√ 20 Fakta Unik dan Menarik tentang Australia yang Harus Kamu Ketahui - AdityaTekno

Social Items

Fakta Unik dan Menarik tentang Australia
Fakta Unik dan Menarik tentang Australia yang Harus Kamu Ketahui – Welcome back sahabat AdityaTekno.com, ini adalah postingan pertama di tahun 2019. Kali ini saya akan membahas hal-hal menarik dan unik tentang Australia. 


Australia merupakan negara persemakmuran Inggris. Australia adalah salah satu negara yang penuh dengan keunikan dan menarik untuk dikunjungi. Salah satu yang unik di negara ini adalah ternyata penduduk negara ini awalnya adalah suku Aborigin yang berasal dari Irian Jaya. Tidak heran banyak kesamaan antara penduduk asli Australia dan papua.

Meski negara persemakmuran, bukan berarti Australia negara kecil. Dengan menempati wilayah seluas 7.686.850 km2 maka Australia adalah salah satu negara yang paling luas nomor 6 didunia setelah Brazil.

Dan hampir setiap harinya kita akan menemukan peristiwa menarik. Sebagian contohnya, populasi domba di Australia dua kali lebih besar dibandingkan manusia dan jumlah kanguru satu setengah kali lebih banyak dari domba. 

Selain itu, kamu bakal menemukan banyak sekali pantai baru. Bahkan dalam waktu 15 tahun, mungkin kamu hanya bisa mengunjungi setengah dari total pantai.

Australia memang negara yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Banyak hal-hal tak terduga ada di Australia. Apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini:

1. Salju lebih banyak turun di Pegunungan Australia daripada di Swiss


Di Sidney, salju terakhir terlihat pada tahun 1836. Akan tetapi, salju masih bisa ditemukan di beberapa tempat. Salah satunya di Pegunungan Alpen yang membentang melewati New South Wales dan Victoria. Musim ski di sini berlangsung dari bulan Juni sampai Oktober.

2. Seperempat populasi penduduk adalah Imigran


Menurut statistik, 28,5 persen warga Australia berasal dari luar negeri. Sebagian besar dari imigran ini berasal dari Inggris, Selandia Baru, China dan India.

3. Di Victoria, hanya Tukang Listrik yang boleh mengganti Bola Lampu


Ada suatu peraturan aneh yang masih diterapkan di Australia. Hanya untuk mengganti bola lampu, di Victoria, harus dilakukan oleh tukang listrik berlisensi atau memiliki izin dari pemerintah. Tidak hanya untuk gedung-gedung umum tetapi juga berlaku bagi rumah milik pribadi.

Hukuman jika melanggar peraturan diatas yaitu dikenakan denda $20. Peraturan yang aneh ini masih berlaku hingga sekarang. Pasalnya Australia memiliki standard listrik yang telah di tetapkan dan karena alasan keselamatan.

4. Australia mengekspor unta ke Saudi Arabia


Negara yang selama ini terkenal dengan kota unta ternyata masih membutuhkan import unta dari negeri tetangga. Unta asal Australia, diberangkatkan dari kota pelabuhan Australia, Darwin dengan tujuan tiba di Saudi Arabia yang jumlahnya mencapai ribuan unta.

Saudi Arabia membutuhkan kiriman unta dari Australia untuk dikonsumsi, karena Saudi Arabia fokus pada pengembang biakan domestik dan untuk adu kecepatan unta.

5. Hampir semua hewan mematikan ada di Australia


Ular berbisa, hiu, dan anjing liar adalah ancaman serius jika kamu berpetualang di alam liar Australia. Tidak itu saja, sinar matahari juga jadi musuh bagi manusia.

Orang Australia paling takut dengan sinar matahari. Sebab, UV-index di sini adalah 10 kali lebih tinggi daripada di Eropa. Artinya, setelah 30 menit berjalan di bawah matahari, kamu bisa mengalami sunburn (terbakar matahari) bahkan lebih buruk lagi, kanker kulit.

