7 Cara Meningkatkan Ranking Alexa (Alexa Rank) Blog atau Website

Ada banyak cara meningkatkan alexa rank sebuah website. Salah satunya Cara Meningkatkan / Menaikkan Ranking Alexa / Alexa Rank Blog maupun Website.
Cara meningkatkan Alexa Rank sebuah website
Gambar : freepik.com | Edited : adityatekno.com

AdityaTekno.com - Cara Meningkatkan / Menaikkan Ranking Alexa / Alexa Rank Blog maupun Website. Tools online yang paling sering digunakan orang untuk mengukur ranking atau peringkat sebuah website adalah Alexa Rank. 

Alexa Rank sering kali juga menjadi rujukan utama untuk mengetahui ranking website. Meskipun ada sebagian orang yang tidak percaya dengan angka yang dikeluarkan Alexa Rank dengan berbagai alasan. 

Akan tetapi, Alexa Rank juga masih sangat dipertimbangkan. Faktanya mayoritas pengusaha dan pengembangan internet mengakui bahwa Alexa Rank memiliki tingkat akurasi yang sangat baik dalam mengukur peringkat blog / website yang memang bagus di dunia.

Karena blog / website yang memiliki ranking Alexa yang bagus tentu mendatangkan banyak hal yang positif, diantaranya bisa jadi pertanda bahwa blog / website tersebut berkualitas, kredibilitasnya diakui, banyak visitor, dan menandakan bahwa blog / website tersebut disukai pengunjung.

Mempunyai Ranking Alexa Blog yang kecil bisa jadi pertimbangan bagi orang lain yang ingin melakukan kerjasama seperti yang sudah saya katakan diatas, serta hal positif lain bagi pemiliknya seperti menimbulkan rasa bangga tersendiri, senang dan menimbulkan rasa semangat untuk ngeblog maupun semakin meningkatkan kualitas artikel blog nya.

Alexa Traffic Rank dihitung berdasar perhitungan histori tri wulan (3 bulan atau 90 hari) data traffic yang dikumpulkan Toolbar Alexa pengguna. Data juga didapat dari sumber lain dan dikombinasikan dengan pageview dan reach atau kunjungan web asli pengunjung dan bukan robot.

Apa Itu Alexa Rank?

Alexa Rank adalah sebuah situs atau website yang didirikan pada tahun 1996 oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat, dimana tujuannya adalah untuk melakukan pemeringkatan website-website yang ada di Internet berdasarkan banyaknya kunjungan pada setiap blog / website.

Jadi, semakin banyak pengunjung maka semakin tinggi peringkatnya (semakin kecil angkanya atau semakin ramping). Satu hal yang perlu anda ketahui, bahwa Alexa saat ini berada dibawah naungan Amazon.com karena sudah diakuisisi pada tahun 1999.

Bagaimana Cara Penghitungan Yang Dilakukan Alexa Rank?

Alexa Rank melakukan pemeringkatan berdasarkan dari jumlah pengujung. Perlu anda ketahui, kalau menurut Alexa sendiri, mereka mengetahui seseorang mengunjungi sebuah website dari Alexa Toolbar yang diinstall oleh orang tersebut di browsernya, namun tentu tidak semua orang menginstall Alexa Toolbar.

Sebab, penghitungan Alexa dianggap oleh sebagian orang kurang tepat dan tidak bisa jadi acuan penilaian sebuah website, namun nyatanya Alexa tetap dijadikan indikator oleh banyak orang ketika ingin mengetahui ranking sebuah website. Selain Alexa Toolbar, hal lain yang bisa mempengaruhi peringkat Alexa adalah jumlah link menuju website tersebut.

Apa Manfaat Alexa Rank?

