Cara Menghilangkan Kode ?m=1 dan ?m=0 pada URL Blog (Blogger/Blogspot)

Jangan ambil pusing, nih aku kasih tutorialnya Cara Menghilangkan Kode ?m=1 dan ?m=0 di URL Blogger / blogspot. Yuk langsung praktekkin.
Cara Menghilangkan Kode m=1 dan m=0 pada akhiran URL Blogspot

AdityaTekno.com - Cara Menghilangkan Kode ?m=1 dan ?m=0 di URL Blogger. Bagi anda yang masih menggunakan Blogger atau blogspot, pasti seringkali melihat kode ?m=1 atau ?m=0 belakang alamat/URL blog ketika diakses melalui perangkat mobile browser. Dan itu terjadi ketika masih menggunakan subdomain blogspot maupun setelah custom domain.

Lalu, apa itu kode ?m=1 dan ?m=0? bagaimana cara menghilangkannya? atau bagaimana cara menyembunyikannya?

Apa itu Kode ?m=1 dan Kode ?m=0?

Sebetulnya kode ?m=1 merupakan tanda bahwa perangkat yang digunakan untuk mengakses blog yaitu perangkat mobile, sedangkan kode ?m=0 merupakan tanda bahwa perangkat yang digunakan untuk mengakses blog adalah perangkat desktop atau PC. 

Meskipun pada kenyataannya tidak ditemui kode ?m=0 pada perangkat desktop. Akan tetapi, kode ?m=0 akan muncul ketika blog diakses melalui perangkat mobile tapi di setting ke tampilan desktop.

Kenapa Kode ?m=1 dan ?m=0 pada URL Blogger Perlu Dihilangkan?

Karena kode-kode akhiran seperti ?m=1 maupun ?m=0 bisa menjadi Duplicate Title Tags atau Duplicate Content. Meskipun beberapa orang mengatakan bahwa kode tersebut menjadi Duplicate Content tidak begitu masalah asalkan bukan SPAM. Dengan kata lain menghilangkan kode m=1 pada URL Blogspot secara tidak langsung akan meningkatkan SEO.

Apakah anggapan itu benar mas? Dan apakah benar hal tersebut berhubungan langsung dengan SEO?

Menurut pendapat saya pribadi, pernyataan seperti itu yang mengatakan bahwa kode ?m=1 atau ?m=0 dapat menyebabkan duplikat konten pada blog tidaklah benar dan juga tidak sepenuhnya salah.

Pendapat dari para Blogger hanyalah asumsi semata, yang mungkin secara kebetulan mereka mengalami permasalahan ketika url blog mereka masih memiliki kode akhiran ?m=1 atau ?m=0. Sehingga mereka pada meyakini bahwa penyebabnya adalah hal seperti itu.

Pada kenyataannya para Blogger tidak memperhatikan hal seperti ini dan sebagian besar dari Blogger lainnya juga tidak pernah mengalami masalah seperti duplikat konten yang diakibatkan oleh kode akhiran ?m=1 atau ?m=0.

Lalu, apa manfaat menghilangkan kode ?m=1 atau ?m=0 pada url blog?

Apa Manfaat Menghilangkan Kode ?m=1 dan ?m=0 pada URL Blog?

Sebenarnya manfaatnya mungkin tidak begitu penting bagi orang yang tidak terlalu peduli dengan kode akhiran seperti ini. Tapi menurut saya yang suka yang simpel-simpel dan rapi akan menjadi penting. 

Karena trik atau tips menghilangkan kode ?m=1 dan ?m=0 pada url blog itu tujuannya untuk memperingkas url blog, khususnya pada blogspot. Sehingga dengan menghilangkan kode tersebut akan membuat url blog terlihat singkat dan rapi.

Apa Hubungannya Kode ?m=1 atau ?m=0 dengan SEO?

Ada yang mengatakan kalau menghilangkan kode ?m=1 atau ?m=0 pada url blog dapat meningkatkan SEO blog atau situs. Akan tetapi, sebenarnya pendapat seperti itu tidaklah benar. Karena pada faktanya, menghilangkan kode ?m=1 atau ?m=0 tidak dapat membuat blog atau situs tersebut naik ranking ataupun turun ranking di mesin pencari. 

