Mengenal Apa Itu Internet of Things (IoT) dan Contohnya

Memasuki era digital, konsep Internet of Things atau IoT semakin ramai diperbincangkan. Karena keberadaan IoT membantu mempermudah pekerjaan kita.
Mengenal Apa Itu Internet of Things (IoT) dan Contohnya
Mengenal Apa Itu Internet of Things (IoT) dan Contohnya

AdityaTekno.com - Memasuki era digital, konsep Internet of Things atau IoT semakin ramai diperbincangkan. Bahkan ada sebagian dari kita yang telah merasakan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Pada dasarnya keberadaan IoT itu untuk membantu mempermudah pekerjaan kita sehari-hari, apalagi bagi kamu yang bergelut di dunia industri digital, kehadiran IoT justru menjadi suatu kebutuhan.

IoT juga banyak mempengaruhi gaya hidup kita sehari-hari. Contoh paling sederhana adalah penggunaan smartphone. Fungsi dasar dari smartphone adalah untuk menelepon dan mengirim pesan. Namun seiring perkembangan teknologi, smartphone memiliki fungsi yang lebih luas lagi, mulai dari bermain gim, mendengarkan musik, membaca buku digital, menonton film, melakukan pembayaran digital dan masih banyak lagi.

Mengenal Apa Itu Internet of Things (IoT) dan Contohnya
Image : pixabay.com/geralt

Apa Itu Internet of Things (IoT)?

Internet of Things adalah sebuah konsep digitalisasi terhadap objek tertentu agar bisa terhubung dengan suatu jaringan. Jadi sederhananya seperti ini, benda-benda (things) berteknologi modern yang ada di sekitar kita, dapat dihubungkan dengan internet. Internet of Things semakin berkembang pesat berkat dukungan teknologi lainnya, seperti teknologi nirkabel, micro-electromechanical systems (MEMS) dan tentu saja jaringan internet itu sendiri.

Konsep Internet of Things sebenarnya cukup sederhana, akan tetapi jauh lebih modern jika dibandingkan dengan teknologi sebelumnya. Bahkan IoT juga banyak diterapkan di berbagai sektor, mulai dari perkantoran, industri, perhotelan, apartemen, pertanian, transportasi, medik, lingkungan, energi hingga rumah tinggal. Tentu saja konsep Internet of Things bakalan cocok untuk diterapkan, mengingat saat ini penggunaan internet sudah sangat masif.

Manfaat Internet of Things (IoT)

Tidak dapat dipungkiri jika saat ini kita membutuhkan teknologi dan internet untuk membantu memudahkan pekerjaan sehari-hari. Kita juga tergantung dengan teknologi dan internet, mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali. Maka solusi yang dianggap tepat adalah dengan memanfaatkan keberadaan Internet of Things. Lalu, apa saja manfaat dari IoT bagi kehidupan kita? Berikut poin-poinnya :

Menjaga efisiensi waktu

IoT yang diterapkan secara tepat, dapat membantu menjaga efisiensi waktu dengan sangat baik. Kita tidak perlu terlalu lama untuk menyelesaikan tugas yang sama ketika memanfaatkan IoT. Berbeda jika banyak tugas dikerjakan secara manual, waktu yang dibutuhkan juga lebih lama.

Konektivitas yang lebih simpel

Tidak perlu lagi menggunakan banyak perangkat untuk mengoperasikan berbagai peralatan elektronik modern, dengan IoT, semuanya dapat dikendalikan melalui satu perangkat saja, misalnya smartphone.

Hidup jadi lebih mudah

Rutinitas yang tinggi, menyebabkan sebagian orang serba ingin praktis, cepat dan mudah. Untuk mewujudkan hal ini, tentu saja kita perlu dukungan peralatan elektronik yang modern. Apa lagi kalau bukan mengandalkan IoT. Dengan memanfaatkan IoT, dapat mengendalikan peralatan modern dengan lebih mudah.