Sampai sekarang Alexa Rank masih dipercaya sebagai alternatif standar peringkat blog maupun website. Alexa Rank juga memberikan cukup banyak manfaat, diantaranya yaitu :

  1. Alexa Rank dapat digunakan sebagai alat intelijen untuk melakukan pengecekan terhadap blog atau website anda.
  2. Alexa Rank dapat melihat kompetitor mengenai kepopulerannya di dunia maya.
  3. Alexa Rank bisa digunakan sebagai pembanding dari DA PA blog atau website.
  4. Alexa Rank dapat membantu anda bagi owner dan webmaster untuk meningkatkan kinerja dan potensi dari blog di mesin pencari.
  5. Dari hasil analisis Alexa Rank blog atau website anda, besar kemungkinan dilirik oleh para pengiklan, pencari banklink maupun content placement. Semakin bagus ranking alexa, maka semakin tinggi juga tawaran untuk membeli jasa pada blog anda.

Cara Meningkatkan Ranking Alexa (Alexa Rank) Blog atau Website

Ada banyak cara meningkatkan alexa rank sebuah website. Cara yang saya bagikan ini sesuai pengalaman saya sendiri, dan juga diterapkan di blog AdityaTekno. 

1. Rajin Posting Artikel

Cara meningkatkan Ranking Alexa yang pertama yaitu dengan sering melakukan posting artikel pada blog anda, memungkinkan untuk menaikkan ranking alexa blog. Jadi, usahakan minimal sehari post 1 artikel, lebih dari satu malah lebih bagus, tapi jangan terlalu banyak, batasi seharinya 3-5 artikel.

Baca Juga : Cara Terbaru Agar Artikel Blog Cepat Terindeks Oleh Google

Buatlah artikel yang sering dicari pengunjung, untuk itu riset keyword terlebih dahulu sangat dianjurkan. Kenapa harus rajin posting artikel? Karena Google sangat menyukai Blog / Website yang sering melakukan update artikel setiap harinya. Dan bisa meningkatkan reputasi Blog / Website dan sedikit demi sedikit posisi artikel di SERP Google akan meningkat sehingga bisa meningkatkan visitor.

Baca Juga : Penyebab dan Solusi Artikel Hilang dari SERP Google

2. Link Building

Cara meningkatkan Ranking Alexa yang kedua yaitu melakukan link building. Membangun link atau link building adalah salah satu cara yang membuat Ranking Alexa meningkat. Membangun link yaitu dengan memperbayak link menuju blog / website anda (backlink).

Dengan banyaknya link menuju ke blog / website anda itu menjadi pertanda bagi Alexa, bahwa blog / website anda adalah blog / website yang kredibel, karena dianggap sebagai blog / website yang menjadi rujukan. Karena di halaman Alexa backlink menuju sebuah website akan tercatat, jadi tentu hal tersebut mempengaruhi pemeringkatan mereka juga.

Backlink yang paling bagus adalah yang didapat dari website terkenal yang kredibilitasnya diakui, rankingnya tinggi, mempunyai nilai DA PA blog tinggi dan pengunjungnya banyak. Biasanya website pemerintahan (.gov / go.id) atau website universitas (.edu, .ac.id) akan berdampak baik bagi website anda karena terpercaya dan memiliki ranking yang tinggi.

Lalu bagaimana cara mendapatkan backlink? 

Cara mendaptakan backlink yaitu dengan melakukan BlogWalking (BW) dan berkomentar yang relevan di blog yang anda BW. Selain melakukan BlogWalking, ada cara lain yang sangat dianjurkan untuk mendapatkan Backlink, yaitu dengan melakukan Content Placement, Guest Post maupun Pasang Iklan di blog / website yang mempunyai nilai DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) yang tinggi. 

Jika mau, anda juga bisa melakukan Content Placement, Guest Post dan Pasang Iklan di blog AdityaTekno ini.

3. Share Postingan ke Media Sosial

Cara meningkatkan Ranking Alexa yang ketiga yaitu dengan share postingan ke media sosial. Melakukan share postingan artikel ke media sosial juga sangat penting dalam meningkatkan ranking alexa blog. Cara yang satu ini tergolong sangat mudah, anda hanya perlu membagikan link artikel ke media sosial seperti Facebook, Twitter, Pinterest dan lain sebagainya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Gambar Postingan Blog yang Tidak Muncul Saat di Share ke Facebook

Satu hal yang perlu anda ingat, dalam berbagi link artikel di media sosial jangan sampai melakukan spam. Jadi, saran saya adalah jika menggunakan Facebook, anda cukup membagikan di FansPage Facebook blog anda atau di status akun Facebook anda, dan juga bisa melakukan share postingan ke Grup atau Forum yang topik pembahasannya sama dengan artikel yang anda buat.