6. Keanehan Danau merah muda


Sangat mengejutkan, ada danau berwarna merah muda dipulau kecil Australia bagian Barat yang dikelilingi bukit pasir dan hutan lebat dengan ukuran mencapai 600 meter. Warna pink danau ini bukanlah rekayasa cahaya namun benar-benar nyata.

Suatu hipotesis mengatakan bahwa hal yang mempengaruhi perubahan warna air ini adalah kandungan kadar garam yang membuat alga dan archaea untuk memuculkan corak air merah muda yang permanent pada air. Hal ini dapat dibuktikan dengan mengambil air dari danau ini secara langsung. Fakta menunjukkan bahwa kadar garam didanau pink ini mencapai sepuluh kali lipat kadar garam laut.

7. Tempat lahirnya sepatu boots UGG


Amerika adalah negara pertama mematenkan merek sepatu boots UGG. Tetapi, sepatu itu sebenarnya dibuat pertama kali di Australia. Petani dan peternak telah memakainya sejak awal abad ke-20.

Sekarang sepatu seperti itu dipakai baik di luar maupun di dalam rumah. Kenapa di dalam rumah? Karena rumah di sini sangat dingin. Sepatu boots dapat membantu mereka tetap hangat.

8. Jalan Raya yang panjang dan membosankan


Beberapa jalan di Australia begitu panjang dan membosankan. Sampai-sampai, otoritas setempat memasang tanda lalu lintas berisi tebakan untuk menghibur mereka yang berkendara.

9. Emu bird, maju pantang mundur


Burung yang satu ini merupakan jenis burung besar ke-2 di dunia setelah burung Ostrich. Banyak keunikan pada burung yang tidak dapat terbang ini. Salah satu keunikan burung ini adalah arah jalan yang selalu berjalan maju alias tidak pernah bisa berjalan mundur.

Tidak heran jika burung Emu dijadikan simbol Negara Australia selain kangguru yang dijumpai di emblem-emblem kenegaraan. Burung yang beratnya dapat mencapai 55 kilogram ini memiliki makna filosofis tersendiri, yaitu agar Negara Australia selalu maju dan pantang mundur.

10. “never never river” di Australia


Danau yang terletak di perbatasan bagian utara tengah New South Wales, Australia, ini memiliki panjang hingga 9 kilometer dengan kedalaman 210 kaki dengan genangan air yang tenang dengan pemandangan yang indah, sejuk nan sepoi-sepoi.

Konon katanya, danau ini dianggap sebagai tempat gaib yang dapat memunculkan segala kemungkinan, dan siapa saja yang berkunjung ke tempat ini akan merasakan seperti segala hal dapat saja terjadi. Ingin buktikan? Berkunjunglah, dan tempat ini akan menjadi tempat yang takkan pernah terlupakan.

11. Tingkat Tunjangan Sosial sangat tinggi


Jika memiliki keluarga besar dengan empat atau lima anak, kamu berhak dapat uang tunjangan yang jumlahnya bisa membuatmu tidak perlu bekerja. Pemerintah membayar tunjangan itu untuk anak-anak di bawah usia 16 tahun. Kadang-kadang sampai usia 19 tahun.

12. Ada tempat BBQ di setiap taman


Hampir disetiap taman, ada kompor listrik atau kompor gas gratis untuk memasak steak, sosis, dan makanan lezat lainnya. Orang Australia suka piknik dan mereka lebih menyukai makanan laut. Mereka suka memasak udang, tiram, dan lobster.

13. Kota “batmania”


Salah satu kota sibuk di Australia yang kini bernama resmi Melbourne, dahulu memiliki julukan kota ‘batmania’. Kata batman ini juga dijadikan salah satu nama jalan dan taman di Melbourne untuk menghormati pendahulunya yang bernama John Batman.

