8 Tips Memilih Web Hosting Yang Tepat Untuk Website Anda

Tips Memilih Web Hosting Yang Tepat Untuk Website. Hosting dan domain adalah dua elemen penting yang tidak bisa dipisahkan ketika akan membuat website
Tips Memilih Web Hosting Yang Tepat
Designed by Freepik | Edit by adityatekno.com

AdityaTekno.com - Tips Memilih Web Hosting Yang Tepat Untuk Website. Hosting dan domain adalah dua elemen penting yang tidak bisa dipisahkan ketika akan membuat suatu website. Karena jika ingin membuat website yang bisa diakses oleh orang lain, tentu anda akan membutuhkan domain dan hosting.

Kebanyakan orang yang akan membuat website sering kali bingung dalam memilih web hosting. Padahal memilih hosting itu mudah dilakukan, tapi sebenarnya anda tetap harus berhati-hati dalam memilih web hosting untuk menunjang perkembangan website anda nantinya.

Karena apa, kalau anda salah dalam memilih web hosting, maka anda akan mengalami kerugian dan kesulitan dalam menjalankan website dikemudian hari.

Tapi tenang, disini saya akan berbagi tips memilih web hosting yang tepat untuk website anda. Berikut ulasannya.

Sebelum lanjut ke topik inti, alangkah baiknya anda mengenali terlebih dahulu istilah-istilah dalam hosting, agar anda tidak bingung nantinya.

Istilah Dalam Hosting

Berikut adalah istilah-istilah dalam web hosting yang harus anda ketahui :

1. Disk Space

Disk Space adalah kapasitas ruang penyimpanan secara keseluruhan yang didalamnya berupa data-data website seperti gambar, video, aplikasi, program maupun file lainnya.

Jadi, jika anda memilih web hosting yang memiliki disk space 2 GB misalnya, maka anda bisa menyimpan data website sampai batas 2 GB

2. Bandwidth

Bandwidth adalah jumlah transfer data yang diperbolehkan dalam mengakses suatu website setiap bulannya. 

Jadi, koneksi internet yang mempunyai bandwidth yang lebih besar dapat memindahkan sejumlah data jauh lebih cepat dibanding koneksi internet dengan bandwidth yang lebih rendah.

3. Inodes

Inodes adalah jumlah file yang dapat ditampung di satu akun hosting, baik berupa data file yang disimpan pada File Manager maupun pada email. 

Jadi, jika inodes yang ada pada hosting penuh, maka akan berpengaruh pada performa hosting. 

4. RAM

RAM atau Random Access Memory yaitu memori yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Jadi, semakin besar memori RAM yang dimiliki, maka hosting akan semakin cepat dalam memproses website.

5. CPU

CPU atau Central Processing Unit adalah perangkat komputer yang melakukan instruksi dari software di komputer. Bahasa mudahnya CPU yaitu otaknya komputer. 

Semua aktivitas yang terdapat dalam komputer itu semuanya diatur oleh CPU. Jadi, anda disarankan untuk memilih hosting minimal yang menggunakan Core 1 GHz sudah lebih dari cukup untuk menampung website biasa. 

Tapi, jika untuk keperluan bisnis, alangkah baiknya untuk menggunakan Hosting dengan Core CPU standar 2 GHz supaya performanya lebih maksimal.

6. Add on Domain

Add on domain adalah fitur yang terdapat dalam web hosting yang berfungsi untuk menambahkan domain baru di sebuah hosting, sehingga satu hosting bisa digunakan untuk dua website sekaligus atau lebih.

Baca Juga : Perbedaan Antara Domain dan Hosting

Tips Memilih Web Hosting Yang Tepat 

Adapun tips memilih web hosting yang tepat untuk website anda adalah sebagai berikut :

1. Customer Service yang Fast Respon

Customer Service sangat penting sekali ketika anda akan memilih hosting web hosting. Biasanya customer service yang baik adalah yang fast respon dan dapat diandalkan. Karena permasalahan website terkait hosting bisa saja terjadi sewaktu-waktu menimpa anda.

Jadi, saya sarankan anda memilih penyedia hosting yang memiliki customer service yang baik, fast respon, dapat diandalkan dan siap melayani 24 jam/7 hari.

2. Kecepatan dan Spesifikasi Server

Selain memilih customer service yang dapat diandalkan, anda juga perlu jeli dalam memilih spesifikasi server hosting yang digunakan, sebab kestabilan website dipertaruhkan dalam spesifikasi server yang di gunakan. 

