Blog dan Website | Cek Domain Authority. Tujuh tahun yang lalu Google telah mengumumkan bahwa, untuk menentukan peringkat SEO website atau blog, Google tidak lagi menggunakan Page Rank. Karena Page Rank sudah tidak digunakan, untuk sekarang ini yang menjadi standar SEO website / blog adalah Domain Authority dan Page Authority. 

DA (Domain Authority) dan PA Page Authority adalah indikator yang berfungsi untuk memudahkan pemilik website atau blog dalam meninjau performa suatu website secara keseluruhan dan atau bisa juga menjadi standar untuk menentukan berkualitas atau tidaknya suatu website / blog. Maka dari itu, semakin tinggi nilainya maka semakin bagus juga kualitas suatu website atau blog.

Akan tetapi, untuk yang masih belum tau cara cek DA PA blog, anda tidak perlu khawatir. Sebab, di artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana cara cek DA PA dan apa saja yang menjadi faktor penentu skor DA PA blog atau website.

Apa itu DA dan PA?

Domain Authority (DA) adalah indikator angka atau skor yang dikembangkan oleh Moz, salah satu tools SEO populer yang berfungsi untuk memprediksi peluang ranking website di search engine (mesin pencari). Dan skala ini dihitung dari angka 1 sampai 100. 

Jadi, semakin tinggi skor DA pada suatu blog atau website, maka semakin tinggi juga kesempatan website atau blog tersebut untuk berada di posisi page one (halaman 1) search engine.

Tapi jangan senang dulu, karena DA itu bukan satu-satunya penentu ranking website di Google. Skor DA hanya prediksi dan bukan metrik resmi yang digunakan oleh Google untuk menentukan ranking blog atau website. Selain Domain Authority (DA), anda juga harus peduli dengan skor Page Authority (PA) pada blog atau website.

Page Authority adalah indikator skor atau angka yang juga dikembangkan oleh Moz untuk menunjukkan peluang ranking halaman website di mesin pencari. Sama seperti DA, skala skor PA juga dihitung dari angka 1 sampai 100. Semakin tinggi angka skor, semakin tinggi pula peluang halaman blog atau website bisa berada di peringkat pertama mesin pencari.

Baca Juga : 8 Tips Belajar SEO Dasar untuk Blogger Pemula

Harapannya setelah mengetahui skor PA blog atau website, anda juga bisa mengoptimasi ulang bagian konten mana saja yang perlu ditingkatkan kualitasnya, agar bisa menyaingi para kompetitor. 

Lalu bagaimana cara cek DA PA blog dan website?

Cara Cek DA PA Blog dan Website

Sebernarnya untuk mengetahui berapa skor DA PA pada blog atau website kita bukanlah hal yang sulit. Anda tinggal mengikuti step by step cara cek DA PA seperti dibawah. Dan kebetulan disini saya akan mencotohkan cara cek DA PA di Website SEO Checker (WSC).

  1. Buka situs https://websiteseochecker.com/bulk-check-page-authority.
  2. Kemudian, masukkan alamat blog atau website anda di kolom DA PA Checker.
  3. Klik "I'm not a robot", jika sudah tercentang, silahkan pilih Check.
  4. Tunggu beberapa saat hingga hasilnya keluar.
  5. Selesai. Anda berhasil mengecek DA PA Blog.

Mudah kan cara cek DA PA blog atau website? Selanjutnya saya akan membahas apa saja yang menjadi faktor penentu skor domain authority.

Faktor Penentu Skor Domain Authority

Berikut adalah beberapa faktor yang paling berpengaruh dalam penentuan skor domain authority (DA) blog atau website :

1. Backlink Yang Berkualitas

Faktor yang paling berpengaruh dalam penentuan skor DA adalah backlink yang berkualitas. Karena, satu backlink dari website populer jauh lebih unggul daripada dua backlink dari website berkualitas rendah. 

Baca Juga : Perbedaan Link Dofollow dan Link Nofollow

Jadi, untuk anda para pemburu backlink, pastikan anda tidak hanya memperbanyak jumlah backlink yang terbilang rendah kualitasnya. Tapi juga kualitasnya harus diperhatikan.

2. Jumlah Referring Domain yang Tinggi

Faktor selanjutnya yaitu banyaknya jumlah referring domain yang tinggi. Sebab, mendapatkan dua backlink dari dua website berbeda akan lebih meningkatkan skor DA, daripada memperoleh banyak jumlah backlink dari website yang sama.

3. Kualitas Konten

Konten merupakan faktor utama dari SERP. Jadi, tidaklah heran jika kualitas konten pada website juga mempengaruhi skor pada DA.

4. Social Signals

Domain Authority menilai popularitas website melalui social signals atau engagements seperti banyaknya jumlah share, like dan comment. 

5. Search Engine Friendliness

Search Engine Friendliness adalah kualitas struktur keseluruhan website. Faktor ini penting dalam pemberian skor DA. Ia akan menilai apakah penggunaan website bersifat user friendly atau tidak.

Setelah mengetahui beberapa faktor penting dalam penentuan skor DA diatas, anda juga pasti mulai bertanya-tanya, apakah domain authority tetap penting bagi website atau blog?

Jawabannya yaitu Penting! Karena apa? Karena Domain Authority diciptakan sebagai metrik pembanding antara kualitas website / blog anda dengan website / blog kompetitor. Yang berarti, jika skor DA anda lebih rendah, mulai sekarang gunakan hasilnya untuk bahan evaluasi agar kualitas website / blog anda bisa lebih ditingkatkan lagi. 

Baca Juga : 9 Situs Penyedia Domain Gratis Selamanya

Untuk melakukan analisisnya, bisa dari berbagai sisi. Contohnya saja dari segi backlinks, inbound links, kecepatan website, CTR (Click Through Rate), popularitas domain, dan lain sebagainya. Dengan memiliki kualitas website / blog yang semakin meningkat, peluang untuk nangkring di peringkat pertama pada mesin pencari juga akan semakin besar.

Baca Juga : Cara Cek Harga Blog atau Website

Cara cek DA PA blog sebenarnya tidak hanya di Website SEO Checker (WSC) saja, tentu ada banyak tools online yang menyediakan tools DA PA checker. Misalnya saja di Moz, smallseotools, checkmoz, seoreviewtools dan sebagainya. Saya memberi tahu tools DA PA checker yang menurut saya paling rekomendasi dan free (gratis) tentunya.

Demikian artikel tentang Cara Cek DA PA Blog dan Website | Cek Domain Authority. Semoga bermanfaat dan berguna untuk anda. Terima kasih sudah berkujung. Salam AdityaTekno.com

sumber referensi : https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-cek-da-pa/, https://qwords.com/blog/cara-cek-da-dan-pa/