9 Tips Merawat HP Redmi Note 8

9 Tips Merawat HP Redmi Note 8

AdityaTekno.com - Kali ini saya akan membagikan Tips Merawat HP Redmi Note 8. HP yang dirilis oleh Redmi, anak perusahaan Xiaomi ini bernama Redmi Note 8. Diperkenalkan pada bulan September 2019. HP ini adalah generasi penerus dari kakaknya yang sangat fenomenal, Redmi Note 7!
Tips Merawat HP Redmi Note 8

Redmi Note 8 ini hadir dengan 3 varian, yakni RAM 3 GB, RAM 4GB, dan RAM 6 GB. Embel-embel 48 MP tetap ditonjolkan, dan menariknya ada 4 kamera dibelakangnya.

Baca Juga : 10 HP Gaming Murah Terbaik 2019 | Harga Mulai 1 - 2 Jutaan

Hal ini benar-benar menarik dan membuat alasan kuat untuk memilih Redmi Note 8 yang bisa dibilang worth it untuk dibeli.

Tanpa berlama-lama lagi mari kita simak tips untuk merawat Redmi Note 8 ini.

9 Tips Merawat HP Redmi Note 8


Berikut adalah beberapa tips cara merawat HP Redmi Note 8 yang bisa kamu terapkan :

1. Wajib Pakai Casing


Saat baru dibeli, HP ini sudah dilengkapi casing berbahan karet berwarna putih bening, yang sudah menutupi semua bagian dari body HP ini.

Casing gratisan yang sudah ada didalam box (kotak) pembeliannya ini memang terkesan biasa saja, namun perlu diingat casing ini akan menjadi pelindung yang sangat berguna.

Meskipun bagian belakang HP ini sudah dilindungi kaca pengaman Gorilla Glass 5, namun tetap saja kaca adalah kaca. Ketika jatuh, retakannya tidak akan membuat HP ini secantik tampilan awalnya.

Bila kamu merasa bosan dengan casing bagian belakang HP ini, kamu bisa membeli di online shop, baik itu Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan banyak lagi. Kamu bisa memilih desain yang kamu inginkan.

Saran dari saya adalah, gunakan casing yang menutupi semua bagian HP ini, agar ketika tidak sengaja terjatuh, setidaknya tidak ada goresan atau retakan yang parah.

Bila kamu adalah pengguna HP yang tidak bisa tenang, saya sarankan menggunakan casing robot yang memiliki karet pengamanan ekstra di bagian tiap sudutnya.

2. Menggunakan Tempered Glass (TG)


Meskipun HP ini sudah memiliki pengamanan tingkat tinggi dengan perlindungan Gorilla Glass 5 juga seperti bagian belakang, namun perlu diingat kembali, sekuat apapun kacanya, tetap bisa retak atau pecah.

Sebaiknya kamu memasang Tempered Glass (TG) mulai saat membelinya. Kalaupun HP nya tidak sengaja terjatuh atau tertimpa sesuatu, yang pertama rusak adalah tempered glassnya. Tentu kita lebih memilih mengganti TG dengan harga kurang dari Rp 100.000 daripada memperbaiki layar sampai Rp 300.000 lebih bukan?

3. Jangan Menaruh HP dengan Barang Elektronik lainnya


Sebuah smartphone terdiri dari banyak bahan yang terbuat dari besi/logam. Hindari HP dari medan magnet, seperti laptop, TV, dan sejenisnya. Jika ingin HP kamu awet bertahun-tahun sebaiknya kamu menjaga baik bagian dalam maupun luar.

4. Charger Beterai dengan Baik


Ketika baterai sudah mau 20%, segera mengisi baterai. Memang Redmi Note 8 ini sudah support Fast Charging 15W, namun tidak berarti kamu harus menunggu baterainya habis baru di charger. Ini akan merusak baterai itu sendiri, dan mempercepat circle penggunaan baterainya.

HP ini juga tidak perlu sering di charger, karena ukuran 4000 mAh nya tidak akan mudah kita habiskan dengan penggunaan biasa.

Jadi, rawatlah baterainya agar baterai bisa tetap kuat dan optimal 2-3 tahun kedepan. Sedikit tambahan tips, ketika mau mengecas, hubungkan dahulu adaptor charger ke stop kontak, barulah kita menghubungkan kabel port Type C tersebut ke HP kita.

Hal ini bertujuan agar tidak terjadi "kejutan listrik" ketika beterai langsung dihubungkan ke stop kontak.

5. Install Aplikasi dari Tempat Terpercaya


Untuk kamu yang tidak suka HP nya bermasalah, sebaiknya hindari melakukan penginstalan aplikasi dari sumber tidak terkenal.

Sebaiknya kamu memasang aplikasi hanya dari Google Play Store saja. Kenapa? Belajar dari pengalaman, saya pernah menginstall suatu aplikasi berlabel mod di suatu website tidak resmi, hasilnya? Ya HP saya bervirus dan saya bahkan tidak tahu bagaimana mengembalikannya seperti semula meskipun saya sudah melakukan reset pabrik.

Baca Juga : Cara Mengatasi Terjadi Masalah Saat Berkomunikasi dengan Server Google

Intinya adalah berhati-hati. Jikalau pun kamu ingin menginstall dari luar playstore, selidiki dahulu apakah website tersebut dapat dipercaya, review dari orang yang pernah menginstall dari sana, review kolom aplikasinya.

6. Hapus File Tidak Perlu


Hal yang menarik dari Redmi adalah fitur Cleaner yang sudah terinstall dari awal HP ini kita beli. Kita bisa menghapus file cache, obsolete files, package, residuals, dan memory dengan cepat dan mudah.

Baca Juga : Cara Ampuh Menghapus File Lainnya di HP Xiaomi

Lakukan pembersihan ini minimal 1x setiap minggunya. Ketika banyak file sampah (junk file), akan membuat performa HP kita melambat dan membuat mesin harus bekerja lebih keras.

7. Scan Antivirus secara Teratur


Meskipun kita sudah menjaga HP kita dari hal-hal yang tidak kita inginkan, namun tetap saja kita perlu melakukan maintenance secara rutin di HP kita, dengan cara mengecek keamanannya.

Caranya mudah, tinggal buka aplikasi Security Scan bawaan dari HP Redmi ini, dan tunggu sampai selesai. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada yang menyusupi HP kita dengan hal-hal yang tidak kita inginkan.

8. Update MIUI


Xiaomi selalu memberikan update kepada HP-HP buatannya, baik itu seri Mi, maupun Redmi. Update MIUI bukan hanya soal tampilan, tapi juga pembaharuan keamanan android. Ini sangat perlu dilakukan, karena kita tahu para hacker yang jahat diluar sana pastilah mengincar pengguna sistem operasi terbesar di dunia ini, Android.

Baca Juga : Perbedaan Mediatek vs Snapdragon, Bagusan Mana?

Jadi, dengan mengupdate MIUI kita, maka secara tidak langsung sistem android kita juga diperbaharui.

9. Aktifkan Fitur Pelacakan


Fitur ini sebaiknya tidak kamu nonaktifkan, karena kita tidak pernah tahu apa yang terjadi dengan HP kita. Apabila kita lupa menaruhnya dimana, atau diambil oleh orang lain, kita bisa dengan segera melacak keberadaan HP kita. Ini adalah langkah berjaga-jaga yang tidak boleh kamu abaikan.

Nah, itu dia setidaknya 9 tips untuk menjaga dan merawat HP Redmi Note 8 ini tetap awet dan nyaman digunakan. Semoga bermanfaat dan salam AdityaTekno.com

Anda mungkin menyukai postingan ini