√ Daftar 6 Negara dengan Nilai Tukar Rendah Terhadap Rupiah - AdityaTekno

Social Items

Negara yang mempunyai Nilai Tukar Rendah Terhadap Rupiah
Hal itu terjadi karena beberapa faktor, misalnya korupsi yang semakin meraja-lela hingga inflansi yang tidak karuan. Oleh sebab itu, hal ini menjadi “PR” buat pemerintah dan rakyat agar nilai tukar Rupiah terhadap dollar tidak terus-terusan dalam keadaan memprihatinkan. Memang benar Rupiah itu rendah jika dibandingkan dengan dollar, euro atau mata uang bernilai tinggi lainnya.

Namun anggapan bahwa Rupiah itu mata uang paling rendah itu tidak sepenuhnya benar, asal kamu tahu aja ternyata banyak juga negara yang nilai mata uangnya ternyata mirip atau bahkan lebih rendah dari Rupiah. Dan asiknya, rata-rata harga barang di negara-negara ini pun juga nggak beda jauh sama harga barang-barang di Indonesia! Dan jika orang Indonesia pergi kesana dengan uang pas-pasan pun bisa cukup kaya. Lalu Negara mana saja itu? Sudah penasaran kan. Langsung saja simak ulasan dibawah ini.




Daftar 6 Negara dengan Nilai Tukar Rendah Terhadap Rupiah, Kalau Orang Indonesia Kesana Dijamin Kaya Mendadak!


1. Vietnam

bendera+vietnam

Vietnam mempunyai sejarah panjang yang berwarna, negara ASEAN yang satu ini mulai dilirik sebagai salah satu destinasi wisata favorit para turis mancanegara. Orang Indonesia juga tidak mau ketinggalan ikut ramai-ramai berkunjung kesana. 

Karena ternyata, negara satu ini punya potensi wisata yang luar biasa. Mulai dari wisata sejarah perang, budaya, sampai wisata alam seperti danau dan pantai bisa ditemui di kota-kota seperti Hanoi, Ho Ci Minh City, sampai Nha Thrang.

Sernya lagi, negara yang kerap dijuluki “Vietnam Rose” ini juga punya ‘hidden-gem’ spesial buat turis Indonesia. Meski punya embel-embel luar negeri, travelling ke Vietnam dijamin nggak bakal bikin kantong kita kering. Soalnya, vietnam punya nilai tukar mata uang yang lebih rendah terhadap Rupiah. 1 Dong Vietnam (VND), sama dengan Rp 0,59 aja. 

Jika kita membawa uang Rp 2.000.000 maka kita akan mendapatkan 3.363.636,36 Dong Vietnam. Biaya makan rata-rata di Vietnam juga terbilang murah antara 15000 - 30000 Dong Vietnam atau setara 9000 - 18000 Rupiah saja. Boleh nih dicoba buat para pelajar dan mahasiswa yang masih sering pusing mikirin uang jajan. Sangat murah bukan. Gimana tertarik travelling kesana?


2. Belarusia

bendera+belarusia

Eropa juga jadi salah satu benua yang sering bikin ciut nyali para traveller dengan budget terbatas. Meski super indah dan menggoda, negara-negara seperti Prancis, Italia, sampai Belanda masih bikin banyak orang mengelus dada saking mahal-nya. 

Tapi, biaya hidup mahal ini nggak bakal jadi masalah kalau kamu berkunjung ke Belarusia. Pasalnya, negara di Eropa Timur yang berbatasan dengan Polandia dan Rusia ini punya nilai tukar mata uang yang rendah terhadap Rupiah. Mengejutkan bukan!

Coba bayangin, meski terletak di benua mahal Eropa, nilai 1 Rubel Belarusia cuma bernilai 0,7 Rupiah saja. Dengan uang segitu, kita udah bisa melihat berbagai atraksi wisata yang super indah. Apalagi kalau bukan bangunan berasitektur unik ala Eropa yang banyak bertebaran di ibukotanya, Minsk. Tidak bakal takut kekurangan stok foto Instagrammable deh!


3. Sao Tome dan Principe

bendera+sao+tome+dan+principe

Terletak di Afrika Tengah, nama Sao Tome dan Principe mungkin masih terdengar asing banget buat telinga kita. Tapi, negara yang berada di benua Afrika ini punya wisata pantai dan pulau-pulau kecil yang siap menyaingi pemandangan Maldives yang terkenal super indah itu. Negara ini mempunyai luas yang tidak lebih besar dari DKI Jakarta, negara kepulauan satu ini menyimpan surga tersembunyi. 

