Cara Mendapatkan Iklan Matched Content Google AdSense

Kali ini saya akan berbagi tips Cara Mendapatkan Iklan Matched Content Google Adsense. Apa itu matched content? Apa saja manfaatnya?
Cara Mendapatkan Iklan Matched Content Google AdSense

AdityaTekno.com - Kali ini saya akan berbagi tips Cara Mendapatkan Iklan Matched Content Google Adsense. Mendapatkan penghasilan jutaan hingga milyaran rupiah dari Google Adsense merupakan salah satu impian setiap blogger di Indonesia dan termasuk saya juga. 

Akan tetapi, untuk mendapatkan penghasilan yang besar tentu dibarengi juga dengan kerja keras dan pengorbanan yang besar juga. Mulai dari membangun blog, mendaftarkan blog ke Google Adsense sampai trik-trik meningkatkan pendapatan dari Google Adsense. 

Dan semua proses tersebut pasti akan dialami oleh setiap publisher Google Adsense diseluruh dunia lebih khusus di Indonesia. 

Lalu, apa itu matched content? Apa saja manfaatnya? dan bagaimana cara mendapatkannya? Langsung saja simak pembahasannya dibawah ini.

Apa itu Iklan Matched Content?

Matched Content atau konten yang sesuai adalah salah satu fitur iklan dari Google AdSense yang telah disediakan oleh Google Adsense, yang fungsinya mirip seperti related post yang ada di sebuah blog. Namun memiliki isi yang lebih bervariasi daripada related post biasa.

Cara Mudah Mendapatkan Iklan Matched Content Google AdSense
Contoh Iklan Matched Content Google AdSense 

Meskipun anda telah diterima Google AdSense sepenuhnya atau full approved, belum tentu anda juga bisa menayangkan secara langsung iklan Matched Content yang ada di Google AdSense.

Coba anda perhatikan gambar diatas, disana terlihat bahwa terdapat sebuah konten yang tidak ada di postingan blog kita. Kenapa bisa begitu? Karena itu adalah iklan dari Google yang di gabungkan dengan artikel kita yang relevan (sesuai).

Apa Manfaat Iklan Matched Content?

Setelah mengetahui maksud dari iklan matched content, selanjutnya saya akan membahas fungsi dan manfaatnya.

Langsung saja, berikut adalah fungsi dan manfaat dari iklan matched content :

1. Bisa Meningkatkan Pendapatan Google AdSense

Apakah benar bisa meningkatkan pendapatan Google AdSense? Jawabannya bisa jadi.

Kenapa bisa jadi? Karena kemungkinan besar pengunjung juga akan mengeklik iklan yang terdapat pada matched content.

2. Bisa Mengurangi Bounce Rate

Selain berpeluang menambah pendapatan Google AdSense, iklan matched content juga dapat mengurangi bounce rate, karena pada dasarnya fungsi utama dari iklan matched content ini mengarahkan pembaca untuk mengunjungi artikel lain pada blog tersebut.

3. Bisa Meningkatkan Page View Blog

Seperti yang sudah saya katakan diatas, jika pembaca dialihan ke artikel lainnya atau related post, pastinya jumlah page view pada blog kita akan menambah. Jadi, lumayan buat nambah-nambah page view blog.

4. Bisa Meningkatkan RKT atau CTR

Gimana ceritanya mas iklan matched content bisa meningkatkan CTR atau RKT? Ya pada awalnya saya juga kaget, saya kira itu terkena Bom Click, tapi ternyata tidak, dan untungnya lagi masih dianggap sah oleh Google.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa iklan matched content bisa juga menigkatkan CTR atau RKT Google AdSense.

5. Bisa Meningkatkan Performa Blog

Nah, setelah blog kita yang terpasang iklan matched content mendapatkan empat manfaat diatas, tanpa kita sadari performa blog Anda juga akan meningkat secara perlahan. 

Jadi, ditunggu saja dan rasakan perebedaannya ketika sebelum memasang iklan matched content dan sesudah memasang iklan matched content.

Selain mendapatkan manfaat-manfaat diatas, iklan matched content juga banyak digunakan pengguna karena memiliki keunggulan, seperti tidak mengurangi loading blog, mudah di kustomisasi, dan tentu responsive.

Sama seperti iklan matched content yang ada di AdityaTekno, iklan tersebut sudah di kustomisasi jadi lebih beda dari iklan matched content pada umumnya.

Pasti anda sudah tidak sabar bukan, bagaimana cara mendapatkan matched content dari google adsense? lalu apa saja syarat-syaratnya? Berikut penjelasannya.

Cara Mendapatkan Iklan Matched Content Google AdSense

Seperti yang sudah saya katakan diatas, bahwa Iklan Matched Content adalah fitur tambahan yang tidak semua publisher bisa langsung mendapatkan iklan ini walau sudah full approved sekalipun. Hanya blog terpilih dan memenuhi syarat yang mendapatkan fitur unggulan ini.

Jadi, anda perlu memperhatikan terlebih dahulu beberapa hal untuk mendapatkan Matched Content AdSense, berikut penjelasannya :

1. Mempunyai Jumlah Pengunjung yang Stabil

Setelah saya tanya-tanya ke para senior blogger dan baca-baca juga di blog lain, bahwa untuk mendapatkan iklan matched content harus memiliki jumlah traffic yang besar setiap harinya. Bahkan angka yang disebutkan berkisar puluhan ribu PV (Page View).

Tapi, kenyataan berkata lain. Saya mendapatkan fitur Matched Content dengan traffic yang hanya berkisar antara 1000-2000 saja perharinya. Untuk itu, menurut saya cukup dengan pengunjung organik yang stabil tidak terlalu rendah, tidak naik turun dan tetap diantara kisaran yang sama.

