√ Tips Mengganti Template Baru pada Blog Supaya Visitor Tetap Stabil dan Bisa Naik - AdityaTekno

Social Items

Tips Mengganti Template Baru pada Blog Agar Visitor Naik

Welcome back sahabat setia AdityaTekno.com. Dipostingan pada hari ini saya akan berbagi tips mengganti template blog baru agar visitor bisa tetap stabil dan cenderung bisa naik. Mengganti template blog adalah suatu pilihan yang sering dilakukan oleh sebagian banyak orang. Ada berbagai alasan mengapa blogger memilih mengganti template blognya. Mungkin karena template lama dianggap sudah tidak menarik, atau template yang sekarang terlihat lebih menarik dari yang sebelumnya, lebih keren, dan lebih seo friendly.


Hal ini memang sangat wajar, mengingat template menjadi pondasi utama sebuah blog. Maka sudah seharusnya jika sobat perlu memberi perhatian khusus terhadap template yang diguanakan. Jika template blog anda baik dan mempunyai kriteria SEO maka mesin pencari akan lebih menyukainya. Dan blog anda akan lebih gampang ditemukan oleh mesin pencari yang artinya jumlah visitor akan semakin meningkat.

Mengganti template lama dengan template baru sangat mudah dilakukan. Hanya dengan beberapa langkah, template  baru langsung berganti. Ada sebagian blogger yang menganggap mengganti template merupakan suatu hal yang jarang dilakukan. Diantaranya ada yang berpendapat mengganti template blog akan beresiko. Dan akan membuat visitor blog cenderung turun dan bahkan anjlok.

Adajuga yang berpendapat bahwa mengganti template blog akan berdampak negatif terhadap membengkaknya alexa rank sebuah blog. Bahkan juga bisa membingungkan mesin pencari. Munculnya berbagai pendapat tersebut, membuat para blogger (khususnya  yang masih pemula)  enggan mengganti template blog lamanya. Meskipun dalam hati mereka sangat ingin menggantinya. Apalagi melihat template-template terbaru saat ini yang sangat keren-keren.

Apakah berbagai resiko yang timbul karena mengganti template itu benar-benar ada ataukah hanya asumsi belaka? Baiklah, untuk menjawab keraguan sobat blogger saya akan coba membahasnya secara mendalam. Sebenarnya tidak semua blogger yang enggan mengganti templatenya karena adanya asumsi resiko di atas. Sebagian mereka setia dengan template lamanya karena sudah merasa yakin dengan kualitas templatenya.

Ada juga yang sudah naksir banget dengan template yang digunakan saat ini. Atau juga karena tidak ingin repot-repot membenahi berbagai hal dalam template baru. Tapi, menurut saya, semua hal itu ada benarnya ada tidaknya. Misalnya saja mengenai ketakutan utama para blogger ketika ingin mengganti template yaitu mengenai jumlah visitor. Ketika mengganti template, visitor bisa saja anjlok jika cara menggantinya tidak tepat.

Apabila proses penggantiannya benar, jumlah visitor anda tidak akan berkurang. Justru apabila template yang digunakan lebih seo friendly maka jumlah pengunjung akan naik. Hal itu bukan karena masalah penggantian templatenya, melainkan teknik mengganti templatenya yang asal-asalan.  Maka dari itu, silahkan anda baca artikel ini sampai selesai supaya tahu mekanisme mengganti template yang benar.

Untuk masalah mesin pencari yang bingung menemukan blog yang mengganti template lamanya saya rasa ini juga tidak tepat. Saat ini mesin pencari, terutama Google sudah sangat canggih sehingga bisa mencari semua blog ada. Menurut saya, bukan masalah mesin pencari yang bingung menemukan blog sobat yang sedang diganti templatenya melainkan hanya butuh penyesuaian saja karena adanya perubahan beberapa kode, dan itu hanya berlangsung sebentar saja. 

