Cara Mengatasi Leverage Browser Caching Untuk Favicon.ico di Blogger

Mau tau cara mengatasinya? Berikut adalah cara mengatasi masalah leverage browser caching favicon.ico pada GTmetrix.com untuk di Blogger (blogspot).
Cara Mengatasi Leverage Browser Caching Untuk Favicon.ico GTmetrix
Cara Mengatasi Leverage Browser Caching Untuk Favicon.ico di Blogger

AdityaTekno.com - Siapa yang mencari-cari tutorial mengatasi leverage browser caching favicon.ico pada GTmetrix? Anda pasti pusing juga kan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? 

Tenang, disini saya akan membagikan trik cara mengatasi masalah leverage browser caching untuk favicon.ico pada GTmetrix.com.

Tapi sebelum lanjut ke pembahasan leverage browser caching, alangkah baiknya anda mengetahui dahulu apa itu GTmetrix, jangan sampai anda sering menggunakan tool tersebut tapi tidak tahu apa sebenarnya tool itu.

Apa Itu GTmetrix?

GTmetrix adalah tool online gratis maupun berbayar yang digunakan untuk menganalisa performa sebuah website. Dari hasil analisa tersebut pengguna akan mengetahui hal apa saja yang membuat sebuah website menjadi lambat dan bagaimana cara memperbaikinya.

GTMetrix memiliki tujuh wilayah pengetesan, mulai dari Hong Kong, China; London, UK; Mumbai, India; San Antonio, TX, USA; Sydney, Australia; Sao Paulo, Brazil hingga Vancouver, Canada sebagai wilayah default pengetesan. Jadi, anda masih memiliki opsi untuk memilih wilayah yang sudah disediakan secara gratis.

Setelah memahami apa itu GTmetrix, sekarang kita lanjut ke pembahasan leverage browser caching. Yuk simak pembahasannya!

Leverage Browser Caching

Leverage Browser Caching adalah masalah yang sering muncul pada hasil analisa website pada GTmetrix. Jika anda ingin memperbaiki masalah leverage browser caching pada website maupun blog, maka ini adalah panduan yang tepat.

Leverage browser caching sendiri memiliki fungsi untuk mengatur masa kadaluarsa atau batas usia maksimal header HTTP atau HTTPS yang mempunyaii koneksi dengan sumber seperti JavaScript, CSS, juga gambar yang memiliki sifat statis.

Favicon

Favicon sendiri yaitu ikon utama sebuah blog atau website yang muncul pada sisi kiri pada tab browser dan merupakan logo dari blog atau website tersebut. Favicon bisa disebut juga sebagai shortcut icon, blog atau website icon, URL icon, atau bookmark icon.

Favicon ini pada umumnya menggunakan sebuah gambar dengan format .ico dengan ukuran yang cukup kecil yaitu 16x16 pixel. Meskipun ukurannya cukup kecil, gambar tetaplah sebuah gambar. Dan ini sering menjadi masalah di tool pengukur kecepatan loading blog seperti di GTmetrix yaitu leverage browser caching dari favicon.ico.

Cara Mengatasi Leverage Browser Caching Favicon.ico Menggunakan Statically

  1. Pertama, buka dashboard Blogger.
  2. Klik menu Tema.
  3. Kemudian pilih Edit HTML.
  4. Cari kode seperti dibawah.
    <link expr:href='data:blog.canonicalHomepageUrl + &quot;favicon.ico&quot;' rel='icon' type='image/x-icon'/>
  5. Lalu ubah menjadi seperti ini.
    <link href='https://cdn.statically.io/favicons/www.namadomain.com' rel='icon' type='image/x-icon'/>
  6. Simpan Tema.

Info: ubah www.namadomain.com dengan domain anda.

Sebagai tambahan, anda bisa mengatur lamanya cache untuk Favicon dengan Statically. Secara default, Statically memberikan cache 1 hari. Tapi, anda juga bisa memberikan parameter untuk menambah lama cache-nya dengan hitungan detik seperti berikut ini untuk cache 1 tahun (selama tidak clear cache).

<link href='https://cdn.statically.io/favicons/www.namadomain.com?cache=31556952' rel='icon' type='image/x-icon'/>

Baca Juga : 

Mudah bukan cara mengatasi masalah leverage browser caching favicon.ico pada GTmetrix. Semoga trik yang saya bagikan ini bisa membantu mengatasi masalah pada blog blog anda. Terima kasih sudah berkunjung. Salam AdityaTekno.com