Cara Memilih VPS yang Tepat Bagi Website

Sebelum kamu menjatuhkan pilihan kamu kepada VPS Hosting. Yuk simak cara memilih penyedia VPS yang tepat di bawah ini!
Tips Memilih VPS yang Tepat Bagi Website
Cara Memilih VPS yang Tepat Bagi Website. (Ilustrasi: freepik)

AdityaTekno.com - Dengan beragamnya penyedia layanan VPS Hosting di luar sana, tentu cukup membingungkan para calon penggunanya. Mulai dari variasi harga, fitur, hingga jaminan garansi yang beraneka ragam pula. Namun yang pasti, ketika memilih penyedia VPS hosting yang tepat, kamu harus mengutamakan berdasarkan kinerja, sulit tidaknya dalam penggunaan, layanan support, dan sebagainya.

Apa Itu VPS?

VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server. Fungsi utama server virtual tersebut adalah menempatkan data serta file dari sebuah website pada satu server yang sama.

Baca Juga: 8 Tips Memilih Web Hosting Yang Tepat Untuk Website Anda

Jika kamu adalah pemilik website dengan kebutuhan yang besar, maka VPS dapat menjadi pilihan terbaik. Menggunakan VPS berarti kamu dapat menggunakannya secara utuh, tanpa harus berbagi sumber daya dengan pengguna lain. Inilah salah satu kebutuhan VPS yang dapat kamu rasakan daripada menggunakan shared hosting.

Cara Memilih Penyedia VPS Hosting yang Tepat

Sebelum kamu menjatuhkan pilihan kamu kepada VPS Hosting. Yuk simak cara memilih penyedia VPS yang tepat di bawah ini!

1. Pertimbangkan Kebutuhan Kamu

Cara memilih penyedia VPS yang pertama adalah pertimbangkan kebutuhan kamu. Artinya, sebelum kamu memutuskan penyedia hosting VPS mana yang akan digunakan, kamu perlu mempertimbangkan fitur dan layanan apa yang ingin ditawarkan oleh VPS kamu. Kamu perlu melihat jumlah pengunjung situs web, jumlah halaman di situs, dan jumlah akun email yang ingin kamu gunakan.

Kamu harus memilih penyedia yang dapat diandalkan, memiliki layanan pelanggan yang sangat baik, dan menawarkan layanan obrolan langsung 24/7.

2. Cari Tahu Tentang Perusahaan Penyedia Hosting

Sebelum kamu memutuskan penyedia hosting VPS mana yang akan digunakan, Kamu perlu meneliti perusahaan yang menawarkan layanan tersebut. Penting untuk meneliti perusahaan yang menawarkan layanan tersebut, agar kamu tahu seperti apa reputasi perusahaan tersebut.

Baca Juga: Perbedaan Antara Domain dan Hosting

3. Dukungan Teknologi Penyedia VPS Hosting

Penggunaan teknologi dalam VPS yang kamu gunakan nantinya tentu akan membedakan keuntungan yang akan kamu dapatkan dalam penerapan VPS pada website. Karenanya, kamu perlu meneliti secara pasti terhadap teknologi-teknologi apa saja yang VPS Hosting tersebut sediakan. Tentu kamu tidak ingin VPS hosting yang kamu gunakan memiliki teknologi yang tidak kompatibel dengan versi tertentu, bukan?

4. Sistem Keamanan

Pada umumnya, layanan VPS Hosting jauh lebih aman ketimbang shared hosting. Hal ini dikarenakan VPS yang didukung oleh fitur keamanan terbaik yang tentunya harus kamu perhatikan baik-baik sebelum membelinya.

Kamu perlu memberikan perhatian lebih apakah penyedia layanan VPS Hosting tersebut memberikan fitur keamanan seperti SSL, Firewall, anti-malware, hingga anti-DDos.

5. Data Backup

Untuk meningkatkan keandalan situs kamu, memiliki fitur backup pada umumnya juga merupakan ide yang bagus. Tips satu ini dapat menjadi poin penting yang harus kamu pertimbangkan ketika memilih penyedia jasa hosting VPS. 

Kamu pun harus memperhatikan bagaimana metode sistem kerja fitur backup tersebut. Bagaimana recovery data dari backup? Berapa jangka waktu durasi penyimpanan data? Apakah backup tersebut dapat dilakukan secara otomatis atau pun dapat dilakukan secara terjadwal?

6. Kecepatan Server

Perlu kamu ketahui, bahwasannya kecepatan pada server web tidaklah sama seperti kecepatan halaman web. Dalam hasil pencarian di browser khususnya pada SERP google, kecepatan merupakan poin penting yang harus dipertimbangkan karena akan memengaruhi hasil peringkat sebuah website. Karenanya, pilihlah penyedia VPS Hosting yang memberikan kualitas terbaik dalam segi uptime server.

Baca Juga: Kelebihan Hosting SSD dengan cPanel

7. Biaya atau Harga

Ada harga, tentu ada kualitas. Begitulah pepatah yang kerap dikatakan banyak orang. Sama halnya dengan memilih sebuah layanan.

Saat kamu hendak memilih penyedia VPS, kamu dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan website yang kamu jalankan. Jika mereka memberikan harga yang terbilang rendah, kemungkinan penyedia tersebut telah memotong biaya-biaya lainnya. Tentu hal ini berpengaruh pada kualitas layanan.

Bijaklah dalam memilih VPS yang hendak kamu gunakan dan lakukan research sebanyak mungkin baik melalui internet maupun pengalaman sesama pengguna.

8. Jaminan Server Uptime

Tips terakhir yakni melihat jaminan server uptime dari penyedia hosting. Biasanya ditampilkan sebagai persentase. Misalnya, jika penyedia hosting menawarkan server uptime 99%, dapat ditarik kesimpulan bahwa rata-rata server akan mati total tujuh jam atau kurang setiap bulan.

Itulah penjelasan mengenai apa itu VPS dan bagaimana cara memilih penyedia VPS. VPS hosting akan menjadi layanan yang cocok jika kamu membutuhkan web server untuk traffic website yang tinggi.

Apakah mas Aditya ada rekomendasi penyedia VPS Hosting yang murah tapi tetap berkualitas? Tentu ada dong! Yaitu Exabytes Indonesia. Exabytes Indonesia menyediakan VPS Murah dan Berkualitas dengan proses set up yang cepat dan processor performa yang tinggi siap menjadi pilihan.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, beli paket layanan hosting VPS di Exabytes Indonesia dan nikmati berbagai fitur andalnya. Bersama Exabytes Wujudkan Mimpimu!

Baca artikel AdityaTekno.com lainnya di Google News.

Hi, Aku Aditya Nur Kahfi, biasa dipanggil Adit. Seorang Blogger, Content Writer, CEO & Founder AdityaTekno.com dan juga Editor/Redaktur di Portal Berita Lokal iNews.id - iNewsBekasi.id.

Posting Komentar