Setelah membaca pemaparan di atas, semoga saja anda sekalian tidak ragu mengganti templatenya. Sebelum masuk ke pembahasan judul artikel ini mengenai Tips Mengganti Template Baru pada Blog Supaya Visitor Tetap Stabil dan Bisa Naik. Saya akan menjelasan terlebih dahulu alasan yang menyebabkan template blog diganti.

Alasan Mengganti Template Blog

Bagi para pemula, mengganti template blog biasanya disebabkan karena bosan dengan tampilan template lama. Yang terlihat hanya seperti itu-itu saja sehingga menginginkan sebuah hal baru yang lebih keren. Namun saya sarankan, ketika sobat mengganti template blog bukan karena ingin mencoba-coba saja. Namun harus disertai alasan yang jelas dan demi kebaikan blog anda.

Berikut adalah rangkuman alasan mengganti template blog:

#1 Loading Blog Melambat

Salah satu ciri blog yang bagus adalah kecepatan loadingnya yang cepat. Semakin cepat loading sebuah blog maka pengunjung akan senang hati mengunjunginya. Sebab dengan mudah bisa membuka semua artikel yang ada dengan cepat. Apalagi orang-orang dizaman sekarang pengennya yang serba cepat dan tidak mau yang lelet. Faktor utama penyebab cepat atau lambatnya loading blog adalah penggunaan template. Sobat bisa lihat ada sebagian blog yang loadingnya sangat lama sekali. 

Hal ini disebabkan karena struktur kode html misalanya javascript atau css berlebihan pada template. Sehingga membebani kecepatan loading blog. Masalah ini sebenarnya bisa segera di atasi dengan cara mengedit template atau mengurangi pengunaan javascript yang berlebihan tersebut.

Namun karena mengedit template bukan suatu hal yang gampang dan dikuasai semua orang, maka dengan mengganti template blog menjadi alternatif termudah meningkatkan kecepatan loading blog.

#2 Naksir atau Suka dengan Template Keluaran Terbaru

Saat ini banyak penyedia template premium dan gratis yang terus menciptakan berbagai template blog dengan desain dan fasilitas baru. Bagi blogger tentu hal ini sangat menggiurkan sekali, terutama bagi mereka yang tidak puas dengan tampilan template lamanya.

Akibatnya mereka merasa kurang yakin dengan template yang dia digunakan sekarang, sehingga ingin terlihat keren seperti tampilan blog-blog yang menggunakan template terbaru.

#3 Struktur Data Template Rusak

Para blogger terkadang jarang sekali melakukan tes terhadap template yang digunakan. Terutama bagi mereka yang menggunakan template hasil download gratis. Didalam template yang digunakan itu, sangat dimungkinkan terdapat struktur data yang rusak dari sejak awal pembuatannya. 

Atau juga bisa rusak lantaran terjadi kesalahan saat mengedit html template ketika anda berusaha memodifikasinya. Maka dari itu, jika ada struktur data yang rusak, mengganti template lama dengan template baru adalah pilihan yang perlu dilakukan.

#4 Algoritma Google Berubah

Adanya perubahan algoritma google membuat para blogger saat ini menyesuaikan diri dengan mengganti template yang digunakannya. Hal ini dilakukan untuk memenuhi tuntutan dari Google melalui algoritma terbarunya itu (mobilegeddon) yang mewajibkan para blogger memakai template yang ramah terhadap pengguna ponsel.

Para blogger harus menyesuaikan diri dengan aturan tersebut. Mereka harus menggunakan template responsive untuk blognya. Jika tidak, sobat akan kehilangan banyak pengunjung yang berasal dari mereka yang menggunakan ponsel. Hal itulah yang menyebabkan banyak blogger segera mengganti template lamanya dengan template baru yang responsive ketika dibuka dengan dekstop maupun mobile.