Contoh Penggunaan IoT

Secara tidak sadar, mungkin saja kamu telah banyak memanfaatkan IoT di dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya saja ketika kamu membeli makanan dan membayar menggunakan dompet digital melalui smartphone. Hal ini merupakan bagian dari IoT. Selain contoh kecil di atas, masih ada banyak contoh perangkat yang menggunakan konsep IoT, di antaranya adalah :

Smart home 

Tanpa kita sadari, konsep smart home atau smart living merupakan bagian dari IoT. Tanpa adanya teknologi IoT, peralatan elektronik modern, seperti IP Camera, Smart Lock, Smart Window, Bluetooth Speaker, Headphone Bluetooth, Smart LED Strip, Smart TV, IR Remote, Smart Lamp dan sejenisnya, tidak akan bisa digunakan. 

Smartphone

Perkembangan teknologi yang diusung smartphone semakin menunjukkan kemajuan yang signifikan. Bayangkan saja, hanya dengan menggunakan smartphone, kamu sudah bisa membayar pembayaran digital atau memfungsikan smartphone menjadi sebuah Smart Remote

Smartwatch

Di era digital seperti saat ini, fungsi smartwatch tidak hanya sebagai penunjang untuk berolah raga saja. Namun fungsinya sudah sangat beragam, mulai dari dapat memainkan musik, fitness tracker, navigasi (GPS), terkoneksi dengan smartphone, memonitor kesehatan dan lain sebagainya.

Automatic Car Tracking Adapter

IoT juga dapat diterapkan dalam dunia transportasi, misalnya saja kemampuan untuk melacak informasi lengkap seputar mobil yang kamu miliki. Dengan Automatic Car Tracking Adapter, kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan, mulai dari melacak jarak tempuh, mengetahui sebuah lokasi, efisiensi bahan bakar, mengetahui besar biaya bahan bakar dan lain sebagainya.

Kekurangan IoT

Meskipun IoT dapat memberikan banyak manfaat untuk kehidupan manusia, akan tetapi di sisi yang lain, IoT juga dianggap memiliki banyak tantangan yang cukup siginifikan, sehingga menjadi kekurangan atau masalah bagi IoT itu sendiri. Berikut di antara beberapa masalah yang sering ditemukan :

Keamanan

Komunikasi yang dilakukan IoT sangat mengandalkan koneksi jaringan atau internet. Hal ini tentu akan membuka celah keamanan bagi setiap penggunanya, yang mungkin saja bisa terserang virus, malware dan sejenisnya. Kemungkinan buruk ini bisa saja terjadi, sehingga diperlukan tindakan pengamanan yang lebih baik lagi.

Privasi

Untuk dapat terhubung dengan sebuah jaringan atau konektivitas, pengguna harus memasukkan beberapa data pribadi, bisa saja email, sebuah kata sandi, nomor telepon, alamat rumah dan sejenisnya.  Hal ini sangat rentan terjadi peretasan yang dilakukan oleh hacker. 

Kompleksitas

IoT dianggap sangat membantu memudahkan kehidupan manusia. Namun di sisi lain, sistem IoT ternyata memiliki tingkat kerumitan yang cukup tinggi, mulai dari proses pemasangan, desain, penyebaran jaringan hingga pemeliharaan. 

Biaya

Agar sistem IoT dapat terintegrasi dengan baik, maka pengguna harus mengeluarkan sejumlah biaya. Besarnya biaya yang dibutuhkan, tergantung dari seberapa besar skala jaringan IoT yang dibutuhkan. Biaya pemasangan IoT pada rumah tinggal tentu berbeda dengan IoT untuk skala industri.

Konklusi

Rasanya hampir tidak mungkin jika kita bisa lepas dari teknologi dan internet. Kita hanya perlu beradaptasi dengan teknologi yang ada, agar kita bisa memanfaatkannya dengan baik. Kehadiran IoT justru akan mempermudah berbagai aspek kehidupan manusia. Dengan catatan, kita menggunakannya dengan tepat dan bijak.

Demikian artikel yang bisa kami bagikan mengenai apa itu Internet of Things. Semoga bisa menambah wawasan baru, terutama bagi kamu yang belum tau seluk beluk tentang IoT. Jika kamu tertarik ingin mengetahui info seputar teknologi dan internet, kamu bisa mengakses : https://www.susahsinyal.com.

Sumber referensi:
https://www.jagoanhosting.com/blog/pengertian-internet-of-things-iot/