8 Tips Belajar SEO Dasar untuk Blogger Pemula

Tips Belajar SEO Dasar untuk Blogger

AdityaTekno.com - Tips Belajar SEO Dasar untuk Blogger Pemula. Masih belajar SEO? Tapi masih belum tahu bagaimana cara cepat untuk memahami teknik SEO Blogger pemula? Tapi tenang saja, disini saya akan membagikan tips cara cepat untuk menguasai teknik optimasi search engine.

Tidak hanya itu, saya juga akan membagikan tentang dasar-dasar SEO Blogger pemula, tips cara cepat memahami dan belajar tentang Search Engine Optimization yang bisa anda ikuti di blog anda sendiri nantinya.

Perlu anda ketahui, dalam belajar SEO tidak ada kata untuk berhenti belajar SEO, semakin sulit, semakin enak bersaing, untuk mendapatkan halaman pertama di pencarian Google. Berikut adalah tips belajar SEO untuk Blogger Pemula.

Tips Belajar SEO Dasar untuk Blogger Pemula

1. Membuat Konten yang Berkualitas

Tips belajar SEO Blogger yang pertama yaitu dengan membuat konten yang berkualitas, karena membuat konten berkualitas adalah usaha yang bertujuan untuk memberikan manfaat pada pengguna yang memiliki tujuan untuk meningkatkan brand dari blog atau membuat pengguna lebih mengenal bisnis kita.

Sama hal nya dengan SEO, sehingga anda bisa belajar dengan penerapan SEO dan konten berkualitas di artikel anda. Untuk bisa menguasai konten berkualitas, anda harus memahami konten yang bagus di blog anda. Sebab, itu akan memberi nilai tambah serta mungkin saja menjadi solusi terhadap permasalahan yang dialami pelawat, dengan tetap menjaga keasliannya. 

Jangan mudah terkecoh terhadap opini yang berasumsi dan memandang duplikasi atau plagiat tulisan itu hanya sebuah mitos dan tidak akan memberi konsekuensi apapun.

2. Kreasikan Gambar Postingan Yang Lebih Kreatif

Tips belajar SEO Blogger yang kedua yaitu membuat gambar postingan secara kreatif akan menambah bobot nilai tersendiri. Menyisipkan gambar yang sesuai ke dalam tulisan juga menjadikannya semakin atraktif dan lebih friendly dengan pembaca.

3. Memakai Template Yang SEO Friendly Responsive

Tips belajar SEO Blogger yang ketiga yaitu memakai template yang SEO friendly dan responsive. Template yang dimaksud adalah template yang bisa beradaptasi diberbagai ukuran layar perangkat, dan loadingnya juga cepat. Apalagi kalau anda memakai template yang beli, pasti akselerasi tipe lajunya, dan link credit-nya bisa dirubah, tanpa ada galat atau kesalahan didalamnya.

Pada umumnya, template blog yang diperoleh dengan membayar pasti kualitasnya lebih baik, ditambah lagi adanya dukungan pihak creator berupa arahan dalam menyetting template sesuai keinginan dibandingkan dengan yang didapat secara gratis atau free.

Baca Juga : Perbedaan Template Blog Gratis dan Premium

4. Mengisi Meta Description Blog

Tips belajar SEO Blogger yang keempat yaitu mengisi meta description blog. Ini juga berawal dari pengalaman saya yang dulu, kosongnya meta deskripsi blog ternyata akan berdampak buruk untuk SEO Blog. Mungkin ini terlihat begitu sepel, tapi begitu berarti sekali. 

Lalu, bagaimana cara mengisinya? Apakah anda sudah tahu caranya? Jika sudah tahu alhamdulillah, tapi jika belum tahu silahkan ikuti caranya dibawah ini :

Cara Mengisi Meta Tag Descriptiom Blogger

  1. Masuk ke dashboard Blogger.
  2. Pilih Setelan.
  3. Klik Edit Judul untuk mengisi Judul Blog anda.
  4. Klik Edit Deskripsi untuk mengisi Deskripsi Blog anda.
  5. Setelah itu, lanjut ke meta tag deskripsi penelusuran dengan menscroll kebawah.
  6. Cari Tag, dan aktifkan deskripsi penelusuran.
  7. Kemudian isi Deskripsi penelusuran.
  8. Selesai.

5. Ubah Permalink-mu secara Manual

Tips belajar SEO Blogger yang kelima yaitu mengubah permalink secara manual. Walaupun URL postingan dapat dibuat secara otomatis, dengan memodifikasi dapat membuat stabilitasnya menjadi lebih baik lagi. Jadi, tidak salah kan kalau kita merubahnya secara manual, itu pun demi kelangsungan blog kita sendiri.

6. Menggunakan Media Sosial

Titik berat penilaian Google juga terpusat pada seberapa berkualitasnya konten yang ditulis serta ke-autentikannya. Membagikan artikel apalagi dalam skala besar di sosial media, manandakan bahwa apa yang telah kita publish bernilai sangat baik menurut sudut pandang pembaca.

Keuntungan lainnya yaitu tingkat kepercayaan mesin telusur makin naik terhadap relevansi warta yang disajikan.

7. Memanfaatkan Google Webmaster Tools

Tips belajar SEO Blogger yang selanjutnya yaitu memanfaatkan Google Webmaster Tools. Google Webmaster Tools sekarang lebih dikenal dengan nama Google Search Console. 

Cara membuat akun Google Search Console

  1. Buka Google Search Console.
  2. Masuk dengan akun Google yang dibuat login ke Blogger anda.
  3. Kemudian, klik Tambahkan properti.
  4. Masukkan domain blog anda.
  5. Selesai.
Setelah itu, masukkan sitemap dengan mengeklik menu Peta Situs dan tambahkan peta situs blog anda.  
  • Tambahkan sitemap.xml di kolom akhir yang ada dibelakang nama blog kalian. Klik Submit dan Refresh.
  • Klik sekali lagi Tambahkan Peta Situs dan masukan kode atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500 dibelakangnya dan klik lagi Submit dan Refresh.

8. Membuat Link Building

Tips belajar SEO Blogger yang terakhir yaitu Link Building, karena ini tidak boleh anda lupakan juga ketika belajar SEO blogger. Link Building merupakan upaya mendapatkan link dari blog orang lain yang mengarah ke blog nda. 

Dengan mengoptimasi blog dengan cara Link Building memungkinkan artikel blog anda mendapatkan pengunjung atau rangking yang pertama di pencarian Google.


Demikian 8 Tips Belajar SEO Dasar untuk Blogger Pemula. Semoga bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung. Salam AdityaTekno.com