10+ Produk Google Yang Paling Banyak Digunakan dan Populer di Dunia

Berikut daftar produk-produk google inc yang paling panyak digunakan dan paling populer di seluruh dunia.
Produk-produk Google Inc Paling Populer di Seluruh Dunia
Produk-produk Google Inc Populer di Dunia. (Gambar: AdityaTekno.com)

AdityaTekno.com - Produk Google Yang Paling Banyak Digunakan dan Populer di Dunia. Di zaman ini siapa yang tidak tahu Google? Apalagi para kaum milenial, tentu sudah tidak asing lagi. Hampir setiap hari kita pasti menggunakan Google untuk mencari informasi yang belum kita ketahui. Mulai dari kalangan anak SD, SMP, SMA, Mahasiswa hingga orang tua sekalipun menggunakan Google.

Google adalah mesin pencari atau search engine yang berfungsi untuk mencari informasi apa saja di Internet. Cukup mengetikkan kata kunci di kolom pencarian google, dengan hitungan detik kita akan diberikan ribuan hingga jutaan hasil yang ditampilkan.

Bahkan, di Indonesia banyak yang menyebutnya sebagai "Mbah Google", karena Google bisa memberikan informasi yang banyak dan bisa dibilang hampir lengkap.

Menurut Wikipedia, Google Inc adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang dikhususkan pada sektor jasa dan produk Internet. Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring.

Google didirikan pada oleh Larry Page dan Sergey Brin saat masih mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford. Mereka berdua memegang 16 persen saham perusahaan. Mereka menjadikan Google sebagai perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998. 

Pernyataan misinya adalah "mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang", dan slogan tidak resminya adalah "Don't be evil". 

Pada tahun 2006, kantor pusat Google pindah ke Mountain View, California. Sejak didirikan, pertumbuhan perusahaan Google berkembang sangat cepat dan telah menghasilkan berbagai produk, akuisisi, dan kerja sama di bidang mesin pencari inti Google. 

Perusahaan ini menawarkan perangkat lunak produktivitas daring (dalam jaringan), termasuk surat elektronik (email), paket aplikasi perkantoran, dan jejaring sosial. 

Produk-produk komputer mejanya meliputi aplikasi untuk menjelajah web, mengatur dan menyunting foto, dan pesan instan. Perusahaan ini juga memprakarsai pengembangan sistem operasi Android untuk smartphone dan Google Chrome OS untuk jajaran netbook Chromebook. Untuk informasi lebih lanjut tentang Google, kamu bisa kunjungi Wikipedia.

Selain Google, masih ada banyak produk-produk Google lainnya loh! Misalnya saja Gmail, Google Play Store, YouTube, Google Maps, Google Clasroom, Google Meet dan masih banyak lagi.

Nah, dari sekian banyak produk-produk Google yang diciptakan, dibawah akan AdityaTekno rangkum 10 daftar produk Google Inc yang banyak digunakan dan populer di dunia.

Produk-Produk Google Yang Banyak Digunakan dan Populer di Dunia

1. Google Search (Google Penelusuran)

Google Search atau Google Penelusuran adalah produk google yang paling banyak digunakan dan populer, semua informasi yang kamu butuhkan akan terpenuhi. Ini alasan yang membuat Google dijuluki sebagai "Mbah Google" oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, banyak aplikasi browser di dunia menetapkan Google Search sebagai mesin pencari default-nya setelah bing.

2. Android

Produk Google yang paling banyak digunakan dan populer di dunia selanjutnya yaitu Android. Kalian yang sedang membaca artikel ini pun salah satunya pasti menggunakan Smartphone dengan OS Android, kan? Nah, itu termasuk salah satu bukti kalo Android produk google yang populer.

OS Android sebenarnya bukan produk murni buatan Google, produk ini merupakan hasil akuisisi dari perusahaan Android Inc. Awalnya, OS Android digunakan oleh Samsung sebagai OS dari produknya. Namun setelah diakuisi oleh Google, Android menjadi semakin canggih dan bisa memberikan lebih banyak fitur yang memudahkan para penggunanya seperti sekarang ini.

Android juga salah satu Sistem Operasi yang open source. Sehingga banyak developer di dunia membuat aplikasi dalam bentuk apa saja dengan catatan tidak mengandung unsur ponografi, kekerasan, SARA, dan malware/virus.

3. YouTube

Sama seperti produk Android. YouTube juga bukan produk murni buatan Google, akan tetapi hasil akuisisi yang dilakukan oleh Google pada tahun 2006 dengan nilai 1,65 Milliar Dollar. 