Andalannya, tentu saja berbagai wisata pantai seperti Praia Jale hingga Banana Beach. Benteng-benteng megah seperti Roca Belo Monte dan Museu Nacional De Sao Tome juga nggak kalah keren buat dijelajah. Terkait dengan nilai tukar mata uangnya kita bisa menukar 1 Rupiah dengan 0,7 Dobra. Dan untuk sekali makan kita cukup membayar 150000 Dobra atau setara 98000 Rupiah bisa dikelas restoran mewah.


4. Laos

bendera+laos

Negara lain yang mata uangnya terlampau murah ketimbang Indonesia adalah Laos. Di Negara yang tidak mempunyai laut ini dan terjepit antara Negara Vietnam, Thailand, Tiongkok dan Myanmar ini rupanya 1 Kip ( Lak), mata uang di sana dihargai Rp 1,63. 

Biaya sekali makan-makanan khas di negeri Laos ini yaitu 30000 Kip (Lak) Laos atau setara dengan 20000 rupiah saja. Jadi jangan kaget kalau banyak turis yang mengaku sudah bisa keliling Laos hanya dengan modal uang Rp 2 jutaan. Itu pun sudah dapat tempat menginap enak, transportasi hingga makanan kelas mewah. 

Lumayan banget kan buat liburan. Oh ya, kalau memang ingin berkunjung ke sana jangan ragu, daripada tidak sanggup ke Eropa, di Laos juga bisa kan! yang penting ke luar negeri. Dan di negara ini juga memberikan visa gratis buat WNI (Warga Negara Indonesia).


5. Kamboja

bendera+kamboja

Biaya hidup di Kamboja masih terbilang cukup murah. Misalkan saja biaya makan kira-kira 10000 Riel atau setara dengan 33000 Rupiah. Sama seperti Vietnam, Kamboja juga jadi negara yang tidak kalah ramah sama kantong turis. 1 Riel Kamboja (KHR), cuma bernilai 3,34 Rupiah aja. Kalau dibandingkan dengan mata nilai tukar bath Thailand yang masih berkisar di angka Rp 400-an, atau malah dollar Singapura yang bernilai Rp 10000-an.

Negara yang punya bahasa nasional Khmer ini, juga punya atraksi wisata yang nggak kalah menarik. Pengen melihat wisata budaya seperti kuil dan pagoda, tinggal datang ke Kota Phnom Penh. Atau kalau lebih suka merasakan suasana gemerlap malam hari, Kota Siam Reap lah yang bisa jadi pilihan. Wisata ke Kamboja dijamin lebih bisa terjangkau deh bagi keadaan kantong pelajar dan mahasiswa!


6. Kolombia

bendera+kolombia

Amerika, dengar namanya aja kadang udah bikin banyak orang menggelengkan kepala. Iya, dengan stigma gemerlap dan digdayanya, berkunjung ke negara-negara benua Amerika rasanya masih terlalu jauh buat diraih. Memang sih kalau kamu berkunjung ke negara-negara di Amerika Utara pasti masih susah dijangkau. Mending coba awali petualanganmu dengan berkunjung ke Amerika Selatan. Tepatnya, ke Kolombia. 

Disana, nilai tukar 1 Peso Kolombia (COP) cuma bernilai sebesr 4,59 Rupiah saja, tentu dapat membuat biaya liburan disana menjadi lebih hemat. Biaya sekali makan di Bogota, Kolombia rata-rata sekitar 12000 - 15000 Peso Kolombia (COP) atau sekitar 55000 Rupiah. Tidak hanya itu, Kolombia juga mempunyai kebijakan bebas visa selama 90 hari buat turis Indonesia. Siap-siap deh buat mengunjungi wisata kota besar di Bogota, berpetualang menjelajah hutan di Amazon, atau menikmati wisata laut di San Andres dan Providencia Islands.

Bisa lihat sendiri kan, betapa rendahnya nilai tukar 6 negara diatas. Akan tetapi, dibalik semua itu ternyata negara-negara tersebut mempunyai daya tarik tersendiri. Mulai dari tempat-tempat bersejarah, pemandangan alamnya, dan lain-lain.

Sekian dulu artikel kali ini, semoga dengan adanya ini (Daftar 6 Negara dengan Nilai Tukar Rendah Terhadap Rupiah) kalian para pembaca setia AdityaTekno.com bisa mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan. Bagi kalian yang ingin menambahkan silahkan tulis di kolom komentar. dan jangan lupa untuk di share ke teman-teman agar teman kalian juga mendapatkan tambahan pengetahuan juga. Sampai jumpa dipostingan selanjutnya. Salam AdityaTekno.com.