Tips Mengganti Template Baru pada Blog Agar Visitor Tetap Stabil dan Bisa Naik

Ketika mengganti template blog, anda tidak boleh sembarangan atau asal-asalan. Anda juga harus memperhatikan berbagai hal, agar berdampak positif terhadap peforma blog.

Berikut mengenai Tips Mengganti Template Baru pada Blog Agar Visitor Tetap Stabil dan Bisa Naik.

1. Pilih Template yang Berkualitas

Saat ini banyak template blog yang dapat anda download dengan sangat mudah. Anda bisa memilih menggunakan template gratisan atau yang berbayar alias premium. Keduanya mempunai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Tetapi sebelum anda menggunakannya, alangkah baiknya pastikan template yang dipilih tersebut merupakan template yang berkualitas.

Adapun ciri-ciri template berkualitas adalah sebagai berikut:

  • Mobile Friendly

Template yang mobile firendly adalah ciri template berkualitas yang pertama. Saat ini template harus bisa menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan pengunjung saat membuka blog. Tampilan blog harus bisa menyesuaikan dengan lebar layar perangkat pengguna, tanpa harus melakukan scroll ke kanan dan kiri. Hal ini sangat penting, apalagi mobile friendly menjadi google ranking faktor yang akan berpengaruh terhadap posisi blog di hasil pencarian.

  • Ringan

Template ringan adalah template yang loadingnya cepat. Semakin ringan loading blog maka semakin baik pula template blog. Loading speed sendiri juga masuk dalam bagian google ranking faktor yang akan berpengaruh terhadap peringkat blog.

  • Responsive

Yang dimaksud  dengan Template responsive adalah template yang tampilannya secara otomatis akan menyesuaikan dengan ukuran lebar layar pengguna yang sedang menganksesnya. Sehingga mereka tidak perlu menggeser layar ke kanan dan ke kiri.

  • Ukuran File Template Kecil

File template yang memiliki ukuran kecil berarti mempunyai kode template yang baik. Hal ini akan berpengaruh terhadap kecepatan loading blog. Semakin kecil ukuran file template maka akan semakin baik.

  • Mempunyai Struktur Data yang Baik

Struktur data template (kendati bukan menjadi faktor seo) akan membantu mesin google untuk menampilkan informasi dari bog sobat dengan lebih baik sewaktu ditemukan pada hasil pencarian. Hal ini secara tidak langsung berhubungan dengan SEO.

2. Backup Template Lama

Sebelum melakukan penggatian template baru, silahkan terlebih dahulu sobat melakukan backup terhadap template lama. 

Tujuannya adalah jika sewaktu-waktu terjadi kesalahan dalam proses penggantian template yang tidak dapat diatasi maka anda bisa segera mengembalikan blog anda ke template yang lama tadi.

3. Pindahkan Semua Kode Penting

Kode-kode penting di dalam blog anda harus dipindahkan terlebih dahulu sebelum melakukan penggantian template. Nanti kode tersebut bisa anda pasang kembali di dalam template baru.

Biasanya kode-kode penting di dalam blog terletak di antara kode <head> dan </head> yang bisa sobat lihat sendiri di dalam kode template. Kode tersebut sangat penting karena menyimpan berbagai informasi penting yang bisa dipahami oleh google bot (robot mesin pencari).

Adapun kode penting blog itu adalah sebagai berikut:

  • Meta Tag

Meta tag template yang baru harus sama dengan template lama.

  • Kode Verifikasi Webmaster

Kemudian anda jangan sampai lupa memindahkan kode verifikasi webmaster tool template blog lama ke template baru.

  • Kode Twittercard dan Opengraph Jika Ada

Untuk mempermudah memindahkan kedua hal tersebut caranya adalah dengan membuka dashbor blog editor html template yang lama. Selanjutnya bukalah template blog baru dengan menggunakan aplikasi notepad. 

Kemudian sobat silahkan pindahkan berbagai kode penting yang berasal dari template blog lama ke template blog baru. Selanjutnya jangan lupa disimpan.