Selain memang berjuluk batmania, Australia juga merupakan surga bagi kelalawar karena di Australia hidup jutaan kelalawar dengan status dilindungi dan kita bisa melihatnya pada pohon-pohon disepanjang jalan.

14. 75% Spesies yang hidup di Australia tidak diketahui oleh manusia


Ada berbagai macam makhluk hidup yang singgah dan tinggal di benua multiculture yang unik ini. Diketahui masih sekian makhluk hidup yang telah diketahui dan diklasifikasikan dalam kelompok burung, mamalia, reptile, dan lain sebagainya.

Menurut Horwitz et al. (1999) menyatakan bahwa lebih dari sepuluh juta spesies yang telah diketahui ada di Benua Australia. Namun ternyata masih 75% nya lagi belum diketahui, alias masih dalam penelitian para ahli. Cocok banget nih bagi para pecinta hewan, peneliti species makhluk hidup, dan yang menyukai tantangan, ini bisa menjadi ladang yang bagus untuk dijelajahi sobat.

15. Negeri Patung Raksasa


Ada 150 patung raksasa di seluruh Australia. Patung-patung itu disebut perangkap turis. Bentuknya macam-macam mulai hewan, makanan, dan benda-benda lain ditempatkan di sepanjang jalan untuk menarik perhatian wisatawan.

16. Uang Plastik


Sejak 1988, uang kertas Australia dibuat dari plastik polimer khusus. Meskipun lebih sulit diproduksi, uang plastik lebih tahan lama. Fakta menarik lainnya yaitu, jika kamu menyobek lembaran 10 dolar menjadi dua bagian, masing-masing lembar dinilai 5 dolar. Masih bisa untuk jajan. Hehe.

17. Tidak mencoblos saat Pemilu kena Denda


Jika kamu sudah berusia 18 tahun dan melewatkan pemilihan umum tanpa alasan yang jelas, kamu harus membayar denda 20-50 dolar Australia, setara Rp210 ribu-Rp523 ribu.

18. Gunung kekecewaan (Mt. Disappointment)


Gunung yang satu ini merupakan salah satu jenis gunung yang menyerupai bukit-bukit berpuncak. Gunung ini terletak di hutan daerah Victoria Selatan. Puncak gunung yang mencapai ketinggian hingga 800 meter atau 2600 kaki ini berjarak 60 kilometer dari Melbourne, Victoria, Australia.

Sejak 1885, gunung ini dilindungi sebagai bagian dari Kinglake National Park. Gunung ini yang biasa dijuluki gunung kekecewaan atau dalam bahasa inggris mereka menyebutnya dengan Mt. Disappointment.

19. Enam dari 10 Ular paling beracun di Dunia hidup di Australia


Coastal Taipan dianggap sebagai salah satu ular paling beracun di dunia. Didalam taring Taipan sepanjang 13 milimeter terdapat 120 miligram racun yang dapat membunuh korban dalam waktu 4-12 jam. Manusia hanya bertahan hidup sekitar satu hari setelah digigit.

20. Hobi Menyingkat Kata


Karena malas mengucapkan kata seluruhnya, kata Barbie yang seharusnya boneka, bagi orang Australia memiliki arti Barbekyu. Bahkan menyebut diri mereka sendiri, orang Australia akan mengatakan Aussie.

Beberapa kata yang suka disingkat oleh orang Australia di antaranya adalah Good Day jadi G'Day, Brisbane jadi Brissie, Barbekyu jadi Barbie, dan Football jadi Footie.

Demikian fakta menarik dan unik tentang Australia yang bisa saya sampaikan. Semoga ulasan berikut bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk kalian semua sahabat AdityaTekno.COM. Sampai jumpa dipostingan selanjutnya. Salam AdityaTekno.COM.


sumber referensi:
http://bit.ly/2EYINEh
http://bit.ly/2CK3aCQ

20 Fakta Unik dan Menarik tentang Australia yang Harus Kamu Ketahui

Fakta Unik dan Menarik tentang Australia
Fakta Unik dan Menarik tentang Australia yang Harus Kamu Ketahui – Welcome back sahabat AdityaTekno.com, ini adalah postingan pertama di tahun 2019. Kali ini saya akan membahas hal-hal menarik dan unik tentang Australia. 


