Beberapa Negara Maju Memberikan Pelajaran Coding pada Anak

AdityaTekno.com - Negara Maju Memberikan Pelajaran Coding Kepada Anak-anakCoding merupakan suatu aktivitas yang dilakukan oleh seseorang, yakni menyusun sekumpulan kode untuk memerintah komputer agar mematuhi apa yang diberikan, orang yang menyusun kode atau program biasa disebut dengan programmer, sedangkan programmer sendiri diambil dari Bahasa Inggris yang berarti orang yang melakukan program pada mesin komputer.
Beberapa Negara Maju Memberikan Pelajaran Coding Kepada Anak-anak

Memprogram sebuah komputer harus menggunakan sebuah bahasa yang dapat dimengerti oleh sebuah komputer, karena sebuah komputer tidak akan mengerti jika kita memberikan perintah dalam bentuk bahasa yang kita gunakan sehari hari, oleh sebab itu kita harus mempelajari bahasa yang dapat dimengerti oleh mesin komputer.

Bahasa pemrograman yang dapat kita pelajari seperti Java, Python, PHP, C++, dan masih banyak lagi lainya. Bahasa pemrograman tersebut merupakan bahasa pemrograman generasi keempat yang diciptakan oleh manusia, dan yang paling populer saat ini adalah bahasa pemrograman Java dan Python.

Bahasa pemrograman jaman dulu, sekitar tahun sembilan puluhan, bahasa yang digunakan tidaklah sama, yakni lebih sulit untuk dipahami oleh orang yang awam dengan mesin komputer, karena saat itu bahasa yang digunakan hanya menggunakan kode 0 (nol) dan 1 (satu), bisa dibayangkan betapa sulitnya untuk menghafalkannya, dan untuk tingkat kesalahan saat melakukan programing sangatlah tinggi sekali. Dan bahasa tersebut biasa disebut bahAsa tingkat rendah atau generasi ke satu.

Kemudian seiring berjalanya waktu mulai diciptakanlah sebuah bahasa pemrograman yang mudah dimengerti, kira kira hampir mirip dengan bahasa manusia, sehingga disebut bahasa pemrograman tingkat tinggi.

Dan kabar baiknya saat ini telah diciptakannya bahasa pemrograman generasi kelima, bahasa pemrograman ini akan digunakan untuk membuat sebuah program kecerdasan buatan atau biasa orang menyebutnya AI. AI sendiri adalah sebuah program yang diciptakan manusia dengan tujuan menggantikan peran manusia agar lebih efektif dan efisien, contoh kecilnya adalah pembuatan game, sensor muka dan saraf buatan. Bahasa pemrograman generasi kelima itu adalah seperti PROLOG dan LISP.

Programming memiliki peran penting dalam dalam kemajuan sebuah teknologi saat ini, coba kita lihat banyak sekali disekitar kita yang mengunakan pemrograman dalam menjalankanya, misalnya HandPhone, Lampu Merah, Game, Aplikasi (seperti Whatsapp, Bukalapak, TokoPedia), Website, Robot, dan masih banyak lainya.

Baca Juga : 1 Megabyte berapa Kilobyte 

Perkembangan teknologi saat ini sangatlah pesat sekali, agar tidak tertinggal dengan negara lainya seharusnya Indonesia harus menerapkan apa yang dilakukan oleh beberapa negara maju seperti China dan Amerika, yakni memberikan pelajaran pada anak anak sebuah kegiatan pemrograman, yang diajarkan sejak usia dini. Anak-anak merupakan generasi penerus yang harus dibentuk dengan banyak hal kemampuan agar bisa bersaing dengan sumber daya manusia dari negara lain.

Untuk mempelajari bahasa pemrograman kita harus memiliki beberapa hal yang kita kuasai terlebih dahulu, agar nantinya lebih mudah untuk mempelajari aktivitas coding.

Pertama, kita harus mempelajari sebuah Bahasa Inggris, karena bahasa yang satu ini bersifat universal atau menyeluruh, dan sebagian besar dalam bahasa pemrograman menggunakan Bahasa Inggris, jadi mau tidak mau harus mempelajarinya, untuk mempelajarinya tidaklah harus menyeluruh hanya menghafal beberapa kata atau kita bisa membiasakanya, tapi alangkah baiknya kita harus mempelajari Bahasa Inggris secara aktif atau menyeluruh. Seperti yang kita tahu banyak Ilmu Pengetahuan yang disebar diluar sana menggunakan Bahasa Inggris.

Kedua Matematika, ya matematika merupakan hal yang pasti ada dalam sebuah pemrograman, karena matematika berfungsi untuk menyelesaikan suatu masalah, matematika yang dipelajari tidaklah seluruhnya, hanya matematika dasar yang wajib dikuasai. Biasanya saat pemrograman ada seseorang yang khusus menyelesaikan matematika menggunakan rumus dan programmer tinggal memasukkannya.

Ketiga Algoritma, algoritma merupakan penalaran logika yang digunakan untuk menyelesaikan sebuah program yang disusun dengan tujuan tertentu. Untuk lebih mudahnya algoritma merupakan langkah-langkah yang kita buat untuk menciptakan sebuah pemrograman dengan tujuan yang telah direncanakan sebelumnya.

Tiga hal diatas merupakan hal dasar yang harus dipelajari dan dikuasai, jika kamu ingin menjadi programmer hebat, dengan belajar tekun dan konsisten bukan tidak mungkin kedepannya kamu akan menjadi programmer yang hebat dan handal.

Dalam kenyataannya, seorang anak lebih cepat mempelajari bahasa pemrograman, tetapi tidak semua anak mau mempelajarinya, karena ketika pertama melihat saja mereka akan bosan.

Seandainya Indonesia mampu menerapkan apa yang telah diterapkan seperti beberapa negara maju lainya, pasti beberapa tahun kedepan kita akan memiliki generasi yang hebat mampu bersaing dengan negara lainnya dibidang teknologi ini.

Beberapa dekade kedepan pekerjaan mungkin tidak lagi menggunakan daya manusia, tetapi telah menggunakan sebuah robot, yang telah diprogram dengan sistem AI. Sehingga manusia hanya cukup duduk dan mengoperasikannya.

Demikian yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat, dan Terima Kasih. Salam AdityaTekno.com