4. Simpan Kode HTML Widget Penting

Berbagai kode html widget di template lama perlu sobat simpan terlebih dahulu seperti, histast, alexa dan berbagai widget lainnya. Sehingga bisa sobat pasang di template baru.

5. Salin Kode ID Media Sosial

Jika sobat memasang media sosial di dalam blog maka harus di salin terlebih dahulu. Seperti ID Facebook untuk fanspage, ID Admin Facebook, ID Google plus, twitter dan lain sebagainya.

6. Uji Coba Template Baru

Sebelum anda menggunakan template baru tersebut, dianjurkan untuk menguji coba terlebih dahulu. Tujuannya untuk memastikan template yang digunakan tersebut telah bekerja dengan baik. Cara uji cobanya adalah dengan memanfaatkan blog anda yang khusus untuk digunakan sebagai uji coba.

7. Gantilah Template Waktu Pengunjung Sedang Sepi

Apabila anda mengganti template, lakukanlah pada jam-jam sepi pengunjung. Mulai sekitar pukul 1 sampai dengan 4 dini hari. Tujuannya adalah supaya dalam proses penggantian template berlangsung tak mengganggu kenyamanan pengunjung. 

Selain itu, google index biasanya sangat intensi saat jam pengunjung sedang banyak-banyaknya.  Saat pengunjung sepi, google bot yang melakukan index terhadap template bekerja agak lambat.

Usahakan ketika mengganti template secepat mungkin, supaya tidak berpengaruh terhadap pengalaman pengguna yang sedang mengakses blog sobat. Untuk cara mengganti template bisa dilakukan secara manual dengan mengcopy html blog baru ke dalam dashbor html editor template lama. Atau juga bisa dengan menggunakan fitur ganti template di dalam blog.

8. Update Artikel Secara Teratur

Setelah sobat mengganti template, sangat dianjurkan untuk teratur melakukan posting artikel yang original. Hal ini dimaksudkan agar google bot sering datang dan mengindex berbagai bagian penting di dalam template blog baru anda.

Sebelum mengganti template, alangkah baiknya jika anda mempersiapkan beberapa artikel yang siap untuk diposting. Sehingga ketika ada pergantian template baru sobat bisa secara teratur mengupdate artikel.


Kesimpulan

Jika ke-8 tips di atas sudah anda terapkan semuanya, barulah template yang baru boleh diupload menggantikan template yang lama. Gunakan juga fitur preview untuk dapat melihat hasilnya terlebih dahulu sebelum disimpan. Jika semuanya sudah bekerja dengan baik baru kemudian disimpan.



Saya tegaskan kembali mengganti template memiliki dampak negatif (resiko) terhadap blog, tapi menurut saya adalah hal itu tidak benar sepenuhnya. Jika selama proses mengganti template blog lama dengan template blog baru dilakukan dengan benar, maka akan berbuah menjadi positif bagi bog anda.



Berdasarkan pengalaman saya sendiri, ketika melakukan penggantian template blog baru yang di dalamnya terdapat struktur html yang benar maka akan meningkatkan trafik pengunjung blog. Contohnya saja blog ini sudah saya ganti template beberapa kali, dan yang terakhir ini malah pengunjung semakin meningkat.



Tapi, ada tapinya, apa itu? Janganlah anda sering mengganti tempalate. Apabila template yang anda gunakan sudah bagus, maka gunakan template itu saja.

