10+ Kesalahan Blogger Pemula Yang Sering Dilakukan, No.9 Pasti Dialami sama Kamu

Kesalahan Blogger Pemula Yang Sering Dilakukan. Akhir-akhir ini banyak profesi baru yang memanfaatkan kecanggihan teknologi. Misalnya seperti blogger.
Kesalahan Blogger Pemula
Designed by macrovector_official | Edit by adityatekno.com

AdityaTekno.com - Kesalahan Blogger Pemula Yang Sering Dilakukan. Akhir-akhir ini banyak profesi baru yang memanfaatkan kecanggihan teknologi. Mulai dari youtuber, selebgram, hingga blogger. Sebenarnya profesi blogger sendiri sudah ada sejak lama, tapi beberapa tahun silam profesi blogger menjadi primadona. 

Mungkin karena ada peluang menjanjikan untuk mendapatkan penghasilan, jadi banyak orang yang menjadi blogger akhir-akhir ini. Sampai-sampai ada yang full time blogger, dan menjadikan profesi blogger sebagai pekerjaan tetap.

Nah, bagi anda yang sedang menjadi full time blogger atau sekedar hobi, kali ini saya akan membahas kesalahan-kesalahan blogger pemula yang sering dilakukan.

Kesalahan Blogger Pemula Yang Sering Dilakukan

Ada banyak kesalahan blogger pemula yang biasa atau sering dilakukan. Apa saja itu, berikut ulasannya :

1. Terobsesi dengan penghasilan

Kebanyakan para blogger pemula yang mulai menekuni aktivitas blogging hanya untuk mengejar materi atau penghasilan. Ya memang hal ini tidak bisa dipungkiri lagi, mengingat setiap orang juga pasti memerlukan pemasukan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Namun, sayangnya kebanyakan para blogger pemula hanya memikirkan penghasilannya saja. Padahal blogging itu butuh proses, tidak bisa sebulan dua bulan bisa langsung mendapatkan penghasilan.

Butuh proses yang panjang sampai bisa menghasilkan uang, baik itu dari iklan AdSense, produk endorsement hingga content placement.

Saran saya untuk anda yang masih belajar ngeblog atau biasa dibilang blogger pemula, alangkah baiknya kesampingkan dulu soal penghasilan yang akan didadapat dari hasil ngeblog. Untuk sekarang, fokuslah terlebih dahulu menulis, perbaiki terus tulisannya, dan terus menulis. Jika nanti visitor sudah banyak, pasti penghasilan juga akan mengikutinya sendiri.

2. Tidak Mengoptimalkan Meta Deskripsi

Biasanya para blogger pemula pasti lupa akan hal satu ini atau mungkin memang tidak tau arti pentingnya meta deskripsi untuk blog. 

Meta deskripsi merupakan suatu komponen penting yang bisa membuat artikel kita mudah terindeks oleh mesin pencari. Sebagai blogger pemula, hal ini tentu sangat penting karena mampu membuat karya kita semakin banyak dibaca. 

Namun, tidak semua blogger memperhatikan hal ini sehingga kotak meta deskripsi sering kali dilewati atau bisa juga tidak dioptimasi.

Baca Juga : Meta Tag SEO Friendly

Untuk blogger pemula yang masih belum mengisi meta deskripsi, mulai sekarang isilah meta deskripsi blog anda. Bagi anda yang menggunakan platform blogger atau blogspot, anda bisa mengatur meta deskripsi dengan cara mengaktifkannya terlebih dahulu di menu Setelan >> Tag meta >> Aktifkan deskripsi penelusuran >> isi Deskripsi Penelusuran.

Lalu bagi anda pengguna platform WordPress, pengaturan meta deskripsi salah satunya bisa dilakukan melalui plugin Rank Math atau Yoast SEO. Jadi, anda harus install terlebih dahulu plugin itu kedalam website anda.

3. Tidak Melakukan Riset Kata Kunci

Kesalahan blogger pemula biasanya tidak melakukan riset kata kunci atau riset keyword. Padahal hal ini sangat penting dalam proses optimasi agar blog lebih mudah ditemukan di mesin pencari. 

Perlu anda ketahui, riset kata kunci tidak selalu untuk mencari visitor, tapi juga penting dilakukan agar tulisan anda lebih terstruktur dan enak dibaca.

Mungkin artikel yang anda buat berisi tentang diary atau catatan harian. Akan tetapi alangkah baiknya sebelum menulis anda bisa melakukan riset keyword terlebih dahulu untuk menentukan poin-poin menarik agar tulisan yang anda tulis menjadi lebih informatif.

4. Tidak Memperhatikan EYD

Kesalahan blogger pemula yang paling sering terjadi selanjutnya yaitu tidak memperhatikan EYD atau mengabaikan EYD begitu saja. 

Ya memang EYD itu tidak wajib digunakan dalam menulis konten blog. Akan tetapi, dengan menerapkan kebiasaan gramar nazi atau maniak EYD sejak dari awal, anda akan diuntungkan dimasa yang akan datang ketika anda membaca kembali karya yang sudah bertahun-tahun diterbitkan. Pasti nanti akan terlihat beda tulisannya.

5. Setting Permalink Asal-Asalan

Permalink adalah struktur URL yang ada di belakang nama domain. Penulisan permalink sangat penting karena bisa menarik lebih banyak pengguna dari segi SEO dan tampilan ketika dibagikan ke media sosial.

