Cara Scan Dokumen Tanpa Alat Scanner, Cukup Menggunakan HP Android

Cara Scan Dokumen Tanpa Alat Scanner. Salah satunya untuk scan dokumen, ijazah, foto, KTP, Kartu Keluarga (KK) yaitu dengan alat scanner.
Cara Scan Dokumen Tanpa Alat Scanner
Sumber Gambar: VectorStock | Edited by Penulis AdityaTekno.com

AdityaTekno.com - Cara Scan Dokumen Tanpa Alat Scanner. Perkembangan teknologi yang dari tahun ke tahun semakin pesat membuat perangkat kecil ini bisa bekerja dengan maksimal. Salah satunya untuk scan dokumen, ijazah, foto, KTP, Kartu Keluarga (KK) kedalam bentuk digital biasanya diperlukan alat scanner khusus.

Terlebih lagi harga alat scanner ini cukup mahal, sehingga jarang ada orang yang mau membeli. Tapi tenang, hanya dengan menggunakan HP yang anda miliki, scan maupun fotocopy sudah bisa dilakukan dengan mudah. 

Untuk hasilnya juga tidak berbeda jauh dengan alat scanner, bahkan malah lebih bagus. Dan yang lebih penting lagi yaitu anda akan lebih menghemat waktu dan biaya.

Lalu bagaimana cara scan dokumen tanpa alat scanner?

Tenang, disini saya akan memberikan tutorial cara scan dokumen tanpa alat scanner dan cukup menggunakan HP anda sendiri.

Perlu anda ketahui, dengan menggunakan cara ini, scan tanpa alat scanner, anda juga dapat mengubah dokumen yang di pindai / di scan menjadi PDF dan membagikannya melalui layanan seperti Dropbox atau Google Drive. 

Kelebihan Scan Dokumen Tanpa Alat Scanner

Berikut adalah kelebihan men-scan dokumen tanpa alat scanner :

Lebih Hemat

Scan dokumen dengan menggunakan aplikasi android ini, akan menghemat pengeluaran anda. Harga alat scanner bisa dibilang tidak murah, jadi sangat disayangkan jika membeli alat scannerhanya untuk keperluan scan beberapa kali saja. Aplikasi Google Drive maupun CamScanner tersedia secara gratis, jadi anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi. Cukup modal kuota saja.

Lebih Cepat

Selain hemat biaya pengeluaran, scan dokumen menggunakan aplikasi Google Drive maupun CamScanner juga mempercepat proses scan. Ini juga sangat worth it sekali, apabila anda yang sedang buru-buru untuk melakukan scan dokumen, tapi tidak sempat ke tempat percetakan yang menyediakan jasa scan dokumen, dan itu jelas membutuhkan banyak waktu.

Jadi, anda tidak perlu lagi pergi ke tempat percetakan yang menyediakan jasa scan dokumen. Anda cukup gunakan saja aplikasi CamScanner atau Google Drive yang ada di hp android anda. 

Berikut adalah cara scan dokumen tanpa alat scanner dan cukup menggunakan HP anda.

Cara Scan Dokumen Tanpa Alat Scanner

Cara Scan Dokumen Tanpa Scanner

Cara Scan Dokumen di Android dengan Google Drive

  1. Buka aplikasi Google Drive.
  2. Kemudian, dipojok kanan bawah tekan tombol Add/Tambah.
  3. Pilih opsi Scan/Pindai.
  4. Selanjutnya tinggal ambil foto dokumen yang anda inginkan.
  5. Jika sudah, sekarang sesuaikan area pemindaian : tekan Crop/Pangkas.
  6. Tekan Done/Selesai untuk menyimpan dokumen.

Dokumen yang anda foto akan terpindai layaknya anda memasukkannya ke dalam mesin pemindai. Pindaian yang tadi kemudian akan diunggah dan ditambahkan ke Google Drive sebagai PDF dan namanya diawali dengan kata "Scanned", diikuti oleh tanggal dan waktu. Anda dapat memindahkan, mengganti nama, atau menghapus dokumen yang dipindai dengan mengklik tiga titik di sebelah nama file.

Cara Scan Dokumen di Android dengan CamScanner

  1. Buka aplikasi CamScanner. Jika belum punya, silahkan download dulu di Play Store.
  2. Kemudian, untuk melakukan scan, tekan icon kamera yang berada di pojok kanan bawah. Nantinya akan muncul peringatan permintaan izin aplikasi untuk mengakses kamera, tekan Izinkan saja.
  3. Setelah itu, siapkan dokumen yang akan di scan, pastikan dalam kondisi bersih dan tidak ada coretan maupun lecek
  4. Letakkan dokumen di meja atau dilantai, pokoknya diletakkan di permukaan yang rata. 
  5. Jika dokumen sudah siap, arahkan kamera ke dokumen, perhatikan pada layar smartphone agar semua bagian dokumen terekam dalam kamera. 
  6. Pilih menu Dokumen dan klik icon kamera kembali untuk memotret.
  7. Setelah terpotret, anda bisa meng-crop atau memotong hasil scan sesuai kebutuhan. Nanti hasil scanningnya akan berupa file pdf sehingga kualitasnya akan tetap terjaga.

Baca Juga : 

Demikian tutorial Cara Scan Dokumen Tanpa Alat Scanner. Semoga bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung. Salam AdityaTekno.com