Simak Tips Berikut untuk Mencegah HP Menjadi Lemot

Berikut adalah sepuluh tips untuk mencegah ponsel menjadi lemot.
Simak Tips Berikut untuk Mencegah HP Menjadi Lemot
Tips untuk Mencegah HP Menjadi Lemot. (Gambar: AdityaTekno.com)

AdityaTekno.com - Berkembangnya fitur dari berbagai aplikasi yang kita miliki di ponsel membuat kualitas dari aplikasi tersebut meningkat. Namun, itu juga dapat menjadi pertanda bahwa aplikasi-aplikasi tersebut menggunakan lebih banyak memori di dalam ponsel Anda sehingga dapat menyebabkan lemot atau melambat.

Selain itu, melambatnya performa ponsel juga bisa diakibatkan oleh menurunnya performa dari ponsel itu sendiri. Jika Anda membeli ponsel terbaru, tentu performanya bagus. Namun, setelah digunakan bertahun-tahun tentu performanya akan turun sehingga pemakaian pun semakin lama semakin terasa lambat. Akan tetapi, hal itu juga bisa disebabkan oleh banyak penyebab lain.

Ponsel yang lambat memang sering kali membuat kesal. Selain karena sulit untuk digunakan, hal ini  juga memperlambat aktivitas sehari-hari. Untuk itu, AdityaTekno telah merangkum tips untuk mencegah ponsel lemot yang bisa Anda praktikan.

Tips Untuk Mencegah HP Menjadi Lemot

Berikut sepuluh tips untuk mencegah ponsel menjadi lemot.

1. Hapus Aplikasi yang Tidak Anda Pakai

Simak Tips Berikut untuk Mencegah HP Menjadi Lemot
Tips untuk Mencegah HP Menjadi Lemot. (Foto: unsplash.com - @hckmstrrahul)

Salah satu penyebab ponsel Anda menjadi lemot adalah banyaknya aplikasi yang memenuhi memori ponsel Anda. Padahal, aplikasi-aplikasi tersebut jarang Anda buka dan hanya menumpuk di antara aplikasi lainnya. Untuk itu, Anda dapat menghapus aplikasi-aplikasi yang sudah tidak pernah lagi dibuka. Selain untuk mengatasi lambatnya ponsel, memori yang lebih lega juga memberi tempat untuk aplikasi lain yang lebih berguna.

2. Selalu Perhatikan Memori Ponsel

Simak Tips Berikut untuk Mencegah HP Menjadi Lemot
Tips untuk Mencegah HP Menjadi Lemot. (Foto: Tech Advisor)

Penyebab yang satu ini memang menjadi masalah paling krusial saat ponsel lemot. Memori ponsel yang penuh adalah penyebab utama dari lambatnya performa ponsel. Selain itu, memori yang hampir penuh juga memiliki penyebab yang sama. Untuk itu, selalu perhatikan memori ponsel Anda untuk menghindari memori yang penuh. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari ponsel yang lambat saat dipakai.

Baca Juga: 9 Tips Penting Sebelum Membeli HP Baru Agar Tidak Tertipu

3. Rajin Menghapus Cache

Simak Tips Berikut untuk Mencegah HP Menjadi Lemot
Tips untuk Mencegah HP Menjadi Lemot. (Foto: Glints)

Dilansir dari Kumparan.com, cache adalah data sementara yang disimpan agar dapat membantu aplikasi yang digunakan untuk menjadi lebih cepat. Meskipun memiliki fungsi agar aplikasi dapat berjalan lebih cepat, data cache dapat tertimbun banyak sehingga mengakibatkan lambatnya ponsel. Untuk itu, pastikan Anda selalu rajin untuk menghapus cache agar tidak memenuhi ruang penyimpanan ponsel.

4. Abaikan Iklan

Saat membaca artikel di sebuah web atau blog, terkadang muncul beberapa iklan atau notifikasi agar Anda menekan ‘ya.’ Iklan atau notifikasi tersebutlah yang sering kali membuat ponsel Anda terasa lemot bahkan menyulitkan Anda untuk menutup tabs di internet. Untuk itu, abaikan saja iklan dan notifikasi tersebut atau klik kata 'tidak' agar ponsel Anda tidak terganggu dengan hal-hal tersebut.  