Jadi, jika ada yang mengatakan kalau menghilangkan kode ?m=1 atau ?m=0 dapat meningkatkan SEO itu tidaklah benar. Untuk meningkatkan SEO blog atau situs yaitu caranya dengan meningkatkan lagi kualitas konten yang anda buat. Buat artikel yang SEO agar dinilai baik oleh Google, sehingga nantinya bisa nge-ranking di mesin pencari.

Sampai sini sudah paham kan apa itu kode ?m=1 dan ?m=0, kenapa kode ?m=1 atau ?m=0 perlu dihilangkan, apa manfaatnya, dan hubungannya dengan SEO.

Nah, jika sudah paham, mari kita lanjut ke inti dari pembahasan kali ini. Berikut tutorialnya.

Cara Menghilangkan Kode ?m=1 dan ?m=0 pada URL Blog

  1. Buka dashboard Blogger.
  2. Masuk ke Tema, lalu klik Edit HTML.
  3. Kemudian letakkan kode berikut diatas kode </body>
    <script type='text/javascript'>
    var uri = window.location.toString();if (uri.indexOf(&quot;?m=1&quot;,&quot;?m=1&quot;) &gt; 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf(&quot;?m=1&quot;));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}
    </script>
  4. Terakhir, klik Simpan. Dan lihat perubahannya.

Demikian tutorial Cara Menghilangkan Kode ?m=1 dan ?m=0 pada URL Blog. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa dipostingan selanjutnya. Salam AdityaTekno.com

Artikel terkait lainnya :

Seorang Blogger, Content Writer, CEO & Fouder AdityaTekno.com dan juga Editor/Redaktur di Portal Berita Lokal iNews.id - iNewsBekasi.id.

11 komentar

  1. Trima kasih
  2. Wah terima kasih bang tutorialnya sangat bermanfaat
    1. Sama-sama bang
  3. tidak berlaku...tetap saja ?=1 pada pageSpeed, malah jadi nambah DOM. Itu masuk dalam kebijakan cache Google.
    1. Hallo kak, untuk kode ?=1 diakhir url itu sudah dari sananya dan tidak bisa dihilangkan secara permanen. Tutorial diatas hanya menghilangkan dari tampilan url/menyembunyikan saja. Jadi, sebernarnya masih ada tetapi hanya disembunyikan saja.
    2. Tetap muncul di URL, kak. Dan kecepatan tidak berubah saat di ukur melalui tool kecepatan. Namun DOM pemberat di template jadi bertambah (karena Javascript)

      Menurut John Mueller (expat web sisi Google) kita tidak dapat berbuat apa apa terhadap itu karena bukan dari sisi template tapi dari sisi server.
    3. Boleh lihat blognya kak Anissa?
      Soalnya kode script diatas bisa diterapkan di beberapa blog saya dan berhasil menyembunyikan kode ?m=1 nya.

      Untuk soal kecepatan loading blog, tergantung dari server dan dari template nya itu sendiri kak. Tapi karena kita ikut (numpang) di hosting nya Blogger jadi jadi kita tidak bisa berbuat apa-apa. Yang bisa kita lakukan hanya melakukan optimasi pada templatenya, biar tidak lambat ketika di akses.

      Coba ikuti tutorial2 yang sudah saya buat di blog ini, cari dengan keyword "cara mempercepat loading blog". Nanti akan ada cukup banyak tutorialnya.

      Terima kasih kak. Semoga membantu.
  4. Terima kasih kak, udah saya coba berhasil
    1. Sama-sama kak, mantap kalo berhasil :)
  5. Oh jadi begitu mas, iya saya liat suhu blogger seperti Mastimon & kompi ajaib juga tidak disembunyikan kode m=1 nya. Mkasi kak tutorialnya 🙏
    1. Iya kak, sama-sama.
© AdityaTekno. All rights reserved. Developed by Jago Desain