Spesifikasi server minimum pada umumnya memiliki Quad Core Processor dan RAM minimum 8GB. Kalau penyedia web hosting yang anda pilih tidak mencamtukan spesifikasinya, anda bisa menanyakan langsung kepada Customer Service nya.

3. Bandwidth

Tips memilih web hosting yang harus diperhatikan selanjutnya yaitu bandwidth. Jangan sampai website anda down tiba-tiba di pertengahan bulan karena bandwidth yang disediakan hosting sangat terbatas. Anda tidak mau kan visitor anda kabur gara-gara website yang mereka akses tiba-tiba down.

Jadi, pemilihan jumlah bandwidth juga harus diperhatikan. Pilihlah jumlah bandwidth yang unlimited atau tidak terbatas dan tentu dengan harga yang murah. Sehingga anda tidak perlu pusing-pusing lagi memikirkan soal bandwidth yang cepat habis dipertengahan bulan.

4. Dukungan Script

Tips memilih web hosting yang harus diperhatikan selanjutnya yaitu dengan melakukan cek dukungan script yang disediakan. 

Misalnya anda ingin menggunakan WordPress sebagai CMS pada website, maka penyedia hosting yang harus anda pilih yaitu yang mempunyai dukungan atau support pada script WordPress CMS.

5. Add On Domain

Add on domain adalah fitur yang terdapat dalam web hosting yang berfungsi untuk menambahkan domain baru di sebuah hosting, sehingga satu hosting bisa digunakan untuk dua website sekaligus atau lebih. 

Jadi, anda bisa mempunyai beberapa website dalam satu akun hosting tanpa biaya tambahan lagi. Selain bisa menghemat pengeluaran, anda juga tetap bisa mengembangkan website dengan baik. 

6. Jumlah Client

Tips memilih web hosting yang harus diperhatikan selanjutnya yaitu jumlah client yang dimiliki penyedia hosting. Tentu anda tidak mau ambil resiko kan mempercayakan website anda kepada penyedia hosting yang belum berpengalaman atau masih baru. 

Kesuksesan pada penyedia hosting bisa anda lihat dari jumlah clientnya. Jika penyedia hosting yang anda pilih tersebut memiliki client dari web ternama dengan pengunjung yang tinggi. Bisa di pastikan kalau hosting tersebut memiliki kualitas yang tinggi, sehingga web-web berkelas juga mau mempercayakan website kepadanya.

7. Harga Terjangkau dan Unlimited

Ketika akan memilih layanan web hosting yang berkualitas, pastikan Anda mendapatkan harga terbaik. Harga yang anda bayarkan idealnya sesuai dengan layanan yang anda gunakan. Jangan sampai malah anda harus membayar lebih mahal untuk layanan yang sama di perusahaan penyedia layanan lainnya. Tentu anda tidak mau kan kejadian hal yang seperti ini?

Anda bisa membandingkan rincian spesifikasi maupun jenis paket antara layanan hosting dan harga dengan penyedia hosting lainnya. Dan yang mempunyai harga lebih tinggi biasanya menawarkan jenis paket serta performa yang lebih baik juga.

Ada penyedia layanan yang menetapkan harga yang sangat murah. Memilih harga yang murah memang baik, tapi tidak selamanya akan lebih baik. 

Saya menyarankan anda agar benar dalam memperhatikan layanan yang akan anda gunakan. Pastikan anda mendapatkan harga yang terjangkau, namun tetap memperoleh layanan hosting terbaik.

Ada saran hosting atau domain murah tidak mas? Ada nih, anda bisa ambil promo domain 2021 dan promo hosting murah dari domainesia. Jadi, jangan sampai kelewatan promo nya untuk mendapatkan harga spesial.

8. Garansi Uang Kembali

Nah ini yang lebih penting, ada garansi uang kembali nya. Karena biasanya kalau penyedia hosting memiliki fasilitas garansi uang kembali, pasti sudah terpercaya dan menjamin kepuasan pelanggan.

Hampir semua penyedia hosting memiliki kebijakan seperti ini. Hanya saja, syarat dan ketentuan yang ditetapkan pada setiap penyedia hosting tentu akan berbeda-beda. Jadi, pilihlah layanan dengan syarat dan ketentuan yang tidak menyesatkan anda sendiri.

Demikian Tips Memilih Web Hosting Yang Tepat Untuk Website Anda. Semoga tips yang saya berikan bisa menambah wawasan dan referensi sebelum memilih web hosting. Terimakasih sudah berkunjung. Salam AdityaTekno