Cara Menggunakan Google PageSpeed Insight untuk Optimasi Blog

Cara Menggunakan Google PageSpeed Insight untuk Optimasi Blog

Cara Gunakan Google PageSpeed Insight untuk Optimasi Website
AdityaTekno.com - Kali ini saya akan membahas bagaimana Cara Menggunakan Google PageSpeed Insight untuk Optimasi Blog. Pasti anda merasa kesal ketika membuka blog ataupun website loadingnya lama sekali, dan anda pasti langsung menutup blog tersebut lalu pindah ke yang lain. Kalau anda seperti itu, berarti anda tidak sendiri, karena saya juga demikian.

Mendapati pengalaman buruk menghadapi blog loading lama seperti di atas tentu harus menjadi pertimbangan anda ketika membuat blog. Untuk memberikan pengalaman pengguna terbaik kepada pengunjung blog, anda harus menyediakan blog dengan kecepatan loading tinggi.

Kenapa Google PageSpeed Insight?

Sebenarnya terdapat berbagai tools yang dapat membantu anda melakukan pengecekan kecepatan blog / website. Beberapa tools untuk cek kecepatan blog / website yang dapat anda gunakan yaitu GTMetrix, Pingdom, WebPageTest, dan Google PageSpeed Insight.

Baca Juga : Cara Mempercepat Blog dengan Expires Headers

Google PageSpeed Insight (PSI) merupakan tool gratis yang menyediakan laporan paling akurat dibanding tool lainnya. Selain itu, Google PageSpeed Insight adalah tool yang resmi dirilis oleh Google sehingga indikator penilaian yang digunakan sudah sesuai dengan standar Google.

Google PageSpeed Insight secara resmi menggunakan teknologi Lighthouse sejak November 2018. Lighthouse yang sebelumnya merupakan tool terpisah yang digunakan untuk mengecek performa blog / website dalam bentuk extension di Google Chrome.

Nah, dengan dijadikannya Lighthouse sebagai mesin analisis utama, Google PageSpeed Insight bisa memberikan analisis yang lebih lengkap dan akurat. Selain itu, anda tidak perlu mengunduh extension secara terpisah untuk melakukan pengecekan performa website secara mendalam. Cukup membuka halaman website Google PageSpeed Insight, anda sudah bisa melakukan pengecekan performa blog / website dengan mudah.

Cara Menggunakan Google PageSpeed Insight

1. Langkah pertama, buka website Google PageSpeed Insight

2. Ketikkan alamat blog / website anda

Cara Menggunakan Google PageSpeed Insight untuk Optimasi Blog
Google PageSpeed Insight

3. Dapatkan analis nya
Cara Menggunakan Google PageSpeed Insight untuk Optimasi Blog
Analisis Google PageSpeed Insight

Disana Google akan menilai kecepatan loading website anda menggunakan skala persen. Nilai 0-49 persen menunjukkan website anda lambat. Nilai 50-89 persen menunjukkan kecepatan blog / website anda sudah mencapai rata-rata. Terakhir, nilai 90-100 persen menandakan website anda cepat.

4. Cara Membaca Analisis PageSpeed Google

Selain analisis kecepatan website secara umum, PageSpeed Google juga menjabarkan analisisnya menjadi 6 bagian. Enam analisis tersebut adalah Field Data, Origin Summary, Lab Data, Opportunities, Diagnostics, dan Passed Audits. Berikut adalah penjelasannya :

Field Data

Field Data dan Origin Summary adalah nilai kecepatan berdasarkan First Contentful Paint dan First Input Delay. First Contentful Paint adalah waktu di mana gambar atau teks pertama muncul. Sedangkan First Input Delay adalah jarak waktu antara interaksi pertama pengunjung (klik tautan/link) dan respon pertama browser menanggapi interaksi tersebut.

Website anda termasuk cepat jika kedua nilai FCP dan FID sama-sama tinggi. Jika salah satu, FCP atau FID, mendapatkan nilai rendah, blog / website anda termasuk lambat.

Lab Data
Cara Menggunakan Google PageSpeed Insight untuk Optimasi Blog
Lab Data Google PageSpeed Insight 
  1. First Contentful Paint adalah waktu di mana gambar atau teks pertama muncul
  2. Speed Index menunjukkan seberapa cepat isi halaman terlihat jelas. Semakin rendah nilainya semakin bagus. 
  3. Time to Interactive adalah waktu pertama yang menunjukkan sebuah halaman dianggap interaktif secara penuh
  4. First Meaningful Paint mengukur kapan konten utama dari sebuah halaman muncul
  5. First CPU Idle menandakan waktu pertama di mana sebuah halaman pengunjung bisa melakukan input
  6. Estimated Input Latency menunjukkan lama waktu yang dibutuhkan sebuah website untuk merespon input yang dimasukkan pengguna

Opportunities (Peluang)
Cara Menggunakan Google PageSpeed Insight untuk Optimasi Blog
Peluang (Opportunities) Google PageSpeed Insight

Opportunities menunjukkan apa saja langkah optimasi yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan website. 

Diagnostik
Cara Menggunakan Google PageSpeed Insight untuk Optimasi Blog
Diagnostik Google PageSpeed Insight

Diagnostics berisi detail kinerja website anda yang belum disebutkan di analisis-analisis sebelumnya.

Passed Audits

Passed Audits berisi laporan langkah-langkah optimasi apa saja yang sudah berhasil anda lakukan.

Tips Mendapatkan Skor Tinggi di Google PageSpeed Insight

Skor tinggi di Google PageSpeed Insight menunjukkan blog / website anda sudah berjalan sesuai standar yang ditetapkan Google.

Untuk mendapatkan skor 90-100 di Google PageSpeed Insight menjadi tujuan semua pemilik blog / website. Untuk bisa mencapai skor tersebut, anda perlu menyelesaikan masalah-masalah dari hasil diagnosis Google PageSpeed Insight.

Baca Juga : Cara Mempercepat Loading Blog dengan Memasang DNS Prefetch

Setiap blog / website tentu menghasilkan diagnosis yang berbeda-beda karena konten, tema, dan konfigurasi yang diaplikasikan juga berbeda. Tapi, ada beberapa permasalahan yang paling umum ditemui setelah melakukan pengecekan di Google PageSpeed Insight. Dari ukuran gambar terlalu besar, tidak mengaktifkan caching, sampai performa blog / website versi mobile yang tidak optimal.

Untuk memperbaiki masalah yang umum terjadi pada Google PageSpeed Insight yang sudah saya sebutkan diatas, anda bisa langsung menuju ke artikel Cara Mempercepat Loading Blog.

Demikian artikel Cara Menggunakan Google PageSpeed Insight untuk Optimasi Blog. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung. Salam AdityaTekno.com

Anda mungkin menyukai postingan ini