√ Latihan Soal UN SMK Bahasa Indonesia 2018 - AdityaTekno

Social Items

latihan+soal+un+smk

Di kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa contoh soal untuk latihan UN (Ujian Nasional) SMK Bahasa Indonesia 2018, tetapi untuk anak SMA juga bisa latihan soal ini karena tidak jauh berbeda antara UN SMK dan SMA. Jadi, tidak usah kawatir jika saya tidak memposting contoh soal UN untuk SMA. 

Sudah diumumkan bahwa UN utama tahun 2018 untuk jenjang SMK/MAK diperkirakan akan dilaksanakan pada bulan april 2018 sampai dengan selesai. SMK merupakan mayoritas sekolah pelaksana UN Berbasis Komputer atau sering kita dengar dengan sebutan CBT (Computer Based Test). Karena di SMK, pihak Sekolah telah menyiapkan sarana prasarana Komputer untuk kegiatan pembelajaran sejak lama dan disesuaikan dengan jumlah siswa yang ada.

UN tahun 2017 jenjang pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan telah dilaksanakan sejak tanggal 3 - 6 April 2017 serentak dilaksankan diseluruh wilayah Indonesia. Dan terdapat enam provinsi yang 100% menyelenggarakan UNBK jenjang SMK, yaitu Provinsi DKI (Daerah Khusus Ibukota) Jakarta, DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta), Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan dan Bangka Belitung. Total satuan pendidikan yang menyelenggarakan  UNBK SMK adalah 9.832 Sekolah.

Demi membantu dalam belajar untuk para calon peserta UN tingkat SMK/MAK atau juga SMA/MA sederajat, langsung saja simak baik-baik contoh soal Latihan UN SMK Bahasa Indonesia tahun 2018 dibawah ini:

1. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Setiap tahun selalu ada ponsel pintar baru yang dihadirkan oleh vendor ponsel pintar. Bahkan tidak perlu       menunggu hitungan tahun, ada vendor yang menghadirkan ponsel pintar baru setiap bulannya. Dampaknya, kamu pasti pernah kebingungan saat akan membeli ponsel pintar baru, kan? Apalagi jika spesifikasinya sangat canggih.

Makna istilah yang bergaris bawah pada paragraf tersebut adalah …
A. penjual, proses, berteknologi
B. pedagang, kekhususan, terbarukan
C. distrubutor, bahan, khusus
D. penyedia bahan, rincian, modern
E. pabrik, proses, berkualitas

2. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Kemristek, Mohamad Nasir, telah menerbitkan aturan yang melarang tindakan kekerasan di dalam lingkungan sekolah atau kampus, khusunya dalam penerimaan siswa atau mahasiswa baru. Jika terjadi kekerasan maka pelakunya harus dipidana, bisa di-skorsing satu semester, 1 tahun, atau bahkan dikeluarkan dan dipenjarakan. Seperti diketahui, tiga mahasiswa UII meninggal dunia setelah mengikuti pendidikan dasar (diksar) di lereng selatan Gunung Lawu pada Januari 2017 lalu. M. Nasir menambahkan bahwa kegiatan-kegiatan yang sebelumnya bernuansa perpeloncoan entah MOS atau semacamnya harus diperbaiki itu menjadi kegiatan yang positif dan menyenangkan.

Ide pokok paragraf tersebut adalah …
A. Kasus kekerasan diksar di Kampus UII yang memakan korban jiwa.
B. Terbitnya aturan pelarangan kekerasan di lingkungan sekolah atau kampus.
C. Perlunya perbaikan sistem dalam kegiatan penerimaan siswa baru.
D. Kegiatan-kegiatan kekerasan harus diubah menjadi kegiatan menyenangkan.
E. Hukuman pidana harus dilakukan oleh para pelaku kekerasan.

3. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Mau ke mana setelah UN? Jangan berlebihan bersenang-senang karena UN sudah terlewati. Masih ada tahap selanjutnya yang harus kamu lalui. Sebuah keputusan hidup perlu kamu tentukan. Karenanya, pikirkan yang terbaik! Kebebasan setelah UN, hanya sekejap, jangan berlarut menjadi bersikap santai dalam hidup. Anda harus segera bertindak kuliah, kerja, wirausaha, atau menikah. Fokus dan prioritaskan pada masa depan dahulu dan upayakan semaksimal mungkin.

Simpulan tersirat paragraf tersebut adalah …
A. Berbagai pilihan jalan hidup setelah UN untuk masa depan.
B. Setelah UN ada banyak kemungkinan masalah yang akan dihadapi.
C. Setelah UN bisa kuliah, kerja, wirausaha, atau menikah.
D. Fokus dan tujuan prioritas yang bisa diupayakan setelah UN.
E. Setelah UN harus segera bertindak untuk masa depan.

4. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Kemenpora di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo telah memulai program-program peningkatan prestasi olahraga dengan mengacu pada konsep Indonesia Sentris yang mencerminkan Nawacita. Presiden mengamanatkan pembangunan Indonesia dari kawasan pinggiran melalui program Satu Desa Satu Lapangan. Pada tahun 2015 telah terbangun sebanyak 470 lapangan olahraga desa, sementara di tahun 2016 telah terbangun sebanyak 346 lapangan dan target di tahun 2017 akan dapat terbangun sebanyak 1000 lapangan olahraga desa.