Baca Juga: Download YouTube Vanced APK Premium 14.21.54 | Nonton Video Youtube Tanpa Iklan

Situs YouTube didirikan pada 2005 dengan tujuan utamanya yaitu untuk mempermudah orang lain menemukan pasangan atau sebagai situs kencan. Tapi, pada akhirnya YouTube lebih dikenal sebagai situs berbagi video. 

Baca Juga: 9 Fakta Unik tentang Youtube yang Jarang Diketahui Kebanyakan Orang

Kemudian, semenjak video YouTube bisa di monetisasi, video-nya jadi semakin banyak karena bisa menghasilkan uang yang tentunya sangat menggiurkan. 

Orang yang meng-upload karya videonya (Content Creator) di platform ini disebut sebagai YouTubers. Akibat semakin banyaknya para YouTubers, semua orang bisa dengan mudah mencari video yang diinginkan, sama halnya seperti Google.

Baca Juga: 5+ Aplikasi Download Video YouTube Terbaik dan Gratis di Android

Tak jarang juga, berkat menjadi YouTubers, orang dengan mudah bisa mendapat popularitas dengan cepat tanpa harus menjadi artis.

4. Gmail

Gmail atau Google Mail adalah layanan surel (surat elektronik) atau email yang dikembangkan oleh Google Inc dalam bentuk web HTTPS. Dengan Gmail, seseorang dapat saling berkirim surat atau pesan elektronik melalui jaringan internet. 

Gmail diluncurkan pada 1 April 2004 dalam bentuk Beta. Pada 7 Februari 2007 Gmail diluncurkan secara publik meskipun masih dalam bentuk Beta. Gmail baru keluar dari status beta pada 7 Juli 2009.

Layanan Gmail adalah yang pertama kali memberikan kapasitas penyimpanan 1 GB per pengguna. Gmail menjadi standar penyimpanan gratis terbesar yang pada layanan lain hanya memberikan kapasitas penyimpanan 2-4 MB. 

Dalam perkembangan terbaru saat ini, kapasitas penyimpanan Gmail sebesar 15 GB. Integrasi dengan Google Drive membuat kapasitas penyimpanan untuk setiap pengguna lebih besar. Batas untuk mengirim pesan pada sebulah lampiran adalah 25 MB, lebih besar ketimbang layanan email lainnya. 

Jika dibutuhkan untuk mengirim lampiran dengan ukuran yang lebih besar, pengguna dapat menautkannya dengan Google Drive. Gmail juga menggunakan teknologi pencarian Google yang memudahkan pengguna dalam mencari sesuatu sesuai dengan kata kunci yang tulis.

5. Blogger

Blogger merupkan produk dari Google yang awalnya diperuntukan bagi mereka yang memang hobi menulis. Namun, semakin berkembangannya teknologi dan semakin maraknya penggunaan internet, blogger sudah menjadi ladang mencari penghasilan bagi sebagian orang. Layanan seperti hosting dan subdomain blogspot.com pun diberikan secara gratis tanpa dipungut biaya.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang Dari Blog

Menurut Wikipedia, Blogger adalah layanan penerbitan blog yang menerima blog multi-pengguna dengan entri bertanda waktu. Ini dikembangkan oleh Pyra Labs, yang dibeli oleh Google pada tahun 2003. Blog-blog tersebut dibentuk oleh Google dan umumnya diakses dari subdomain "blogspot.com". 

Baca Juga: 4 Produk Google Tools Pendukung Para Blogger Yang Wajib Diketahui

Blog juga dapat disajikan dari domain khusus yang dimiliki oleh pengguna (seperti www.adityatekno.com) dengan menggunakan fasilitas DNS untuk mengarahkan domain ke server Google. Seorang pengguna dapat memiliki hingga 100 blog per akun.

Baca Juga: 10 Alasan Mengapa Memilih Blogger sebagai Media Blogging

Hingga 1 Mei 2010, Blogger juga memungkinkan pengguna untuk mempublikasikan blog ke server hosting web mereka sendiri, melalui FTP. Semua blog semacam itu harus diubah untuk menggunakan subdomain blogspot.com, atau mengarahkan domain mereka sendiri ke server Google melalui DNS.

6. Google Translate

Google Translate adalah salah satu aplikasi layanan penerjemah bahasa digital yang sering digunakan karena menyediakan banyak bahasa. Saat Google Translate pertama kali muncul, hasil terjemahannya masih diremehkan. Namun, seiring berjalannya waktu, Google Translate memperlihatkan keakuratan yang termasuk baik. Google melakukan penerjemahkan dengan pendekatan yang disebut penerjemahan berdasar statistik. 

