Perbedaan Template Blog Gratis vs Premium, Bagusan Mana?

Perbedaan Template Blog Gratis vs Premium, Bagusan Mana?

Perbedaan Template Blog Gratis dan Premium
AdityaTekno.com
- Perbedaan Template / Tema / Theme Blog Gratis (Free) dan Premium (Berbayar). Jika anda mempunyai blog baik itu menggunakan platform blogspot maupun wordpress, pastinya diperlukan sebuah template untuk membangun sebuah blog. 

Mempunyai blog yang bagus dan enak dilihat tentu idaman semua para blogger. Selain bagus, urusan loading blog juga harus cepat. Menurut survei, blog yang memiliki kecepatan loading diatas 2 detik akan cepat ditinggalkan penggunanya.

Selain itu, memiliki template yang responsive tentu salah satu keharusan karena dijaman sekarang ini sudah serba digital, orang-orang sudah banyak menggunakan perangkat mobile smartphone.

Jadi, menggunakan template yang bersih dari link aktif, memiliki background berwarna putih yang dilengkapi dengan navigasi yang jelas, bisa dibuka di berbagai macam merk ponsel akan membuat pengunjung betah dan berlama-lama dalam blog anda.

Tapi, sebuah blog bukan hanya memiliki tampilan yang bagus, tapi didukung dengan konten atau isi artikel yang menarik juga.

Apa Perbedaan Template Blog Gratis dan Premium?

Jawaban sederhananya, Template Gratis itu tidak berbayar, free download, dan tidak boleh menghapus credit link designer di bagian footer, dan tidak ada support atau dukungan dari desainer, tidak ada konsultasi.

Sedangkan, Template Premium adalah template blog berbayar, harus dibeli, tidak free download, boleh menghapus credit link designer bahkan bebas link credit, juga bebas sisipan (injeksi) link, dan ada dukungan (support/konsultasi) dari designernya hingga blog tampil sesuai dengan demonya.

Tapi, harus dicatat kalau ingin melakukan mengedit mengubah tampilan template asli, umumnya designer tidak bisa membantu, karena hal itu berarti mengubah tampilan desain asli. Jadi, untuk edit tampilan, harus dilakukan sendiri.

Baca Juga : New Simplify 2 Responsive Blogger Template

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda simak penjelasan tentang Perbedaan Template Blog Gratis dan Premium dibawah ini.

Kelebihan Template Blog Versi Gratis

Yang anda pikirkan mungkin kalau template gratis itu bebas dari biaya, dan ini memungkinkan semua orang untuk menggunakannya.

Lalu, kenapa anda menggunakan template blog gratis ketika yang lain menjual template premium?

Seringkali orang berpikir template blog gratis berkualitas rendah. Itu justru sebaliknya.

Gratis dan Premium Sama Saja?

Template blog gratisan sebenarnya bisa sama dengan yang versi premium dikarenakan banyak hal. Mengapa template gratis bisa berkualitas baik adalah, peninjauan dari pembuat template itu untuk memeriksa dan menguji tema-tema mereka, bagaimana jika orang lain menggunakannya.

Template blog gratis biasanya diuji untuk kode standar yang sesuai HTML dan CSS berkualitas, keamanan, kecepatan, SEO dan lain sebagainya.

Baca Juga : 5 Akibat Buruk Terhadap Blog Sering Mengganti Template

Dibutuhkan programmer atau desainer template berbakat dan yang ahli untuk menciptakan template yang berkualitas.

Tapi, kenapa mereka memberikannya secara gratis?

Ada banyak manfaat dari memberi dan berbagi.

Hal pertama adalah, membantu desainer template mempertajam keterampilan mereka karena mereka akan mendapat masukan, entah dari pembaca mereka dan bahkan sesama desainer template untuk menyarankan perbaikan atau hal lainnya.

Ini juga memberi mereka kesempatan untuk membuat template mereka tersedia untuk basis pengguna yang besar di mana semua orang dapat menggunakannya, memberikan umpan balik, dan lainnya.

Baca Juga : Cara Terbaru Agar Artikel Blog Cepat Terindeks Oleh Google

Jadi, bagaimana? Tidak semua template blog itu buruk, Tapi, walaupun template gratisan itu juga bagus, ada beberapa kelemahan juga. Yuk simak kelanjutannya dibawah.

Kekurangan Template Blog Versi Gratis

Kekurangan template gratis atau premium bisa sangat subjektif. Apa yang akan dianggap merugikan seseorang, mungkin tidak menjadi perhatian bagi banyak orang lain. 

