2 Cara Menghapus Akun Instagram dengan Mudah & Praktis

Punya 2 akun Instagram yang tak terpakai atau bosan dengan layanan Instagram? Hapus aja dengan menggunakan cara menghapus akun Instagram berikut ini.
Cara Menghapus Akun Instagram
2 Cara Menghapus Akun Instagram dengan Mudah & Praktis

AdityaTekno.com - Pada dasarnya orang yang sering bermain media sosial terus menerus pasti akan merasakan bosan, entah itu karena sudah merasa lelah atau bisa juga tidak menyukai fitur yang terdapat pada aplikasi tersebut.

Sama halnya dengan Instagram, walaupun aplikasi ini sangat diminati banyak orang tetap saja ada beberapa pengguna memutuskan untuk beristirahat dari dunia Instagram (IG).

Kalau kalian salah satunya, lebih baik menghapus sekalian akun Instagram kalian. Supaya data pribadi seperti foto atau video, tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Ada dua cara yang bisa kalian gunakan, mulai dari menonaktifkan akun yang bersifat sementara waktu saja atau sekalian menghapus akun Instagram secara permanen. Untuk itu, berikut ini cara-caranya:

Cara Menghapus Akun IG Sementara

Cara Menghapus Akun IG Sementara
Cara Menghapus Akun IG Sementara

Bagi pengguna yang ingin berhenti sejenak menggunakan media sosial Instagram, lebih baik akunnya dinonaktifkan sementara daripada di hapus secara permanen. 

Takutnya di lain waktu kalian ingin menggunakan akun itu kembali namun tidak bisa, karena sudah terhapus selamanya.

Seperti yang dikutip dari situs teknologi Thelastsurvivors, berikut ini cara yang bisa kalian gunakan untuk menghapus akun Instagram sementara secara mudah:

1. Login instagram.com dari Browser

Langkah pertama buka browser dari HP / komputer kalian, bisa menggunakan Google Chrome atau Mozilla Firefox

Lalu tuliskan instagram.com di kolom pencarian, setelah terbuka masuklah ke akun IG yang ingin di nonaktifkan sementara.

Untuk penulisan email dan kata sandi jangan sampai salah ya, supaya tidak terjadi pengulangan terus menerus.

2. Buka Menu Edit Profil

Cara Menghapus Akun IG Sementara
Cara Menghapus Akun IG Sementara

Apabila sudah berhasil masuk ke akun Instagram kalian, pergilah ke menu profil. Kemudian klik Edit Profil di sebelah kanan username Instagram kalian.

3. Klik "Nonaktifkan Sementara Akun Saya"

Cara Menghapus Akun IG Sementara
Cara Menghapus Akun IG Sementara

Setelah kalian yakin ingin segera menonaktifkan akun IG yang bersifat sementara waktu saja, bisa scroll kebawah pilih pada bagian Nonaktifkan Sementara Akun Saya di sebelah kanan tombol kirim.

4. Dilanjut dengan Memberikan Alasan

Cara Menghapus Akun IG Sementara
Cara Menghapus Akun IG Sementara

Untuk masalah pemberian alasan, sebenarnya hal ini bisa disesuaikan dengan alasan pengguna mengapa ingin menonaktifkan akun Instagramnya. 

Contoh saja pengguna bisa memilih “Cukup perlu istirahat” atau “Masalah privasi”. Namun, jika alasan kalian tidak terdapat pada kolom pilihan bisa pilih “Hal lainnya”.

Setelah itu kalian dapat menjabarkan alasan sedetail mungkin mengapa ingin menghapus akun.

5. Terakhir, Klik Nonaktifkan Akun Sementara

Kemudian masukan kata sandi untuk melanjutkan proses ini. Kalau memang sudah benar - benar yakin, langkah terakhir klik Akun Dinonaktifkan Sementara.

Ketika kalian sudah menonaktifkan akun Instagram, maka profil, foto, komentar dan like akan disembunyikan hingga kalian mengaktifkan kembali dengan cara login ke akun kalian.

Untuk batasan waktu penghapusan sementara berlangsung selama satu minggu, jadi jika kalian ingin mengaktifkannya kembali harus memulai dari awal kembali.

Cara Menghapus Akun IG Permanen

Lantas bagaimana cara menghapus akun Instagram secara permanen? Sebenarnya mudah kok, karena di pusat bantuan Instagram sendiri sudah menyediakan fitur tersebut.

Tapi alangkah baiknya pikirkan terlebih dahulu, apakah sudah yakin untuk menghapus akun IG secara permanen. Jika memang sudah yakin, bisa mengikuti cara di bawah ini:

Cara Menghapus Akun IG Permanen
Cara Menghapus Akun IG Permanen
  1. Buka link berikut ini Hapus Akun Anda melalui browser yang terdapat pada HP kalian atau juga bisa menggunakan komputer.
  2. Kalau kalian belum login ke Instagram web, maka masuklah dengan akun IG kalian yang ingin di hapus secara permanen.
  3. Kemudian pilih satu alasan Mengapa Anda Ingin Menghapus Akun tersebut. Seperti “Ingin Menghapus Sesuatu” atau “Hal Lainnya”, intinya pada halaman ini terserah penggunanya mau pilih yang mana.
  4. Jika sudah memilih alasannya, setelah itu Masukan Kata Sandi Anda.
  5. Langkah terakhir tekan tombol Hapus Akun.

Setelah akun kalian dihapus, maka semua data seperti foto, video dan lainnya yang terdapat pada Instagram kalian akan hilang selamanya.

Proses penghapusan akun secara permanen akan berlangsung selama 30 hari setelah permintaan hapus akun terkirim. Sebaiknya kalian tidak login kembali selama proses masih berlangsung, karena akan dapat menggagalkan proses tersebut.

Akan tetapi jika kalian berubah pikiran untuk membatalkan penghapusan akun, itu bisa saja. Dengan cara login lagi ke akun IG tersebut sebelum waktu yang telah ditentukan, bisa ke hari 20 atau ke hari 26.

Cukup sekian untuk artikel bagaimana cara menghapus akun Instagram, semoga dapat membantu kalian semua. Seandainya ulasan ini bermanfaat, jangan lupa bagikan kepada teman kalian.