4. Claim Website Anda di Alexa Rank

Cara meningkatkan Ranking Alexa yang keempat yaitu meng-claim website anda di Alexa Rank. Dengan mengklaim website anda di alexa.com/siteinfo, tujuannya yaitu agar anda bisa memberikan keterangan tambahan pada Alexa. 

Keterangan tambahan itu membantu Alexa untuk mengetahui siapa pemilik website yang sebenarnya, apa kategori website tersebut sehingga membantu mereka mempercayai website anda dan menentukan peringkat.

Untuk klaim biasanya ada beberapa cara, bisa dengan mengupload file untuk verifikasi atau dengan menuliskan kode verifikasi di meta tag.

5. Gunakan Alexa Toolbar

Cara meningkatkan Ranking Alexa yang kelima yaitu dengan menggunakan Alexa Toolbar. Alat utama yang digunakan Alexa Rank untuk melakukan penghitungan adalah Alexa Toolbar yang mereka buat. 

Semakin banyak pengguna Alexa Toolbar maka semakin mudah mereka menghitung, jadi jika memungkinkan buatlah orang yang sering mengunjungi website anda agar menginstall Alexa Toolbar,

Tujuan memasang Alexa Toolbar agar mereka bisa dengan mudah melihat ranking suatu website hanya dengan klik sebuah ikon yang ada di browser setelah Alexa toolbar terinstal. Selain itu agar ketika mereka berkunjung ke website anda, kunjungan mereka akan tercatat dengan baik di server Alexa. 

Jika anda tidak bisa membuat orang lain memasang Alexa toolbar, maka cukup anda saja yang memasang, jadi ketika anda mengunjungi website anda sendiri, maka kunjungan tersebut akan tercatat di alexa.

6. Pasang Alexa Widget

Cara meningkatkan Ranking Alexa yang keenam yaitu dengan memasang widget Alexa Rank. Alexa juga memiliki fitur Alexa widget yang akan menampilkan ranking alexa di halaman blog / website anda. 

Dengan begitu anda perlu menambahkan script yang diberikan alexa di source code blog / website anda, script ini ada kemungkinan juga menghitung jumlah pengunjung. Akan tetapi, Alexa widget ini belum support website yang menggunakan https. (cara yang keenam ini opsional saja, anda tidak harus menerapkannya di blog / website anda)

7. Gunakan Alexa Pro

Cara meningkatkan Ranking Alexa yang ketutjuh yaitu dengan Alexa Pro, dengan Alexa Pro maka anda bisa membuat sertifikat resmi yang akan diberikan oleh Alexa untuk website Anda. 

Dengan adanya sertifikat pro maka website anda akan semakin kredibel dimata Alexa, selain itu dengan Alexa Pro anda juga bisa melihat dengan lebih lengkap data-data yang berkaitan dengan website anda, seperti website apa saja yang mengarah ke website anda dan data-data statistik lain yang bisa anda gunakan untuk menganalisa website dan mengoptimalkan bisnis anda. (cara yang ketujuh ini juga opsional saja, anda tidak harus menerapkannya di blog / website anda)

Note : Cara Meningkatkan Ranking Alexa (Alexa Rank) Blog atau Website ini tidak akan bekerja dalam sehari saja, akan tetapi membutuhkan proses secara perlahan dan bertahap. Jadi, harus tetap bersabar.

Perhatian! : Jangan menggunakan jasa untuk meningkatkan rank alexa, karena rank yang didapat hanya sementara alias tidak permanen. Setelah tidak menggunakan jasa itu nantinya akan kembali seperti semula rank alexa blog anda atau nanti bisa-bisa malah lebih membengkak dari sebelum menggunakan jasa. Jadi, alangkah baiknya anda menggunakan cara yang natural, seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

Demikian 7 Cara Meningkatkan Ranking Alexa (Alexa Rank) Blog atau Website. Semoga cara yang saya bagikan bisa bermanfaat untuk anda. Salam AdityaTekno.com