Sumber referensi:
- Pengalaman Pribadi
- www.zetizen.com

Daftar 6 Negara dengan Nilai Tukar Rendah Terhadap Rupiah

Negara yang mempunyai Nilai Tukar Rendah Terhadap Rupiah
Hal itu terjadi karena beberapa faktor, misalnya korupsi yang semakin meraja-lela hingga inflansi yang tidak karuan. Oleh sebab itu, hal ini menjadi “PR” buat pemerintah dan rakyat agar nilai tukar Rupiah terhadap dollar tidak terus-terusan dalam keadaan memprihatinkan. Memang benar Rupiah itu rendah jika dibandingkan dengan dollar, euro atau mata uang bernilai tinggi lainnya.

Namun anggapan bahwa Rupiah itu mata uang paling rendah itu tidak sepenuhnya benar, asal kamu tahu aja ternyata banyak juga negara yang nilai mata uangnya ternyata mirip atau bahkan lebih rendah dari Rupiah. Dan asiknya, rata-rata harga barang di negara-negara ini pun juga nggak beda jauh sama harga barang-barang di Indonesia! Dan jika orang Indonesia pergi kesana dengan uang pas-pasan pun bisa cukup kaya. Lalu Negara mana saja itu? Sudah penasaran kan. Langsung saja simak ulasan dibawah ini.




Daftar 6 Negara dengan Nilai Tukar Rendah Terhadap Rupiah, Kalau Orang Indonesia Kesana Dijamin Kaya Mendadak!


1. Vietnam

bendera+vietnam

Vietnam mempunyai sejarah panjang yang berwarna, negara ASEAN yang satu ini mulai dilirik sebagai salah satu destinasi wisata favorit para turis mancanegara. Orang Indonesia juga tidak mau ketinggalan ikut ramai-ramai berkunjung kesana. 

Karena ternyata, negara satu ini punya potensi wisata yang luar biasa. Mulai dari wisata sejarah perang, budaya, sampai wisata alam seperti danau dan pantai bisa ditemui di kota-kota seperti Hanoi, Ho Ci Minh City, sampai Nha Thrang.

Sernya lagi, negara yang kerap dijuluki “Vietnam Rose” ini juga punya ‘hidden-gem’ spesial buat turis Indonesia. Meski punya embel-embel luar negeri, travelling ke Vietnam dijamin nggak bakal bikin kantong kita kering. Soalnya, vietnam punya nilai tukar mata uang yang lebih rendah terhadap Rupiah. 1 Dong Vietnam (VND), sama dengan Rp 0,59 aja. 

Jika kita membawa uang Rp 2.000.000 maka kita akan mendapatkan 3.363.636,36 Dong Vietnam. Biaya makan rata-rata di Vietnam juga terbilang murah antara 15000 - 30000 Dong Vietnam atau setara 9000 - 18000 Rupiah saja. Boleh nih dicoba buat para pelajar dan mahasiswa yang masih sering pusing mikirin uang jajan. Sangat murah bukan. Gimana tertarik travelling kesana?


2. Belarusia

bendera+belarusia

Eropa juga jadi salah satu benua yang sering bikin ciut nyali para traveller dengan budget terbatas. Meski super indah dan menggoda, negara-negara seperti Prancis, Italia, sampai Belanda masih bikin banyak orang mengelus dada saking mahal-nya. 

Tapi, biaya hidup mahal ini nggak bakal jadi masalah kalau kamu berkunjung ke Belarusia. Pasalnya, negara di Eropa Timur yang berbatasan dengan Polandia dan Rusia ini punya nilai tukar mata uang yang rendah terhadap Rupiah. Mengejutkan bukan!

Coba bayangin, meski terletak di benua mahal Eropa, nilai 1 Rubel Belarusia cuma bernilai 0,7 Rupiah saja. Dengan uang segitu, kita udah bisa melihat berbagai atraksi wisata yang super indah. Apalagi kalau bukan bangunan berasitektur unik ala Eropa yang banyak bertebaran di ibukotanya, Minsk. Tidak bakal takut kekurangan stok foto Instagrammable deh!


3. Sao Tome dan Principe

bendera+sao+tome+dan+principe

Terletak di Afrika Tengah, nama Sao Tome dan Principe mungkin masih terdengar asing banget buat telinga kita. Tapi, negara yang berada di benua Afrika ini punya wisata pantai dan pulau-pulau kecil yang siap menyaingi pemandangan Maldives yang terkenal super indah itu. Negara ini mempunyai luas yang tidak lebih besar dari DKI Jakarta, negara kepulauan satu ini menyimpan surga tersembunyi. 