7. Google Maps

Google Maps adalah sebuah aplikasi peta online gratis yang disediakan oleh Google. Google Maps dapat diakses melalui browser web atau melalui perangkat mobile. 

Anda dapat menggunakan Google Maps untuk mendapatkan arahan/petunjuk yang detail dari suatu lokasi, mencari informasi tentang bisnis lokal, dan masih banyak lagi.

8. Google Play Store

Google Play Store adalah layanan distribusi digital yang dioperasikan sekaligus dikembangkan oleh Google. Tak heran bila ada yang menyebutnya dengan istilah Google Play. Dulunya platform ini disebut dengan istilah Android Market.

Google Play merupakan toko resmi khusus untuk download atau beli aplikasi, games, musik, film, dan buku yang ada di Android. Aplikasi ini sudah digunakan di seluruh dunia dengan total unduhan mencapai jutaan bahkan milyaran.

Saat membuka aplikasi ini, Anda akan melihat beragam fitur pilihan, seperti informasi hiburan terkini, fitur metode pembayaran, gift card, subcription hingga whishlist. Selain fitur-fitur di atas, masih banyak fitur lainnya. Salah satu yang paling penting adalah Parent Guide (panduan orangtua).

9. Google Analytics

Google Analytics adalah tools yang bisa menampilkan statistik pengunjung sebuah blog secara akurat, menelurusi halaman pengacu, tautan-tautan yang tertuju ke link blog anda, baik itu email, iklan dan masih banyak lagi.

Selain itu, Google Analytics ini juga akan menginformasikan artikel mana yang sering dikunjungi para visitor beserta kata kunci organik yang paling baik dan banyak di blog anda. Dan layanan ini merupakan tools terpenting bagi para blogger.

10. Google AdSense 

AdSense adalah program periklanan (advertising) berbasis CPC (cost-per-click) atau PPC (pay-per-click) yang memungkinkan pemilik website mendapatkan penghasilan dari iklan yang terpasang. 

Sejak kemunculan pertamanya banyak para pemilik website yang berlomba-lomba untuk mendaftar menjadi publisher AdSense di Indonesia. Terbukti hingga saat ini sudah ada sekitar 2 juta lebih publisher AdSense yang tersebar di seluruh dunia dan setiap tahunnya selalu meningkat.

AdSense menampilkan iklan pada website berupa text, gambar dan video kepada pengunjung website sesuai dengan minat. Kerja dari Google AdSense adalah memanfaatkan cache dari browser pengguna untuk mengetahui apa yang sedang dibutuhkan, nantinya iklan yang muncul akan sesuai dengan minat atau kebutuhan Anda.

Contoh saja Anda sedang mencari "cara mendapatkan uang dari internet" di mesin pencari Google, tidak berapa lama nanti iklan yang muncul adalah dari berbagai iklan tentang "tutorial menghasilkan uang dari internet". Iklan yang tampil ini akan berubah dengan sendirinya mengikuti dari cache yang tersimpan di browser Anda.

11. Google Drive

Produk Google yang paling banyak digunakan dan populer di dunia yang terakhir yaitu Google Drive.  Google Drive adalah layanan penyimpanan data tersinkronisasi yang dikembangkan oleh Google. 

Google Drive memungkinkan pengguna untuk menyimpan data di server mereka, mensinkronisasi data di perangkat yang berbeda, dan saling berbagi berkas melalui internet dengan akun Gmail yang dimiliki.

Baca Juga: Cara Scan Dokumen Tanpa Alat Scanner, Cukup dengan Google Drive

Google Drive dapat digunakan tanpa perlu mengeluarkan biaya alias gratis dan memberikan fasilitas layanan penyimpanan data dengan maksimum kapasitas 15 GB. 

Google Drive juga menyediakan layanan berbayar apabila dirasa kurang cukup dengan penyimpanan 15 GB, Anda bisa upgrade penyimpanannya menjadi 100 GB, 200 GB, bahkan hingga 2 TB.

Demikian daftar produk Google Inc yang paling banyak digunakan dan populer di dunia. Sebenarnya masih banyak produk-produk google lainnya yang katanya laris dan paling banyak dicari. Akan tetapi untuk sekarang saya buat 10 daftar dulu, nanti dikemudian hari akan ditambah lagi. Salam AdityaTekno.com

Hi, Aku Aditya Nur Kahfi, biasa dipanggil Adit. Seorang Blogger, Content Writer, CEO & Founder AdityaTekno.com dan juga Editor/Redaktur di Portal Berita Lokal iNews.id - iNewsBekasi.id.

Posting Komentar