Demikian Tips Mengganti Template Baru pada Blog Supaya Visitor Tetap Stabil dan Bisa Naik. Semoga tips yang saya bagikan ini bermanfaat dan menjadi gambaran ketika ingin mengganti template yang baru. Godd luck dan sampai jumpa dipostingan selanjutnya. Salam AdityaTekno.com.


sumber:
http://www.akarseo.my.id/2017/01/8-tips-mengganti-template-supaya-visitor-naik.html

Tips Mengganti Template Baru pada Blog Supaya Visitor Tetap Stabil dan Bisa Naik

Tips Mengganti Template Baru pada Blog Agar Visitor Naik

Welcome back sahabat setia AdityaTekno.com. Dipostingan pada hari ini saya akan berbagi tips mengganti template blog baru agar visitor bisa tetap stabil dan cenderung bisa naik. Mengganti template blog adalah suatu pilihan yang sering dilakukan oleh sebagian banyak orang. Ada berbagai alasan mengapa blogger memilih mengganti template blognya. Mungkin karena template lama dianggap sudah tidak menarik, atau template yang sekarang terlihat lebih menarik dari yang sebelumnya, lebih keren, dan lebih seo friendly.


Hal ini memang sangat wajar, mengingat template menjadi pondasi utama sebuah blog. Maka sudah seharusnya jika sobat perlu memberi perhatian khusus terhadap template yang diguanakan. Jika template blog anda baik dan mempunyai kriteria SEO maka mesin pencari akan lebih menyukainya. Dan blog anda akan lebih gampang ditemukan oleh mesin pencari yang artinya jumlah visitor akan semakin meningkat.

Mengganti template lama dengan template baru sangat mudah dilakukan. Hanya dengan beberapa langkah, template  baru langsung berganti. Ada sebagian blogger yang menganggap mengganti template merupakan suatu hal yang jarang dilakukan. Diantaranya ada yang berpendapat mengganti template blog akan beresiko. Dan akan membuat visitor blog cenderung turun dan bahkan anjlok.

Adajuga yang berpendapat bahwa mengganti template blog akan berdampak negatif terhadap membengkaknya alexa rank sebuah blog. Bahkan juga bisa membingungkan mesin pencari. Munculnya berbagai pendapat tersebut, membuat para blogger (khususnya  yang masih pemula)  enggan mengganti template blog lamanya. Meskipun dalam hati mereka sangat ingin menggantinya. Apalagi melihat template-template terbaru saat ini yang sangat keren-keren.

Apakah berbagai resiko yang timbul karena mengganti template itu benar-benar ada ataukah hanya asumsi belaka? Baiklah, untuk menjawab keraguan sobat blogger saya akan coba membahasnya secara mendalam. Sebenarnya tidak semua blogger yang enggan mengganti templatenya karena adanya asumsi resiko di atas. Sebagian mereka setia dengan template lamanya karena sudah merasa yakin dengan kualitas templatenya.

Ada juga yang sudah naksir banget dengan template yang digunakan saat ini. Atau juga karena tidak ingin repot-repot membenahi berbagai hal dalam template baru. Tapi, menurut saya, semua hal itu ada benarnya ada tidaknya. Misalnya saja mengenai ketakutan utama para blogger ketika ingin mengganti template yaitu mengenai jumlah visitor. Ketika mengganti template, visitor bisa saja anjlok jika cara menggantinya tidak tepat.

Apabila proses penggantiannya benar, jumlah visitor anda tidak akan berkurang. Justru apabila template yang digunakan lebih seo friendly maka jumlah pengunjung akan naik. Hal itu bukan karena masalah penggantian templatenya, melainkan teknik mengganti templatenya yang asal-asalan.  Maka dari itu, silahkan anda baca artikel ini sampai selesai supaya tahu mekanisme mengganti template yang benar.

Untuk masalah mesin pencari yang bingung menemukan blog yang mengganti template lamanya saya rasa ini juga tidak tepat. Saat ini mesin pencari, terutama Google sudah sangat canggih sehingga bisa mencari semua blog ada. Menurut saya, bukan masalah mesin pencari yang bingung menemukan blog sobat yang sedang diganti templatenya melainkan hanya butuh penyesuaian saja karena adanya perubahan beberapa kode, dan itu hanya berlangsung sebentar saja. 

