5 Manfaat Aktivitas SEO untuk Website Anda

Manfaat SEO untuk Situs Anda

AdityaTekno.com - Manfaat SEO untuk Situs Anda. Jika Anda seorang marketer atau pemilik bisnis kecil ataupun besar, Anda pasti pernah mendengar nasihat dari kolega atau rekan kerja Anda bahwa Anda harus menggunakan SEO saat membahas aktivitas digital marketing, karena saat ini, SEO adalah bagian penting dari setiap strategi marketing yang sukses, terutama dalam strategi inbound marketing. 

Apa sebenarnya SEO itu? SEO adalah singkatan dari (Search Engine Optimization), yang berarti adalah aktivitas untuk meningkatkan situs web dengan cara yang membantunya mendapat peringkat di hasil penelusuran saat pengguna menelusuri kata dan frasa tertentu. 

Saat ini banyak orang akan menggunakan search engine atau mesin pencari untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan. Mulai dari informasi mengenai "restoran terdekat" hingga informasi mengenai "Laptop terbaik tahun 2020". Apapun yang Anda cari, search engine akan memberikan jawaban yang menurutnya paling tepat untuk Anda.

Hasil pencarian yang memiliki peringkat di halaman pertama mesin pencari seperti Google tentu saja tidak masuk ke sana secara tidak sengaja. Pemilik website menggunakan teknik SEO untuk membantu Google memahami tentang konten mereka dan juga mungkin melakukan penelitian ekstensif terlebih dahulu untuk menentukan bagaimana pengguna seperti Anda menyusun penelusuran Anda untuk topik tertentu sehingga mereka dapat mengoptimalkan halaman mereka sesuai dengan hal tersebut. Dan saat ini, jika Anda ingin audiens target menemukan situs bisnis Anda, Anda perlu melakukan hal yang sama, yaitu mulai menerapkan strategi SEO. 

5 Manfaat Aktivitas SEO untuk Website Anda

Selain muncul dihalaman pertama, apa sajakah manfaat SEO lainnya? Berikut ini adalah 5 manfaat SEO untuk bisnis Anda :

1. SEO menargetkan trafik dari audiens yang berkualitas

Salah satu keuntungan terbesar dari aktivitas SEO adalah bahwa hal ini merupakan strategi inbound marketing. Tentu saja, aktivitas SEO tidaklah sama dengan iklan tradisional yang memukul rata untuk menyampaikan informasi kepada semua audiens (baik audiens yang butuh informasi atau tidak butuh untuk mendengar informasi). Metode inbound marketing oleh aktivitas SEO berpusat pada aktivitas 'memudahkan' audiens menemukan informasi yang benar-benar mereka butuhkan.

Inbound marketing lewat aktivitas SEO sangat berpusat pada kebutuhan audiens. Alih-alih mengganggu konsumen saat mereka menonton video streaming atau mendengarkan podcast, Anda hanya fokus untuk menarik audiens yang secara aktif mencari informasi yang terkait dengan industri, produk, dan layanan Anda.

2. Anda tidak perlu membayar iklan di SEO

Peringkat organik Google didasarkan sepenuhnya pada apa yang ditentukan algoritmanya yang dapat berubah setiap saat. Memulai aktivitas SEO dapat Anda lakukan dengan cara berinvestasi kepada waktu Anda untuk meneliti kata kunci dan menulis konten berkualitas atau dengan menghubungi agen atau penyedia jasa SEO untuk Anda. 

Setelah konten sudah masuk ke website Anda, Anda hanya perlu menunggu Google untuk mengindeks halaman satu persatu dan konten pada akhirnya akan mendatangkan trafik ke situs Anda. Memang tidak akan se-instant pemasang iklan, tapi konten SEO ini akan terus mendatangkan trafik selama berbulan-bulan ataupun bertahun-tahun. Lewat aktivitas SEO ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya berkelanjutan untuk memasang iklan. Yang Anda perlu lakukan adalah investasi di awal saja. 

3. SEO dapat membantu aktivitas Public Relations (PR)

Meskipun SEO dan PR mungkin tampak seperti strategi marketing yang sepenuhnya terpisah, Anda dapat menggunakannya secara bersamaan guna memaksimalkan hasil yang Anda butuhkan. Salah satu aktivitas SEO adalah proses untuk mendapatkan referensi atau backlink serta mengidentifikasi peluang penempatan atau liputan di blog industri, publikasi berita, dan situs relevan lainnya dengan bisnis Anda.

Sedangkan, aktivitas PR juga sedikit mirip yaitu berkisar pada mendapatkan publikasi dan influencer terkemuka untuk ‘membicarakan’ perusahaan Anda agar mendapatkan reputasi yang baik. Jika Anda menjalankan strategi SEO, khususnya membangun backlink dari situs yang memiliki reputasi yang baik pula, maka Anda telah sekaligus menjalankan aktivitas PR dalam waktu yang bersamaan. 

4. SEO mendapat lebih banyak klik daripada PPC

Meskipun iklan PPC (Pay Per Click)  muncul di atas peringkat organik di halaman pertama mesin pencari, akan tetapi lewat penelitian, sebanyak 70-80% orang masih mengabaikan hasil pencarian berbayar (ads) dan sebagian besar klik hanya mengarah kepada hasil penelusuran organik. Lewat hasil penelitian tersebut, dapat kita katakan bahwa audiens lebih mempercayai algoritma Google. Mereka tahu situs mana yang menggunakan iklan, dan mereka lebih memilih untuk mengunjungi halaman yang telah ditentukan oleh mesin pencari sebagai hasil yang terbaik.

5. SEO membantu bisnis Anda menjadi lebih kompetitif

Saat ini, aktivitas SEO sudah banyak digunakan sebagai pokok dari strategi pemasaran apa pun, baik B2B maupun B2C. Faktanya, 61% marketers mengatakan bahwa meningkatkan aktivitas SEO mereka adalah prioritas utama dari strategi pemasaran. Ini berarti bahwa banyak bisnis yang sudah sadar mengenai kekuatan dan pentingnya aktivitas SEO untuk berada di halaman pertama peringkat teratas untuk tetap menjadi kompetitif di industri mereka masing-masing.

20 Statistik SEO dan Halaman Pencarian Google

Bagaimana? Apakah Anda sudah paham bahwa SEO merupakan aktivitas yang perlu dilakukan untuk situs website bisnis Anda? Jika Anda mau memulai meneliti kata kunci dan membuat konten berkualitas untuk situs Anda, Anda perlu juga mengetahui 20 Statistik SEO dan Hasil Pencarian Google Terbaru 2020 ini. Lewat statistik ini, Anda diharapkan dapat mengetahui trend SEO yang ada yang bisa membantu Anda dalam membuat strategi marketing Anda.

20 Statistik SEO dan Halaman Pencarian Google
sumber : https://marketingonline.id/statistik-seo/


Demikian ulasan 5 manfaat aktivitas SEO dan 20 Statistik SEO dan Halaman Pencarian Google yang dapat berguna untuk bisnis Anda. Selamat menerapkan aktivitas SEO untuk website Anda dan salam sukses!