Cara Mempercepat Loading Blog dengan Add Expires Headers

Punya masalah dengan add expires headers pada GTmetrix? Nih aku kasih tutorial nya cara setting add expires headers untuk mempercepat loading blog.
Cara Mempercepat Loading Blog dengan Add Expires Headers
Cara Mempercepat Loading Blog dengan Add Expires Headers

AdityaTekno.com - Sebenarnya ada banyak cara mempercepat loading blog, diantaranya dengan mengurangi jumlah widget, mengurangi jumlah postingan di homepage, mengurangi jumlah iklan ataupun mengoptimalkan gambar sebelum diposting, seperti pada postingan yang berjudul Cara Mempercepat Loading Blog Blogger.

Dengan melakukan optimasi kecepatan loading blog diharapkan agar performa loading blog menjadi lebih cepat, karena jika kecepatan loading blog bagus akan dipandang baik oleh google sehingga menjadikan lebih SEO.

Meningkatkan kecepatan loading blog juga harus dilakukan untuk dua perangkat, yaitu perangkat dekstop dan mobile. Apalagi jika mayoritas pengunjung blog anda rata-rata pengguna smartphone, jadi optimasi kecepatan loading blog juga harus diperhatikan untuk perangkat mobile.

Tentu, anda tidak mau kan jika pengunjung blog anda buru-buru langsung kabur karena loading blog anda lambat. 

Nah, maka dari itu mempercepat loading blog itu sangatlah penting demi menjaga kenyamanan para pengunjung.

Tapi sebelum lanjut ke inti pembahasan, alangkah baiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa itu expires header?

Apa Itu Expires Header?

Expires header adalah suatu baris kode yang tugasnya memberitahu browser berapa lama seharusnya file cache sebuah situs disimpan. 

Maksudnya seperti ini: Ketika pengunjung pertama kali mengunjungi sebuah halaman blog atau website, browser biasanya akan otomatis memuat file dari server. Nah, file tersebut bisa berupa HTML, Images, Video, PDF, CSS, Javascripts, dan lain sebagainya. File yang diterima kemudian disimpan di cache. File yang dimuat tadi kemudian disimpan di cache. 

Jadi, jika pengunjung ingin membuka halaman yang sama, cukup mengambil dari cache yang sudah tersimpan tadi, tanpa meminta ke server lagi.

Lalu, berapa lama seharusnya file tadi tersimpan di browser cache?

Nah, karena cache memiliki masa kedaluarsa (expired), penting untuk menentukan expires header yang sesuai. 

Mengapa?

Karena jika expires header-nya terlalu cepat, maka akan selalu ada permintaan langsung ke server. Selain proses loading lama, bisa-bisa anda mendapatkan peringatan seperti, “Your server is not using expires header for your image,” (“Server anda tidak memiliki expires header untuk image-nya). 

Di sisi lain juga, jika expires header terlalu lama, perubahan konten yang dilakukan tidak dapat segera ditampilkan. Karena browser masih menampilkan data lama yang tersimpan di cache.. 

Jadi, bisa dikatakan kalau dengan menentukan add expires header, anda masih bisa mengatur kapan waktu bagi browser harus mengambil file ke server. Dan kapan ia cukup mengambil file dari cache saja. 

Sampai disini sudah paham kan, sudah ada gambaran kan bagaimana cara kerja dari expires header. Jika sudah paham, mari lanjut ke cara pemasangan add expires headers agar loading blog menjadi lebih cepat.

Cara Mempercepat Loading Blog dengan Add Expires Headers

Sebelum menerapkan metode ini, alangkah bainya anda cek terlebih dahulu apakah kode expires headers sudah terpasang belum di template blog anda. Jika sudah terpasang bisa di skip saja.

Adapun cara memasang atau men-setting add expires headers pada blog adalah sebagai berikut:

  1. Buka dashboard Blogger.
  2. Pilih menu Tema.
  3. Klik Edit HTML.
  4. Kemudian salin kode dibawah dan tempelkan dibawah kode <head>.
    <include expiration='7d' path='*.css'/>
    <include expiration='7d' path='*.js'/>
    <include expiration='3d' path='*.gif'/>
    <include expiration='3d' path='*.jpeg'/>
    <include expiration='3d' path='*.jpg'/>
    <include expiration='3d' path='*.png'/>
    <meta http-equiv="expires" content="fri, 02 jun 2023 00:00:00 GMT"/>
  5. Simpan Tema.

Sekarang test kembali blog atau website anda di GTmetrix, dan lihat hasilnya.

Catatan: Biasanya perubahan expires headers di bagian Yslow pada halaman GTmetrix bisa di lihat hasilnya sehari kemudian, tapi jika pengujian kecepatan blog anda sudah ada perubahan, berarti proses penambahan script sudah berhasil. 

Baca Juga : 

Demikian tips Cara Mempercepat Loading Blog dengan Add Expires Headers. Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk anda. Terima kasih sudah berkunjung. Salam AdityaTekno.com