Setelah membaca pemaparan di atas, semoga saja anda sekalian tidak ragu mengganti templatenya. Sebelum masuk ke pembahasan judul artikel ini mengenai Tips Mengganti Template Baru pada Blog Supaya Visitor Tetap Stabil dan Bisa Naik. Saya akan menjelasan terlebih dahulu alasan yang menyebabkan template blog diganti.

Alasan Mengganti Template Blog

Bagi para pemula, mengganti template blog biasanya disebabkan karena bosan dengan tampilan template lama. Yang terlihat hanya seperti itu-itu saja sehingga menginginkan sebuah hal baru yang lebih keren. Namun saya sarankan, ketika sobat mengganti template blog bukan karena ingin mencoba-coba saja. Namun harus disertai alasan yang jelas dan demi kebaikan blog anda.

Berikut adalah rangkuman alasan mengganti template blog:

#1 Loading Blog Melambat

Salah satu ciri blog yang bagus adalah kecepatan loadingnya yang cepat. Semakin cepat loading sebuah blog maka pengunjung akan senang hati mengunjunginya. Sebab dengan mudah bisa membuka semua artikel yang ada dengan cepat. Apalagi orang-orang dizaman sekarang pengennya yang serba cepat dan tidak mau yang lelet. Faktor utama penyebab cepat atau lambatnya loading blog adalah penggunaan template. Sobat bisa lihat ada sebagian blog yang loadingnya sangat lama sekali. 

Hal ini disebabkan karena struktur kode html misalanya javascript atau css berlebihan pada template. Sehingga membebani kecepatan loading blog. Masalah ini sebenarnya bisa segera di atasi dengan cara mengedit template atau mengurangi pengunaan javascript yang berlebihan tersebut.

Namun karena mengedit template bukan suatu hal yang gampang dan dikuasai semua orang, maka dengan mengganti template blog menjadi alternatif termudah meningkatkan kecepatan loading blog.

#2 Naksir atau Suka dengan Template Keluaran Terbaru

Saat ini banyak penyedia template premium dan gratis yang terus menciptakan berbagai template blog dengan desain dan fasilitas baru. Bagi blogger tentu hal ini sangat menggiurkan sekali, terutama bagi mereka yang tidak puas dengan tampilan template lamanya.

Akibatnya mereka merasa kurang yakin dengan template yang dia digunakan sekarang, sehingga ingin terlihat keren seperti tampilan blog-blog yang menggunakan template terbaru.

#3 Struktur Data Template Rusak

Para blogger terkadang jarang sekali melakukan tes terhadap template yang digunakan. Terutama bagi mereka yang menggunakan template hasil download gratis. Didalam template yang digunakan itu, sangat dimungkinkan terdapat struktur data yang rusak dari sejak awal pembuatannya. 

Atau juga bisa rusak lantaran terjadi kesalahan saat mengedit html template ketika anda berusaha memodifikasinya. Maka dari itu, jika ada struktur data yang rusak, mengganti template lama dengan template baru adalah pilihan yang perlu dilakukan.

#4 Algoritma Google Berubah

Adanya perubahan algoritma google membuat para blogger saat ini menyesuaikan diri dengan mengganti template yang digunakannya. Hal ini dilakukan untuk memenuhi tuntutan dari Google melalui algoritma terbarunya itu (mobilegeddon) yang mewajibkan para blogger memakai template yang ramah terhadap pengguna ponsel.

Para blogger harus menyesuaikan diri dengan aturan tersebut. Mereka harus menggunakan template responsive untuk blognya. Jika tidak, sobat akan kehilangan banyak pengunjung yang berasal dari mereka yang menggunakan ponsel. Hal itulah yang menyebabkan banyak blogger segera mengganti template lamanya dengan template baru yang responsive ketika dibuka dengan dekstop maupun mobile.

Tips Mengganti Template Baru pada Blog Agar Visitor Tetap Stabil dan Bisa Naik

Ketika mengganti template blog, anda tidak boleh sembarangan atau asal-asalan. Anda juga harus memperhatikan berbagai hal, agar berdampak positif terhadap peforma blog.