Australia merupakan negara persemakmuran Inggris. Australia adalah salah satu negara yang penuh dengan keunikan dan menarik untuk dikunjungi. Salah satu yang unik di negara ini adalah ternyata penduduk negara ini awalnya adalah suku Aborigin yang berasal dari Irian Jaya. Tidak heran banyak kesamaan antara penduduk asli Australia dan papua.

Meski negara persemakmuran, bukan berarti Australia negara kecil. Dengan menempati wilayah seluas 7.686.850 km2 maka Australia adalah salah satu negara yang paling luas nomor 6 didunia setelah Brazil.

Dan hampir setiap harinya kita akan menemukan peristiwa menarik. Sebagian contohnya, populasi domba di Australia dua kali lebih besar dibandingkan manusia dan jumlah kanguru satu setengah kali lebih banyak dari domba. 

Selain itu, kamu bakal menemukan banyak sekali pantai baru. Bahkan dalam waktu 15 tahun, mungkin kamu hanya bisa mengunjungi setengah dari total pantai.

Australia memang negara yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Banyak hal-hal tak terduga ada di Australia. Apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini:

1. Salju lebih banyak turun di Pegunungan Australia daripada di Swiss


Di Sidney, salju terakhir terlihat pada tahun 1836. Akan tetapi, salju masih bisa ditemukan di beberapa tempat. Salah satunya di Pegunungan Alpen yang membentang melewati New South Wales dan Victoria. Musim ski di sini berlangsung dari bulan Juni sampai Oktober.

2. Seperempat populasi penduduk adalah Imigran


Menurut statistik, 28,5 persen warga Australia berasal dari luar negeri. Sebagian besar dari imigran ini berasal dari Inggris, Selandia Baru, China dan India.

3. Di Victoria, hanya Tukang Listrik yang boleh mengganti Bola Lampu


Ada suatu peraturan aneh yang masih diterapkan di Australia. Hanya untuk mengganti bola lampu, di Victoria, harus dilakukan oleh tukang listrik berlisensi atau memiliki izin dari pemerintah. Tidak hanya untuk gedung-gedung umum tetapi juga berlaku bagi rumah milik pribadi.

Hukuman jika melanggar peraturan diatas yaitu dikenakan denda $20. Peraturan yang aneh ini masih berlaku hingga sekarang. Pasalnya Australia memiliki standard listrik yang telah di tetapkan dan karena alasan keselamatan.

4. Australia mengekspor unta ke Saudi Arabia


Negara yang selama ini terkenal dengan kota unta ternyata masih membutuhkan import unta dari negeri tetangga. Unta asal Australia, diberangkatkan dari kota pelabuhan Australia, Darwin dengan tujuan tiba di Saudi Arabia yang jumlahnya mencapai ribuan unta.

Saudi Arabia membutuhkan kiriman unta dari Australia untuk dikonsumsi, karena Saudi Arabia fokus pada pengembang biakan domestik dan untuk adu kecepatan unta.

5. Hampir semua hewan mematikan ada di Australia


Ular berbisa, hiu, dan anjing liar adalah ancaman serius jika kamu berpetualang di alam liar Australia. Tidak itu saja, sinar matahari juga jadi musuh bagi manusia.

Orang Australia paling takut dengan sinar matahari. Sebab, UV-index di sini adalah 10 kali lebih tinggi daripada di Eropa. Artinya, setelah 30 menit berjalan di bawah matahari, kamu bisa mengalami sunburn (terbakar matahari) bahkan lebih buruk lagi, kanker kulit.

