Perbedaan Link Dofollow dan Link Nofollow

Perbedaan Link Dofollow dan Nofollow AdityaTekno.com - Kali ini saya akan membahas tentang Perbedaan Link Dofollow dan Nofollow. Empat tahun yang lalu Google telah menghimbau kepada semua Blogger di seluruh dunia agar mengurangi penggunaan link dofollow kepada situs yang sedang di review nya.

Tapi, jika memang harus terpaksa memberi link ke situs produk yang sedang di review, Google meminta agar memberikan link nofollow saja. Kecuali ada kesepakatan di awal bahwa link yang dimaksud harus link dofollow.

Baca Juga : Cara Membuat Link Sumber Artikel Secara Otomatis di Blogger

Bukan hanya kepada blog yang sering mendapat tawaran review, tapi juga kepada blog yang sering membuat ulasan tentang produk atau aplikasi tertentu tanpa dibayar.

Link dofollow dan nofollow memang sangat penting dipahami, karena menyangkut pada SEO dan PageRank suatu blog. Apa saja perbedaan link dofollow dan nofollow dan peran keduanya dalam hal optimasi SEO? Berikut pembahasannya.

Apa itu Link Dofollow?

Link Dofollow adalah sebutan yang diberikan pada backlink yang mengijinkan robot mesin pencari untuk menelusuri sekaligus mengindeks tautan yang anda berikan terhadap situs orang lain. Dengan kata lain, anda seakan memberikan referensi bahwa situs tersebut memiliki kualitas baik dan layak untuk diketahui oleh orang lain.

Kelebihan Link Dofollow

Karena memperbolehkan robots web crawler untuk menelusuri tautan sampai keluar, link dofollow berperan penting dalam membantu meningkatkan ranking website. Terutama jika memperoleh link dofollow dari situs-situs besar seperti Wikipedia yang nilai authoritinya sangat besar.

Kekurangan Link Dofollow

Seperti pisau bermata dua, link dofollow juga berpotensi menurunkan ranking situs anda. Hal ini bisa terjadi jika situs anda mendapatkan backlink dofollow dalam jumlah besar dari situs-situs spam.

Apa Itu Link Nofollow?

Link Nofollow merupakan kebalikan dari link dofollow, yaitu robot web crawler tidak akan merayapi tautan backlink yang diberikan.

Kelebihan Link Nofollow

Meskipun tidak dihitung sebagai backlink yang powerfull untuk meningkatkan posisi website di mesin pencari, link nofollow sejatinya memiliki peran penting sebagai diverifikasi link.

Baca Juga : Cara Menyalin Tulisan dari File MS Word ke Blog Agar Tidak Berantakan

Robots web crawler mungkin tidak akan merayapi tautan nofollow yang dicantumkan, namun link tersebut tetap terlihat oleh pengguna, bahkan bisa memudahkan jika memerlukan informasi penting yang disebutkan oleh situs lain.

Kekurangan Link Nofollow

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, link nofollow tidak banyak berperan dalam hal optimasi SEO. Dan link jenis ini kurang disukai oleh Blogger ataupun webmaster.

Perbedaan Link Dofollow dan Link Nofollow

Dari tulisan diatas sebenarnya sudah dijelaskan secara jelas perbedaan kedua link ini. Tapi, dalam struktur penulisan, keduanya sangatlah berbeda.

Link dofollow sebenarnya bersifat default. Yang artinya, setiap link dalam postingan akan otomatis dofollow jadi tidak perlu melakukan apa-apa kalau berniat membuat link dofollow.

Baca Juga : Perbedaan Antara Domain dan Hosting

Jika ingin memberikan link dofollow kepada orang lain, baiknya link tersebut ditautkan dalam teks yang mengandung kata kunci tertarget agar saat Google melakukan perayapan, kata kunci dan linknya langsung di index.

Contoh penulisan link dofollow
<a href="https://www.adityatekno.com/">AdityaTekno</a>

Secara default, link dofollow sendiri biasanya bersifat otomatis sehingga tidak perlu melakukan setting atau pengaturan lanjutan. Baik di platform Blogger maupun WordPress keduanya sama.

Baca Juga : 7 Perbedaan Blog dan Website Beserta Contohnya

Contoh penulisan link nofollow
<a href="https://www.adityatekno.com/" rel="nofollow">AdityaTekno</a>

Sebagaimana anda lihat pada contoh di atas, penulisan link nofollow sedikit berbeda jika dibandingkan dengan skema penulisan link dofollow.

Baca Juga : Perbedaan HTTP dan HTTPS Lengkap Serta Fungsinya

Terlihat ada tambahan rel=”nofollow” yang menegaskan bahwa Google bot tidak boleh melakukan crawl menuju link terkait. Akan tetapi, secara tampilan baik link dofollow maupun link nofollow sama sekali tidak berbeda di mata pembaca. Soal fungsi, keduanya pun sama-sama bisa bekerja sebagai tautan seperti biasanya.

Demikian Perbedaan Link Dofollow dan Link Nofollow. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung. Salam AdityaTekno.com

sumber :
https://www.blogooblok.com/2016/03/perbedaan-link-nofollow-dan-dofollow.html
https://qwords.com/blog/apa-itu-link-dofollow-dan-nofollow/