Andalannya, tentu saja berbagai wisata pantai seperti Praia Jale hingga Banana Beach. Benteng-benteng megah seperti Roca Belo Monte dan Museu Nacional De Sao Tome juga nggak kalah keren buat dijelajah. Terkait dengan nilai tukar mata uangnya kita bisa menukar 1 Rupiah dengan 0,7 Dobra. Dan untuk sekali makan kita cukup membayar 150000 Dobra atau setara 98000 Rupiah bisa dikelas restoran mewah.


4. Laos

bendera+laos

Negara lain yang mata uangnya terlampau murah ketimbang Indonesia adalah Laos. Di Negara yang tidak mempunyai laut ini dan terjepit antara Negara Vietnam, Thailand, Tiongkok dan Myanmar ini rupanya 1 Kip ( Lak), mata uang di sana dihargai Rp 1,63. 

Biaya sekali makan-makanan khas di negeri Laos ini yaitu 30000 Kip (Lak) Laos atau setara dengan 20000 rupiah saja. Jadi jangan kaget kalau banyak turis yang mengaku sudah bisa keliling Laos hanya dengan modal uang Rp 2 jutaan. Itu pun sudah dapat tempat menginap enak, transportasi hingga makanan kelas mewah. 

Lumayan banget kan buat liburan. Oh ya, kalau memang ingin berkunjung ke sana jangan ragu, daripada tidak sanggup ke Eropa, di Laos juga bisa kan! yang penting ke luar negeri. Dan di negara ini juga memberikan visa gratis buat WNI (Warga Negara Indonesia).


5. Kamboja

bendera+kamboja

Biaya hidup di Kamboja masih terbilang cukup murah. Misalkan saja biaya makan kira-kira 10000 Riel atau setara dengan 33000 Rupiah. Sama seperti Vietnam, Kamboja juga jadi negara yang tidak kalah ramah sama kantong turis. 1 Riel Kamboja (KHR), cuma bernilai 3,34 Rupiah aja. Kalau dibandingkan dengan mata nilai tukar bath Thailand yang masih berkisar di angka Rp 400-an, atau malah dollar Singapura yang bernilai Rp 10000-an.

Negara yang punya bahasa nasional Khmer ini, juga punya atraksi wisata yang nggak kalah menarik. Pengen melihat wisata budaya seperti kuil dan pagoda, tinggal datang ke Kota Phnom Penh. Atau kalau lebih suka merasakan suasana gemerlap malam hari, Kota Siam Reap lah yang bisa jadi pilihan. Wisata ke Kamboja dijamin lebih bisa terjangkau deh bagi keadaan kantong pelajar dan mahasiswa!


6. Kolombia

bendera+kolombia

Amerika, dengar namanya aja kadang udah bikin banyak orang menggelengkan kepala. Iya, dengan stigma gemerlap dan digdayanya, berkunjung ke negara-negara benua Amerika rasanya masih terlalu jauh buat diraih. Memang sih kalau kamu berkunjung ke negara-negara di Amerika Utara pasti masih susah dijangkau. Mending coba awali petualanganmu dengan berkunjung ke Amerika Selatan. Tepatnya, ke Kolombia. 

Disana, nilai tukar 1 Peso Kolombia (COP) cuma bernilai sebesr 4,59 Rupiah saja, tentu dapat membuat biaya liburan disana menjadi lebih hemat. Biaya sekali makan di Bogota, Kolombia rata-rata sekitar 12000 - 15000 Peso Kolombia (COP) atau sekitar 55000 Rupiah. Tidak hanya itu, Kolombia juga mempunyai kebijakan bebas visa selama 90 hari buat turis Indonesia. Siap-siap deh buat mengunjungi wisata kota besar di Bogota, berpetualang menjelajah hutan di Amazon, atau menikmati wisata laut di San Andres dan Providencia Islands.

Bisa lihat sendiri kan, betapa rendahnya nilai tukar 6 negara diatas. Akan tetapi, dibalik semua itu ternyata negara-negara tersebut mempunyai daya tarik tersendiri. Mulai dari tempat-tempat bersejarah, pemandangan alamnya, dan lain-lain.

Sekian dulu artikel kali ini, semoga dengan adanya ini (Daftar 6 Negara dengan Nilai Tukar Rendah Terhadap Rupiah) kalian para pembaca setia AdityaTekno.com bisa mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan. Bagi kalian yang ingin menambahkan silahkan tulis di kolom komentar. dan jangan lupa untuk di share ke teman-teman agar teman kalian juga mendapatkan tambahan pengetahuan juga. Sampai jumpa dipostingan selanjutnya. Salam AdityaTekno.com.


Sumber referensi:
- Pengalaman Pribadi
- www.zetizen.com

Dapatkan Artikel Tips AdSense, Blogging, SEO setiap harinya.

Notifications

Disqus Logo