Berikut mengenai Tips Mengganti Template Baru pada Blog Agar Visitor Tetap Stabil dan Bisa Naik.

1. Pilih Template yang Berkualitas

Saat ini banyak template blog yang dapat anda download dengan sangat mudah. Anda bisa memilih menggunakan template gratisan atau yang berbayar alias premium. Keduanya mempunai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Tetapi sebelum anda menggunakannya, alangkah baiknya pastikan template yang dipilih tersebut merupakan template yang berkualitas.

Adapun ciri-ciri template berkualitas adalah sebagai berikut:

  • Mobile Friendly

Template yang mobile firendly adalah ciri template berkualitas yang pertama. Saat ini template harus bisa menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan pengunjung saat membuka blog. Tampilan blog harus bisa menyesuaikan dengan lebar layar perangkat pengguna, tanpa harus melakukan scroll ke kanan dan kiri. Hal ini sangat penting, apalagi mobile friendly menjadi google ranking faktor yang akan berpengaruh terhadap posisi blog di hasil pencarian.

  • Ringan

Template ringan adalah template yang loadingnya cepat. Semakin ringan loading blog maka semakin baik pula template blog. Loading speed sendiri juga masuk dalam bagian google ranking faktor yang akan berpengaruh terhadap peringkat blog.

  • Responsive

Yang dimaksud  dengan Template responsive adalah template yang tampilannya secara otomatis akan menyesuaikan dengan ukuran lebar layar pengguna yang sedang menganksesnya. Sehingga mereka tidak perlu menggeser layar ke kanan dan ke kiri.

  • Ukuran File Template Kecil

File template yang memiliki ukuran kecil berarti mempunyai kode template yang baik. Hal ini akan berpengaruh terhadap kecepatan loading blog. Semakin kecil ukuran file template maka akan semakin baik.

  • Mempunyai Struktur Data yang Baik

Struktur data template (kendati bukan menjadi faktor seo) akan membantu mesin google untuk menampilkan informasi dari bog sobat dengan lebih baik sewaktu ditemukan pada hasil pencarian. Hal ini secara tidak langsung berhubungan dengan SEO.

2. Backup Template Lama

Sebelum melakukan penggatian template baru, silahkan terlebih dahulu sobat melakukan backup terhadap template lama. 

Tujuannya adalah jika sewaktu-waktu terjadi kesalahan dalam proses penggantian template yang tidak dapat diatasi maka anda bisa segera mengembalikan blog anda ke template yang lama tadi.

3. Pindahkan Semua Kode Penting

Kode-kode penting di dalam blog anda harus dipindahkan terlebih dahulu sebelum melakukan penggantian template. Nanti kode tersebut bisa anda pasang kembali di dalam template baru.

Biasanya kode-kode penting di dalam blog terletak di antara kode <head> dan </head> yang bisa sobat lihat sendiri di dalam kode template. Kode tersebut sangat penting karena menyimpan berbagai informasi penting yang bisa dipahami oleh google bot (robot mesin pencari).

Adapun kode penting blog itu adalah sebagai berikut:

  • Meta Tag

Meta tag template yang baru harus sama dengan template lama.

  • Kode Verifikasi Webmaster

Kemudian anda jangan sampai lupa memindahkan kode verifikasi webmaster tool template blog lama ke template baru.

  • Kode Twittercard dan Opengraph Jika Ada

Untuk mempermudah memindahkan kedua hal tersebut caranya adalah dengan membuka dashbor blog editor html template yang lama. Selanjutnya bukalah template blog baru dengan menggunakan aplikasi notepad. 

Kemudian sobat silahkan pindahkan berbagai kode penting yang berasal dari template blog lama ke template blog baru. Selanjutnya jangan lupa disimpan.

