Perbedaan Mediatek vs Snapdragon, Bagusan Mana?

Prosesor Snapdragon dan MediaTek memiliki keunggulan dan kelebihan masing-masing. Tapi, manakah yang lebih baik dan unggul? Simak ulasan berikut ini.
Perbedaan Mediatek dan Snapdragon,
Perbedaan Mediatek vs Snapdragon, Bagusan Mana?

AdityaTekno.com - Kali ini saya akan membahas Perbedaan Mediatek vs Snapdragon. Ketika kamu ingin membeli HP baru pasti bingung kan pilih prosesor Mediatek atau Snapdragon? Karena kedua prosesor tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Tentu hal tersebut harus dipertimbangkan agar dikemudian hari tidak menyesal.

Prosesor yang bagus tentunya bisa membuat performa HP lebih lancar dan mulus. Prosesor juga jadi salah satu faktor penentu harga HP. Semakin bagus prosesor, semakin mahal pula harga HP nya.

Baca Juga: 10 HP Gaming Murah Terbaik 2019 | Harga Mulai 1 - 2 Jutaan

Perlu kamu ketahui, bahawa sampai saat ini ada 5 merk prosesor khusus untuk smartphone yang banyak orang tahu yaitu Qualcomm Snapdragon, MediaTek, Exynos, Intel Atom & Apple A series. Dari kelima jenis chipset tersebut hanya ada dua yang paling sering kita temui yaitu Qualcomm Snapdragon dan MediaTek. Dan disini saya hanya akan membahas prosesor Mediatek dan Snapdragon.

Nah, buat kamu yang lagi bingung mau pilih prosesor Snapdragon atau Mediatek, yuk simak apa saja perbedaan Mediatek dan Snapdragon.

Apa yang Dimaksud dengan Mediatek?

Perbedaan Mediatek vs Snapdragon

Mediatek adalah merk prosesor asal Taiwan yang didirikan pada 28 Mei 1997 oleh Tsai Ming Kai. Mediatek termasuk masih tergolong prosesor baru dibandingkan Snapdragon. Ya meskipun masih baru, tapi perkembangan prosesor ini secara global cukup pesat juga loh. 

Perbedaan mencolok dari Mediatek vs Snapdragon adalah dari harganya. Harga prosesor Mediatek lebih murah dibanding Snapdragon. Oleh sebab itu, kebanyakan HP yang menggunakan Mediatek dijual dengan harga yang murah.

Apa Keunggulan Prosesor Mediatek?

Mediatek termasuk produsen prosesor atau chipset yang cukup inovatif. Mediatek pernah meluncurkan prosesor MT6592 sebagai prosesor True Octa Core pertama di dunia. Berbeda dengan prosesor octa core pada umumnya yang terdiri dari 2 buah prosesor quad core. Prosesor ini punya 8 core ARM Cortex A7 dengan kecepatan hingga 2.0 GHz.

Baca Juga: 10 Game Android Multiplayer Online Terbaik dan Terpopuler 2019

Selain itu, Mediatek juga jadi produsen prosesor deca core pertama di dunia. Di saat kebanyakan prosesor punya 8 core, Mediatek berusaha berinovasi dengan menciptakan prosesor dengan 10 core. Prosesor Mediatek deca core pertama di dunia adalah Mediatek Helio X20, Helio X23, Helio X25, Helio X27, dan Helio X30. Salah satu HP yang menggunakan prosesor 10 core ini adalah Redmi Note 4 yang menggunakan Helio X20.

Apa yang dimaksud dengan Snapdragon?

Perbedaan Mediatek vs Snapdragon

Snapdragon adalah merk prosesor asal San Diego, Amerika Serikat. Prosesor Snapdragon adalah salah satu produk unggulan Qualcomm yang didirikan pada tahun 1985. Daripada Mediatek, Snapdragon paling banyak digunakan di dunia. Alasan kenapa lebih banyak digunakan karena Snapdragon teknologinya lebih kekinian. Karena lebih canggih, performa Snapdragon rata-rata lebih cepat dan dayanya lebih efisien.

Baca Juga: Cara Nonton YouTube Tanpa Iklan

Salah satu perbedaan yang paling mencolok dari Mediatek vs Snapdragon adalah harganya. Harga prosesor Snapdragon lebih mahal dibanding Mediatek. Dengan spesifikasi yang sama, harga Snapdragon bisa 2 kali lebih mahal dibanding Mediatek.

Apa Keunggulan Prosesor Snapdragon?

Tidak bisa dipungkiri secara umum, keunggulan Snapdragon dibanding Mediatek adalah dari performanya. Snapdragon tidak hanya fokus untuk menciptakan prosesor dengan core CPU yang banyak dan kencang, namun juga komponen pendukung lain seperti GPU dan ISP atau Image Signal Processor.
Kualitas grafis Snapdragon cenderung lebih baik karena didukung GPU atau Graphics Processing Unit yang lebih canggih. Selain itu, hasil foto HP yang menggunakan Snapdragon sering lebih baik karena teknologi ISP prosesor Snapdragon selalu ditingkatkan. 