Hal yang paling utama adalah template gratis biasanya memiliki lebih sedikit opsi dan meninggalkan link mereka di bagian footer yang terkadang tidak bisa di hapus, dan jika anda menghapus credit link tersebut, biasa template blog yang anda gunakan akan error atau ketika diakses redirect ke blog pembuat template itu.

Berikut ini adalah beberapa kerugian umum menggunakan template gratis :

  • Support Terbatas. Designer template blog premium menawarkan dukungan melalui forum mereka, tetapi mereka tidak berkewajiban membalas pertanyaan tentang template gratis yang mereka bagikan, walaupun terkadang ada juga yang menanggapinya.
  • Terlihat Pasaran. Template gratis digunakan oleh banyak situs web dan blog, sehingga situs web anda terlihat pasaran dan terkadang sangat buruk di versi mobile.
  • Tidak ada Jaminan. Template gratis didistribusikan tanpa jaminan, jadi jika ada yang salah, terjadi error dan lainnya, tidak ada yang menjamin atau tanggung jawab.
  • Kode Rahasia. Seperti yang saya sebutkan diatas, umumnya template gratis meninggalkan link aktif di bagian footer (credit link) yang benar-benar tidak bisa di hapus, ini di sebabkan mereka menyembunyikan script link tersebut.

Kelebihan Template Blog Versi Premium

Berikut adalah kelebihan dari template blog versi premium :

Lebih Banyak Fitur dan Opsi Kustomisasi

Keuntungan terbesar dari template premium yaitu mendapatkan lebih banyak fitur dan opsi kustomisasi. Karena persaingan dalam industri template premium, toko-toko tema selalu berusaha menawarkan lebih banyak fitur dengan harga lebih rendah.


Sebagai pelanggan, anda akan mendapatkan tema yang berisi opsi seperti, shortcode, perubahan tata letak dan lain-lainnya.

Support dan Pembaruan

Template blog Premium dilengkapi dengan pembaruan dan dukungan secara rutin. Terutama karena desainer template ini benar-benar menghasilkan uang.

Tidak Pasaran

Karena ada biaya yang terkait dengan tema premium, tema ini lebih jarang digunakan jika dibandingkan dengan tema gratis. Belum lagi pilihan kustomisasi memberi anda kemampuan mempersonalisasi template yang anda gunakan. Selain itu, situs web anda akan terlihat menonjol dan unik.

Kekurangan Template Blog Versi Premium

Berikut ini adalah beberapa masalah umum yang dapat merugikan :
  • Kode. Beberapa kali anda mungkin akhirnya membeli tema premium yang terlihat baik tetapi memiliki standar pengkodean yang buruk. Dengan catatan template-template ini tidak melalui proses optimasi yang ketat.
  • Terlalu banyak fitur. Agar bisa menjual lebih banyak template, programmer atau designer template menambahkan terlalu banyak fitur yang kadang tidak terlalu penting. Anda mungkin saja tidak membutuhkan semua fitur itu, hal ini akan membuat situs web anda menjadi lambat.
Lalu, bagaimana cara menemukan template premium yang benar-benar bagus seperti yang dijanjikan?

Cara termudah untuk menemukan template premium tepercaya yang bagus adalah dengan membelinya dari salah satu toko template atau dari desainer template yang tepercaya. 

Kesimpulan

Disini saya sangat merekomendasikan anda untuk memilih sumber yang tepat untuk membeli template blog versi premium atau mendownload template gratis, tempat yang bagus adalah menawarkan banyak kemudahan untuk pembelinya.

Toko template yang bagus akan memberikan anda akses ke dokumentasi dan forum dukungan mereka di mana anda bisa mendapatkan bantuan lebih banyak jika diperlukan.


Di sisi lain, jika blog anda mengembangkan blog bisnis, maka saya akan merekomendasikan anda untuk menggunakan dengan template berbayar. Ini memberi anda fitur dan opsi kustomisasi tambahan, dan dukungan selalu tersedia jika suatu saat anda membutuhkannya.

Demikian artikel tentang Perbedaan Template Blog Gratis dan Premium, Bagusan Mana? Semoga bisa bermanfaat untuk anda yang akan memilih dan menentukan template gratis atau premium, dan membantu memberikan anda sedikit wawasan.

sumber referensi :
https://www.ralabuma.com/2016/10/perbedaan-template-premium-dan-gratisan.html
https://www.contohblog.com/2016/10/perbedaan-template-blog-gratis-premium.html
https://www.iamtomys.com/2018/10/template-blog-gratis-vs-premium.html