Biasanya para blogger pemula sering asal-asalan dalam men-setting permalink atau terkadang juga tidak di setting sama sekali dan dibiarkan begitu saja.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Bulan dan Tahun pada URL Postingan Blog

Saran saya, buatlah permalink yang singkat dan mengandung kata kunci atau isi tulisan secara keseluruhan. Panjang permalink yang direkomendasikan biasanya berkisar antara 40-65 karakter, tapi untuk aturan ini bisa disesuaikan kebutuhan, asal tidak terlalu panjang.

6. Tidak Mendaftarkan Blog ke Google Search Console

Kesalahan blogger pemula yang biasanya sering terjadi yaitu tidak mendaftarkan blog mereka ke Google Search Console (GSC), kalau dulu biasa disebut Google Webmaster.

Kenapa harus didartarkan ke Google Search Console?

Memang sudah seharusnya setiap blog baru yang sudah bisa diakses wajib didaftarkan ke Google Search Console. Karena selain mempermudah proses perayapan atau web crawl mesin pencari, Google Search Console juga bakal memudahkan anda dalam memantau backlink ataupun kata kunci yang masuk ke blog anda.

Baca Juga : Cara Agar Artikel Blog Cepat Terindex oleh Google

7. Menggunakan Template Blog Bawaan 

Kesalahan blogger pemula selanjutnya yaitu masih menggunakan template blogspot bawaan ataupun wordpress dan tidak mengatur tampilan blognya dengan baik.

Padahal salah satu yang dicari pembaca selain dari tulisan yang enak dibaca, kenyamanan saat membaca blog kita juga perlu diperhatikan. 

Kalu belum mampu beli template premium, minimal cari template gratis yang responsive. Usahakan background blog juga jangan yang berwarna gelap atau berwarna hitam. Karena Google lebih suka blog yang mempunyai background terang, seperti warna putih.

Baca Juga : Perbedaan Template Blog Gratis vs Premium, Bagusan Mana?

Setelah itu jangan lupa setting blog dengan benar. Mulai dari menu-menu yang ada di blog, halaman about, contact, sitemap dan sebagainya juga harus diperhatikan. Karena akan membuat citra baik dimata Google maupun visitor anda.

Baca Juga : Bahaya Sering Mengganti Template, Sebab Ada 5 Akibat Buruk Terhadap Blog

8. Tidak Membuat Logo dan Tagline Blog

Logo blog dan tagline merupakan ciri khas dari blog anda. Kalau blog anda masih belum ada logonya maupun tagline, berarti blog anda akan dicap oleh visitor sebagai blog yang belum serius. Tentu anda tidak mau kan blog anda dibilang belum siap. 

Membuat logo blog tidak perlu yang rumit, cukup buat logo blog yang simpel saja tapi menarik. Lalu untuk tagline, buatlah yang singkat, padat dan jelas. Jangan terlalu panjang juga dalam membuat tagline.

9. Tidak Konsisten

Kesalahan blogger pemula biasanya tidak bisa konsisten. Ini juga dialami oleh para blogger lama. Saya sendiri masih belum bisa konsisten dalam update artikel. 

Penyebab orang tidak bisa konsisten biasanya ada banyak faktor, salah satunya membahas topik (niche) yang bukan passionnya anda. Cara agar mood anda menjadi baik dan tetap konsisten yaitu memilih topik (niche) blog sesuai dengan passion anda.

Baca Juga : 10+ Daftar Niche Blog yang Selalu Ramai Pengunjung / Visitor

10. Copy Paste (Copas)

Karena pengen update artikel setiap hari, dan tidak mampu memenuhi itu semua, kemudian para  blogger pemula biasanya melakukan copy paste artikel blog orang. Ini yang harus dihindari, jangan meng-copas artikel blog orang untuk di posting di blognya anda sendiri.

Biasanya artikel copas akan sulit terindeks oleh Google dan jika sudah terindeks nantinya pasti akan di take down oleh DMCA.

Baca Jaga : Cara Membuat Link Sumber Artikel Secara Otomatis di Blogger

Nah, jika anda memang ingin menulis artikel sama, tulis ulang saja artikelnya sesuai gaya bahasa anda sendiri, sehingga hasilnya akan unik

11. Enggan Bergabung Dengan Komunitas

Kesalahan ini juga sering dilakukan oleh blogger pemula, mereka enggan bergabung ke komunitas atau forum-forum blogger. Dengan bergabung dengan komunitas atau forum, anda bisa mendapat ilmu baru, pengalaman baru, mendapat relasi dan juga mendapat update perkembangan SEO terbaru. 

Jangan minder karena menyandang status sebagai blogger pemula, karena di dunia blogger biasanya tidak ada perbedaan status atau kasta antar sesama anggota. Jadi, enjoy saja.

12. Tidak Mau Belajar SEO

Kesalahan yang sering terjadi pada blogger pemula biasanya tidak mau belajar SEO. Biasanya mereka yang tidak mau belajar SEO rata-rata mengatakan kalau SEO itu sulit dan bikin pusing. Kemudian akhirnya mereka tidak belajar SEO sama sekali. Padahal sumber traffic terbesar datangnya dari mesin pencari.

Yang akhirnya, mereka mengejar pageviews dengan spamming di sosial media dan bahkan meminta setiap bloger yang dikenal untuk membuka dan komentar.

Baca Juga : 8 Tips Belajar SEO Dasar untuk Blogger Pemula

Demikian artikel tentang 10+ Kesalahan Blogger Pemula Yang Sering Dilakukan. Semoga bermanfaat untuk anda dan terima kasih sudah berkunjung. Salam AdityaTekno.com