Banyaknya hal yang ditingkatkan membuat prosesor Snapdragon terkadang lebih mahal dibanding Mediatek. Sebagai tambahan, kebanyakan HP kelas flagship juga cenderung lebih memilih prosesor Snapdragon daripada Mediatek.

Perbedaan Mediatek vs Snapdragon

Mana yang lebih baik antara prosesor Mediatek vs Snapdragon? Kalau dari segi harga, prosesor Mediatek lebih murah dibanding Snapdragon. Kalau kamu sedang mencari HP murah tapi performa kencang, kamu bisa cari HP yang pakai prosesor Mediatek. Selain harga, masih banyak perbedaan antara Mediatek dan Snapdragon.

Performa Prosesor dan Grafis

Di dalam prosesor ada 2 chip penting yaitu CPU dan GPU. CPU terdiri dari beberapa core yang punya kecepatan berbeda dan berfungsi mengatur semua komponen di dalam prosesor. GPU berfungsi mengolah grafis. GPU adalah singkatan dari Graphics Processing Unit. GPU bekerja seperti VGA pada PC Desktop atau laptop.

Baca Juga: 5 Game Yang Bikin Kesel dan Emosi! Yakin Mau Coba?

Performa GPU Mediatek relatif lebih rendah dibanding Snapdragon. Karena lebih rendah, prosesor Mediatek memakan RAM lebih sedikit. Sementara itu, prosesor Snapdragon bisa merender grafis lebih baik dan memberikan efek visual yang lebih mulus. Namun sayangnya, prosesor Snapdragon mengonsumsi lebih banyak RAM.

Alasan Snapdragon lebih boros RAM karena GPU-nya tidak dibekali dedicated VRAM. Saat beroperasi, GPU Adreno yang dipakai Snapdragon akan memakan RAM inti milik HP itu sendiri. Oleh karena itu, agar grafis Snapdragon lebih maksimal harus dibarengi dengan kapasitas RAM besar. Kesimpulannya, prosesor Mediatek lebih hemat RAM tapi kualitas grafisnya tidak sebaik Snapdragon.

Variasi Produk

Dari segi variasi produk, Snapdragon punya lebih banyak variasi dibanding Mediatek. Pada tahun 2017, Mediatek mengurangi produksi prosesor kelas atas, dan lebih fokus membuat prosesor kelas menengah. Terbukti bahwa di tahun 2018, Mediatek hanya fokus pada satu seri prosesor yaitu seri Helio P saja. Di sisi lain, prosesor Snapdragon lebih banyak mengeluarkan varian prosesor baru.

Snapdragon banyak mengeluarkan variasi produk baru, mulai dari seri 400 untuk pemula, seri 600 untuk menengah, seri 700 yang merupakan versi terbaru untuk menengah ke atas, dan seri 800 untuk kelas menengah atas atau premium. 

Di akhir 2018, Snapdragon juga kembali memperbarui semua lini produknya. Salah satu produk yang paling menarik perhatian adalah Snapdragon 855 sebagai versi terbaru dari Snapdragon 845. Prosesor terbaru yang super kencang ini diklaim bisa menandingi prosesor A12 Bionic milik Apple iPhone Xs.
Jadi kesimpulannya, prosesor Snapdragon  lebih bervariatif daripada Mediatek. Selain itu, Snapdragon juga menyasar banyak segmen, tidak seperti Mediatek hanya fokus ke kelas menengah saja.

Mediatek vs Snapdragon, Bagusan Mana?

Jadi bagusan mana? Mediatek atau Snapdragon? Dilihat dari kesimpulan di atas, Snapdragon memang lebih baik daripada Mediatek. Banyak varian produk dan performa lebih kencang jadi alasan kenapa Snapdragon lebih baik. Apalagi jika kamu ingin beli HP kelas flagship tentu saja pilihan prosesor paling ideal adalah Snapdragon. 

Namun ketika berbicara HP kelas menengah, Mediatek dan Snapdragon masih sama baiknya. Karena Mediatek lebih fokus ke segmen ini, tentu saja membuat performanya tidak berbeda jauh dari Snapdragon.

Demikian artikel tentang Perbedaan Mediatek vs Snapdragon, Bagusan Mana? Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan sampai jumpa dipostingan selanjutnya. Salam AdityaTekno.com

Referensi:
https://hpsultan.com/prosesor-mediatek-vs-snapdragon

Seorang Blogger, Content Writer, CEO & Fouder AdityaTekno.com dan juga Editor/Redaktur di Portal Berita Lokal iNews.id - iNewsBekasi.id.

Posting Komentar

© AdityaTekno. All rights reserved. Developed by Jago Desain