6. Keanehan Danau merah muda


Sangat mengejutkan, ada danau berwarna merah muda dipulau kecil Australia bagian Barat yang dikelilingi bukit pasir dan hutan lebat dengan ukuran mencapai 600 meter. Warna pink danau ini bukanlah rekayasa cahaya namun benar-benar nyata.

Suatu hipotesis mengatakan bahwa hal yang mempengaruhi perubahan warna air ini adalah kandungan kadar garam yang membuat alga dan archaea untuk memuculkan corak air merah muda yang permanent pada air. Hal ini dapat dibuktikan dengan mengambil air dari danau ini secara langsung. Fakta menunjukkan bahwa kadar garam didanau pink ini mencapai sepuluh kali lipat kadar garam laut.

7. Tempat lahirnya sepatu boots UGG


Amerika adalah negara pertama mematenkan merek sepatu boots UGG. Tetapi, sepatu itu sebenarnya dibuat pertama kali di Australia. Petani dan peternak telah memakainya sejak awal abad ke-20.

Sekarang sepatu seperti itu dipakai baik di luar maupun di dalam rumah. Kenapa di dalam rumah? Karena rumah di sini sangat dingin. Sepatu boots dapat membantu mereka tetap hangat.

8. Jalan Raya yang panjang dan membosankan


Beberapa jalan di Australia begitu panjang dan membosankan. Sampai-sampai, otoritas setempat memasang tanda lalu lintas berisi tebakan untuk menghibur mereka yang berkendara.

9. Emu bird, maju pantang mundur


Burung yang satu ini merupakan jenis burung besar ke-2 di dunia setelah burung Ostrich. Banyak keunikan pada burung yang tidak dapat terbang ini. Salah satu keunikan burung ini adalah arah jalan yang selalu berjalan maju alias tidak pernah bisa berjalan mundur.

Tidak heran jika burung Emu dijadikan simbol Negara Australia selain kangguru yang dijumpai di emblem-emblem kenegaraan. Burung yang beratnya dapat mencapai 55 kilogram ini memiliki makna filosofis tersendiri, yaitu agar Negara Australia selalu maju dan pantang mundur.

10. “never never river” di Australia


Danau yang terletak di perbatasan bagian utara tengah New South Wales, Australia, ini memiliki panjang hingga 9 kilometer dengan kedalaman 210 kaki dengan genangan air yang tenang dengan pemandangan yang indah, sejuk nan sepoi-sepoi.

Konon katanya, danau ini dianggap sebagai tempat gaib yang dapat memunculkan segala kemungkinan, dan siapa saja yang berkunjung ke tempat ini akan merasakan seperti segala hal dapat saja terjadi. Ingin buktikan? Berkunjunglah, dan tempat ini akan menjadi tempat yang takkan pernah terlupakan.

11. Tingkat Tunjangan Sosial sangat tinggi


Jika memiliki keluarga besar dengan empat atau lima anak, kamu berhak dapat uang tunjangan yang jumlahnya bisa membuatmu tidak perlu bekerja. Pemerintah membayar tunjangan itu untuk anak-anak di bawah usia 16 tahun. Kadang-kadang sampai usia 19 tahun.

12. Ada tempat BBQ di setiap taman


Hampir disetiap taman, ada kompor listrik atau kompor gas gratis untuk memasak steak, sosis, dan makanan lezat lainnya. Orang Australia suka piknik dan mereka lebih menyukai makanan laut. Mereka suka memasak udang, tiram, dan lobster.

13. Kota “batmania”


Salah satu kota sibuk di Australia yang kini bernama resmi Melbourne, dahulu memiliki julukan kota ‘batmania’. Kata batman ini juga dijadikan salah satu nama jalan dan taman di Melbourne untuk menghormati pendahulunya yang bernama John Batman.