Baca Juga : Cara Membuat Slot Iklan Link Mirip Seperti Iklan Link AdSense

Jadi, dapat disimpulkan bahwa traffic memang berpengaruh dalam mendapatkan Iklan Matched Content ini, namun angka puluhan ribu tersebut ternyata hanya mitos saja. Karena dengan PV 2000 pun masih bisa mendapatkan iklan jenis ini.

2. Menggunakan Template SEO dan Responsive

Setelah mempunyai jumlah pengunjung yang stabil, hal yang perlu diperhatikan selanjutnya untuk mendapatkan iklan matched content yaitu dengan menggunakan template yang SEO dan responsive.

Kenapa harus SEO dan Responsive? Karena supaya robot google dapat dengan mudah memahami struktur dan isi blog yang anda miliki. Selain itu template yang responsive juga akan membuat pengunjung nyaman dan betah berlama-lama di blog anda.

3. Perhatikan Jumlah Artikel Blog Anda

Selain hal-hal diatas, anda juga perlu memperhatikan juga jumlah artikel. Anda harus memiliki jumlah artikel yang mumpuni untuk memaksimalkan traffic dan page view dari blog yang Anda kelola.

Menurut informasi yang saya baca, untuk mendapatkan matched content harus memiliki 300 artikel lebih yang telah di publish, dan akan lebih baik jika setiap label memiliki 5 artikel atau lebih. Karena seperti yang telah saya jelaskan diatas, fitur ini mirip seperti related post.

Tapi tenang, untuk blog anda yang masih memiliki jumlah postingan belum sampe 300 artikel jangan berkecil hati. 

Dulu blog AdityaTekno ketika mendapatkan iklan matched content baru memiliki jumlah postingan 100 an lebih artikel dan puluhan artikel yang sudah masuk page one (halaman pertama).

Jadi, dapat disimpulkan bahwa untuk mendapatkan iklan matched content tidak harus benar-benar memiliki 300 lebih artikel dan dengan hanya 100 an lebih artikel masih bisa mendapatkan iklan matched content, dengan catatan artikel yang anda posting harus mempunyai traffic yang cukup banyak, atau banyak artikel yang masuk page one. Tapi alangkah baiknya juga perbanyak artikel yang diposting, ya itung-itung seperti jaminan.

4. Rajin Posting Artikel dan Konsisten

Kenapa harus rajin posting artikel? Karena hal ini bertujuan untuk memberitahu google jika blog anda masih aktif. Ya meskipun bagian ini tidak di sebutkan pada halaman resmi google mengenai matched content, tapi menurut saya ini juga hal penting.

Artikel yang akan diposting juga usahakan sebisa mungkin jangan plagiat, lalu jika anda lebih sibuk di dunia nyata dan tidak bisa rajin posting artikel. Usahakan anda post artikel seminggu 2-3 kali saja sudah cukup.

Baca Juga : Cara Terbaru Agar Artikel Blog Cepat Terindeks Oleh Google

5. Optimalkan Monetisasi

Menurut yang saya baca pada halaman resmi google, untuk mendapatkan iklan matched content, situs harus dimonetisasi secara optimal. Maksudnya Optimal yaitu memasang iklan sesuai TOS Google tanpa melanggar satupun.  

Nah, untuk cara mengoptimalkan monetisasinya, anda dapat melakukan hal berikut ini :

  • Melakukan experimen jenis dan ukuran iklan
  • Experimen penempatan iklan

6. Memasang Kode Iklan Otomatis di Blog

Alangkah baiknya jika anda memasang iklan otomatis dan mengaktifkan fitur konten yang sesuai, soalnya ini pengalaman saya sendiri, menggunakan cara ini juga termasuk cukup ampuh agar AdSense anda cepat menampilkan iklan matched content.

Kesimpulan

Gimana, cukup mudah kan cara nya? Setelah anda membaca penjelasan diatas, pasti bisa menyimpulkan bahwa untuk mendapatkan iklan matched content yaitu harus memenuhi beberapa persyaratan dari google adsense itu sendiri, dan hanya blog yang memenuhi syaratlah yang bisa menikmati manfaat dan keunggulan dari iklan matched content.

Baca Juga : Cara Mengatasi Masalah Notif sellers.json di Google AdSense

Demikian artikel tips Cara Mendapatkan Iklan Matched Content Google AdSense. Semoga bisa bermanfaat dan membantu anda dalam mendapatkan iklan matched content. Terima kasih sudah berkunjung. Salam AdityaTekno.com

Seorang Blogger, Content Writer, CEO & Fouder AdityaTekno.com dan juga Editor/Redaktur di Portal Berita Lokal iNews.id - iNewsBekasi.id.

3 komentar

  1. Terima kasih tipsnya. Kalau berdasarkan pengalaman Mas Aditya, seberapa signifikan pengaruh iklan jenis ini dibandingkan yang lainnya?

    Saya tertarik untuk tahu karena memang banyak yang bilang iklan matched konten cukup membantu mengoptimalkan pendapatan tetapi saya belum tahu seberapa tinggi perbedaannya.
    1. Sejauh ini pengaruh Iklan Matched Content yang saya rasakan yaitu pada page view blog yang cukup meningkat dibanding sebelum menggunakan iklan jenis ini. Lalu untuk pendapatan sendiri, saya rasa masih sedikit ya, soalnya di blog AdityaTekno CPC Iklan Matched Content nya sekitaran 200-300 rupiah.
  2. Wah terimakasih banyak artikelnya sangat bermanfaat bagi saya sebagai pemula,

    Mohon syaran dan masukannya mengenai blog saya apola media
© AdityaTekno. All rights reserved. Developed by Jago Desain