4. Simpan Kode HTML Widget Penting

Berbagai kode html widget di template lama perlu sobat simpan terlebih dahulu seperti, histast, alexa dan berbagai widget lainnya. Sehingga bisa sobat pasang di template baru.

5. Salin Kode ID Media Sosial

Jika sobat memasang media sosial di dalam blog maka harus di salin terlebih dahulu. Seperti ID Facebook untuk fanspage, ID Admin Facebook, ID Google plus, twitter dan lain sebagainya.

6. Uji Coba Template Baru

Sebelum anda menggunakan template baru tersebut, dianjurkan untuk menguji coba terlebih dahulu. Tujuannya untuk memastikan template yang digunakan tersebut telah bekerja dengan baik. Cara uji cobanya adalah dengan memanfaatkan blog anda yang khusus untuk digunakan sebagai uji coba.

7. Gantilah Template Waktu Pengunjung Sedang Sepi

Apabila anda mengganti template, lakukanlah pada jam-jam sepi pengunjung. Mulai sekitar pukul 1 sampai dengan 4 dini hari. Tujuannya adalah supaya dalam proses penggantian template berlangsung tak mengganggu kenyamanan pengunjung. 

Selain itu, google index biasanya sangat intensi saat jam pengunjung sedang banyak-banyaknya.  Saat pengunjung sepi, google bot yang melakukan index terhadap template bekerja agak lambat.

Usahakan ketika mengganti template secepat mungkin, supaya tidak berpengaruh terhadap pengalaman pengguna yang sedang mengakses blog sobat. Untuk cara mengganti template bisa dilakukan secara manual dengan mengcopy html blog baru ke dalam dashbor html editor template lama. Atau juga bisa dengan menggunakan fitur ganti template di dalam blog.

8. Update Artikel Secara Teratur

Setelah sobat mengganti template, sangat dianjurkan untuk teratur melakukan posting artikel yang original. Hal ini dimaksudkan agar google bot sering datang dan mengindex berbagai bagian penting di dalam template blog baru anda.

Sebelum mengganti template, alangkah baiknya jika anda mempersiapkan beberapa artikel yang siap untuk diposting. Sehingga ketika ada pergantian template baru sobat bisa secara teratur mengupdate artikel.


Kesimpulan

Jika ke-8 tips di atas sudah anda terapkan semuanya, barulah template yang baru boleh diupload menggantikan template yang lama. Gunakan juga fitur preview untuk dapat melihat hasilnya terlebih dahulu sebelum disimpan. Jika semuanya sudah bekerja dengan baik baru kemudian disimpan.



Saya tegaskan kembali mengganti template memiliki dampak negatif (resiko) terhadap blog, tapi menurut saya adalah hal itu tidak benar sepenuhnya. Jika selama proses mengganti template blog lama dengan template blog baru dilakukan dengan benar, maka akan berbuah menjadi positif bagi bog anda.



Berdasarkan pengalaman saya sendiri, ketika melakukan penggantian template blog baru yang di dalamnya terdapat struktur html yang benar maka akan meningkatkan trafik pengunjung blog. Contohnya saja blog ini sudah saya ganti template beberapa kali, dan yang terakhir ini malah pengunjung semakin meningkat.



Tapi, ada tapinya, apa itu? Janganlah anda sering mengganti tempalate. Apabila template yang anda gunakan sudah bagus, maka gunakan template itu saja.

Demikian Tips Mengganti Template Baru pada Blog Supaya Visitor Tetap Stabil dan Bisa Naik. Semoga tips yang saya bagikan ini bermanfaat dan menjadi gambaran ketika ingin mengganti template yang baru. Godd luck dan sampai jumpa dipostingan selanjutnya. Salam AdityaTekno.com.


sumber:
http://www.akarseo.my.id/2017/01/8-tips-mengganti-template-supaya-visitor-naik.html
Load Comments

Dapatkan Artikel Tips AdSense, Blogging, SEO setiap harinya.

Notifications

Disqus Logo