Selain memang berjuluk batmania, Australia juga merupakan surga bagi kelalawar karena di Australia hidup jutaan kelalawar dengan status dilindungi dan kita bisa melihatnya pada pohon-pohon disepanjang jalan.

14. 75% Spesies yang hidup di Australia tidak diketahui oleh manusia


Ada berbagai macam makhluk hidup yang singgah dan tinggal di benua multiculture yang unik ini. Diketahui masih sekian makhluk hidup yang telah diketahui dan diklasifikasikan dalam kelompok burung, mamalia, reptile, dan lain sebagainya.

Menurut Horwitz et al. (1999) menyatakan bahwa lebih dari sepuluh juta spesies yang telah diketahui ada di Benua Australia. Namun ternyata masih 75% nya lagi belum diketahui, alias masih dalam penelitian para ahli. Cocok banget nih bagi para pecinta hewan, peneliti species makhluk hidup, dan yang menyukai tantangan, ini bisa menjadi ladang yang bagus untuk dijelajahi sobat.

15. Negeri Patung Raksasa


Ada 150 patung raksasa di seluruh Australia. Patung-patung itu disebut perangkap turis. Bentuknya macam-macam mulai hewan, makanan, dan benda-benda lain ditempatkan di sepanjang jalan untuk menarik perhatian wisatawan.

16. Uang Plastik


Sejak 1988, uang kertas Australia dibuat dari plastik polimer khusus. Meskipun lebih sulit diproduksi, uang plastik lebih tahan lama. Fakta menarik lainnya yaitu, jika kamu menyobek lembaran 10 dolar menjadi dua bagian, masing-masing lembar dinilai 5 dolar. Masih bisa untuk jajan. Hehe.

17. Tidak mencoblos saat Pemilu kena Denda


Jika kamu sudah berusia 18 tahun dan melewatkan pemilihan umum tanpa alasan yang jelas, kamu harus membayar denda 20-50 dolar Australia, setara Rp210 ribu-Rp523 ribu.

18. Gunung kekecewaan (Mt. Disappointment)


Gunung yang satu ini merupakan salah satu jenis gunung yang menyerupai bukit-bukit berpuncak. Gunung ini terletak di hutan daerah Victoria Selatan. Puncak gunung yang mencapai ketinggian hingga 800 meter atau 2600 kaki ini berjarak 60 kilometer dari Melbourne, Victoria, Australia.

Sejak 1885, gunung ini dilindungi sebagai bagian dari Kinglake National Park. Gunung ini yang biasa dijuluki gunung kekecewaan atau dalam bahasa inggris mereka menyebutnya dengan Mt. Disappointment.

19. Enam dari 10 Ular paling beracun di Dunia hidup di Australia


Coastal Taipan dianggap sebagai salah satu ular paling beracun di dunia. Didalam taring Taipan sepanjang 13 milimeter terdapat 120 miligram racun yang dapat membunuh korban dalam waktu 4-12 jam. Manusia hanya bertahan hidup sekitar satu hari setelah digigit.

20. Hobi Menyingkat Kata


Karena malas mengucapkan kata seluruhnya, kata Barbie yang seharusnya boneka, bagi orang Australia memiliki arti Barbekyu. Bahkan menyebut diri mereka sendiri, orang Australia akan mengatakan Aussie.

Beberapa kata yang suka disingkat oleh orang Australia di antaranya adalah Good Day jadi G'Day, Brisbane jadi Brissie, Barbekyu jadi Barbie, dan Football jadi Footie.

Demikian fakta menarik dan unik tentang Australia yang bisa saya sampaikan. Semoga ulasan berikut bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk kalian semua sahabat AdityaTekno.COM. Sampai jumpa dipostingan selanjutnya. Salam AdityaTekno.COM.


sumber referensi:
http://bit.ly/2EYINEh
http://bit.ly/2CK3aCQ
Load Comments

Dapatkan Artikel Tips AdSense, Blogging, SEO setiap harinya.

Notifications

Disqus Logo