Cara Mengatasi Pastikan Teks Tetap Terlihat Selama Pemuatan Font Web

Cara Memperbaiki Pastikan Teks Tetap Terlihat Selama Pemuatan Font Web atau Ensure text remains visible during webfont load di bagian diagnostik.
Ensure text remains visible during webfont load
Cara Mengatasi Pastikan Teks Tetap Terlihat Selama Pemuatan Font Web

AdityaTekno.com - Pasti anda pernah mendapati beberapa masalah ketika sedang meng-audit blog / website menggunakan webtool seperti Google PageSpeed Insights, GTmetrix, Web.dev dan sebagainya kan? Masalah yang muncul juga pasti beragam, contoh nya saja "Pastikan teks tetap terlihat selama pemuatan font web" atau "Ensure text remains visible during webfont load". Masalah tersebut biasanya muncul di bagian diagnostik.

Cara Memperbaiki Pastikan Teks Tetap Terlihat Selama Pemuatan Font Web
Diagnostik: Pastikan Teks Tetap Terlihat Selama Pemuatan Font Web

Dan kebanyakan dari anda ketika ada masalah "Pastikan teks tetap terlihat selama pemuatan font web" di diamkan saja tanpa melakukan perbaikan, dengan alasan tidak tahu bagaimana cara mengatasinya ataupun karena malas memperbaiki masalah tersebut.

Baca Juga : Cara Menggunakan Google PageSpeed Insight untuk Optimasi Blog

Tapi tenang, disini saya akan membagikan cara memperbaiki masalah "Ensure text remains visible during webfont load".

Lalu, apa si maksud dari "Pastikan teks tetap terlihat selama pemuatan font web" ini?

Jadi, maksudnya yaitu saat anda atau pengunjung masuk ke website / blog, maka ada beberapa font yang tidak terlihat saat sedang dimuat blog tersebut, disini google menyarankan kita agar font tersebut tetap terlihat saat masih dimuat bukannya dihilangkan.

Ada cara lain juga yang bisa anda coba untuk menghilangkan error tersebut yaitu dengan menghapus font webnya, tapi akibatnya adalah blog menjadi error seperti font atau icon tidak muncul atau font tiba-tiba menjadi jelek.

Lantas apa yang harus dilakukan untuk menghindari permasalahan tersebut pada blog tanpa menghapus font webnya? Anda cukup simak tutorial ini dengan baik agar paham untuk memperbaiki "Pastikan teks tetap terlihat selama pemuatan font web" (how to fix Ensure text remains visible during webfont load).

Cara Mengatasi Pastikan Teks Tetap Terlihat Selama Pemuatan Font Web

Berikut adalah cara mengatasi cara mengatasi pastikan teks tetap terlihat selama pemuatan font web (ensure text remains visible during webfont load).

  1. Pertama, buka dashboard Blogger anda.
  2. Pilih menu Tema, lalu klik Edit HTML.
  3. Kemudian cari kode @font-face seperti dibawah ini atau yang mirip.
    @font-face {
      font-family: 'Arvo';
      src: local('Arvo'), url(https://fonts.gstatic.com/s/arvo/v9/rC7kKhY-eUDY-ucISTIf5PesZW2xOQ-xsNqO47m55DA.woff2) format('woff2');
    }
  4. Setelah ketemu, tambahkan kode font-display seperti contoh dibawah ini.
    @font-face {
      font-family: 'Arvo';
      font-display: swap;
      src: local('Arvo'), url(https://fonts.gstatic.com/s/arvo/v9/rC7kKhY-eUDY-ucISTIf5PesZW2xOQ-xsNqO47m55DA.woff2) format('woff2');
    }
  5. Simpan Tema.

Catatan: Pastikan tambahkan kode font-display disetiap font yang muncul dipesan "Pastikan teks tetap terlihat selama pemuatan font web".

Coba sekarang cek lagi di Google PageSpeed Insights, apakah sudah hilang masalahnya. Jika sudah hilang dan kecepatan blog lebih cepat dari sebelumnya, berarti sudah berhasil. Namun jika belum, tunggu 30 detik sampai 1 menit baru di cek kembali.

Baca Juga : 10 Cara Mempercepat Loading Blog Blogger

Demikian Cara Mengatasi Pastikan Teks Tetap Terlihat Selama Pemuatan Font Web. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat untuk anda. Sampai jumpa dipostingan selanjutnya. Salam AdityaTekno.com