5. Hindari Mengunduh Aplikasi dari Web

Mengunduh aplikasi dari platform yang tidak resmi seperti Google Play Store atau App Store akan sangat berisiko. Selain akan menyebabkan lemot, ponsel Anda mungkin saja akan terserang virus yang akan membuat data-data Anda terancam. Memang tidak semua platform yang tidak resmi akan menyebabkan hal serupa, tapi ada kalanya kita harus menjadi lebih berhati-hati. Jadi, Anda lebih baik menghindari untuk mengunduh aplikasi dari tempat-tempat tersebut.

6. Jangan Menggunakan Live Wallpaper

Simak Tips Berikut untuk Mencegah HP Menjadi Lemot
Tips untuk Mencegah HP Menjadi Lemot. (Foto: Istimewa)

Live wallpaper memang cantik dan terkesan unik. Dengan menggunakan wallpaper ponsel yang bisa bergerak memang suatu kepuasan sendiri. Namun, live wallpaper bisa menyebabkan ponsel Anda melambat dan juga dapat menurunkan daya baterai pada ponsel. Maka dari itu, Anda sebaiknya jangan menggunakan live wallpaper jika ingin terhindar dari ponsel yang lemot dan baterai yang tidak cepat habis.

7. Perhatikan Pembaruan Aplikasi

Aplikasi yang kita miliki sering kali meminta untuk melakukan update secara berkala. Hal itu digunakan untuk menambah fitur-fitur baru yang terdapat di dalamnya. Namun, pembaruan aplikasi-aplikasi tersebut akan memberatkan memori ponsel Anda sehingga dapat mengakibatkan lemot. Untuk itu, Anda cukup matikan pembaruan aplikasi otomatis pada ponsel. 

Baca Juga: 9+ Tips Cara Memilih dan Membeli HP Android Yang Bagus dan Berkualitas

8. Perhatikan Pembaruan pada Software

Simak Tips Berikut untuk Mencegah HP Menjadi Lemot
Tips untuk Mencegah HP Menjadi Lemot. (Foto: unsplash.com - @mbaumi)

Setelah pembaruan aplikasi, Anda juga harus memperhatikan pembaruan pada software. Ada baiknya jika Anda melakukan pembaruan pada software karena software update bertujuan untuk memperbaiki masalah yang ada pada sistem sebelumnya. Namun, sering kali pembaruan pada software malah akan membuat ponsel menjadi lebih lemot. Untuk itu, Anda harus selalu memperhatikan pembaruan pada software ponsel, baik Android maupun pada iOS.

9. Memindahkan Data

Ponsel yang lemot juga bisa diakibatkan oleh menumpuknya data internal seperti foto, video, dokumen, dan lain-lain. Tanpa sadar, data-data internal tersebutlah yang harus dihapus karena memenuhi storage pada ponsel. Terkadang, kita sulit untuk menentukan data apa yang perlu dihapus karena semua memang terlihat sama pentingnya.

Baca Juga: 9 Tips Merawat HP Redmi Note 8

Terlebih lagi jika data-data tersebut berbentuk video yang berdurasi cukup panjang. Jika Anda merasa data-data tersebut tidak boleh terhapus, Anda dapat memindahkannya ke laptop atau pun backup ke Google Drive atau cloud. Jadi, Anda tidak perlu lagi untuk memilih data-data apa saja yang harus dihapus. 

10. Jangan Menggunakan Dua Widgets

Memakai dua widgets pada ponsel juga dapat mengakibatkan performa HP melambat. Mirip seperti menggunakan live wallpaper, menggunakannya dapat mengurangi kesehatan baterai. Untuk itu, Anda harus menghindari menggunakan dua widgets agar ponsel Anda dapat terhindar dari lemot.

Ponsel yang bagus memang tidak bisa didasari oleh sebuah merk. Namun, ponsel yang bagus adalah ponsel yang memiliki fungsi baik dan dapat digunakan dengan normal. 

Itulah 10 tips untuk mencegah ponsel yang lemot. Semoga bermanfaat! Salam AdityaTekno.com

Hi, Aku Aditya Nur Kahfi, biasa dipanggil Adit. Seorang Blogger, Content Writer, CEO & Founder AdityaTekno.com dan juga Editor/Redaktur di Portal Berita Lokal iNews.id - iNewsBekasi.id.

Posting Komentar