Keberpihakan penulis terhadap isi paragraf tersebut adalah ....
A. kepada masyarakat
B. kepada pemerintah 
C. kepada atlet Indonesia
D. kepada presiden 
E. kepada aparat desa

5. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Upaya pemerintah menggalakan transaksi nontunai di antaranya untuk meminimalkan kejahatan. Transaksi nontunai dapat meminimalkan peredaran uang palsu karena tidak menggunakan uang tunai yang mudah dipalsukan atau dilipatgandakan. Para pedagang tidak perlu was-was dengan adanya uang palsu serta tidak perlu repot menyiapkan uang kembalian. Sementara itu, bagi konsumen uang nontunai mudah dibawa kemana-mana tanpa takut perampokan dan menjadi filter bagi diri sendiri untuk tidak boros. Transaksi nontunai bagi negara juga menguntungkan karena lebih higienis, menghemat pengeluaran negara, mencegah peredaran uang palsu, penggelapan, transaksi ilegal (korupsi), serta menekan laju inflasi. Pemerintah dan penyedia layanan seharusnya mulai berbenah dalam transaksi ekonomi di Indonesia.

Inti paragraf tersebut adalah ...
A. Bagi konsumen pembayaran nontunai dapat menghindari korupsi dan menekan infasi.
B. Pemerintah seharusnya memikirkan pembayaran nontunai disamping pembayaran tunai.
C. Transaksi nontunai lebih menguntungkan dibandingkan transaksi tunai dalam banyak hal.
D. Para pedagang, konsumen, dan pemerintah merasa lebih untung menggunakan uang tunai.
E. Transaksi ekonomi Indonesia harus dibenahi dari pembayaran nontunai ke tunai.

6. Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
Pintu Flood Gate digunakan untuk melindungi bangunan dari bencana banjir. Produk ini cocok digunakan untuk pabrik, apartemen, hotel, ruko, gedung perkantoran, restoran, universitas, sekolah, rumah sakit, basement, rumah pribadi, dan bangunan lainnya. Produk terbuat dari stainless steel dan karet spesial EPDM. Produk pintu Flood Gate ini sangat ringan serta mudah dipasang dan disimpan. Produk ini juga tahan lama dan tidak akan berkarat. (Kompas, 8 Januari 2017)

Ringkasan paragraf tersebut yang tepat adalah ...
A. Pintu Flood Gate berguna untuk melindungi bangunan dari banjir, cocok digunakan untuk segala jenis bangunan, ringan, mudah dipasang dan disimpan, serta tahan lama dan tidak berkarat.
B. Pintu Flood Gate digunakan untuk melindungi bangunan dari bencana banjir. Produk ini cocok digunakan untuk pabrik, apartemen, hotel, ruko, gedung perkantoran, restoran, universitas, sekolah, rumah sakit, basement, rumah pribadi, dan bangunan lainnya. 
C. Produk pintu Flood Gate yang terbuat dari stainless steel dan karet spesial EPDM ini tidak membebani karena sangat ringan, mudah dipasang, mudah disimpan, dan tahan lama.
D. Produk ini cocok digunakan untuk pabrik, apartemen, hotel, ruko, gedung perkantoran, restoran, universitas, sekolah, rumah sakit, basement, rumah pribadi, dan bangunan lainnya.
E. Produk ini cocok digunakan untuk pabrik, apartemen, hotel, ruko, gedung perkantoran, restoran, universitas, sekolah, rumah sakit, dan lain sebagainya karena bentuknya yang ringan, mudah disimpan, serta tahan lama.

7. Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
Dua tabiat baru, berkata bohong (hoax) dan berujar dengan kebencian (hate speech) yang tengah dipraktikkan sebagian besar penggandrung media sosial dan para netizen kini telah menjadi “wabah” buruk bahasa. Serangan kabar bohong dan ujaran kebencian tidak hanya berasal dari dan tertuju kepada individu atau kelompok tetapi juga telah menjadi alat “perang” politik dan ideologi antarbangsa dan antarnegara. (Kompas, 8 Februari 2017)

Komentar yang logis terhadap isi teks tersebut adalah ...
A. Akhir-akhir ini peredaran kabar bohong (hoax) yang semakin tersebar ke seluruh pelosok tanah air bahkan sampai ke seluruh dunia sangat meresahkan masyarakat.
B. Kabar bohong dan ujaran kebencian di media sosial tidak akan terjadi jika masing-masing individu menyadari pentingnya penggunaan bahasa dengan baik.
C. Pelaku penyebar kabar bohong dan ujaran kebencian yang berasal dari dan tertuju kepada individu atau kelompok harus segera ditangkap dan dihukum seberat-beratnya.
D. Serangan kabar bohong dan ujaran kebencian yang tersebar di media sosial menjadi tanggung jawab pemerintah khususnya pengelola media.
E. Dua tabiat baru, berkata bohong (hoax) dan berujar dengan kebencian (hate speech) yang tengah dipraktikkan sebagian besar penggandrung media sosial sulit dihentikan karena sudah mewabah.

8. Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
(1) Energi minyak bumi di Indonesia dalam dua puluh tahun ke depan diperkirakan akan habis kecuali ditemukan ladang-ladang minyak baru yang dapat dieksploitasi. (2) Energi batubara yang melimpah ternyata menghasilkan polutan yang sangat besar. (3) Alternatif sumber energi superbesar yang minim polutan adalah nuklir. (4) Tidak perlu ditakutkan tentang energi ini. (5) Amerika, Prancis, Jepang, dan Rusia menggunakan nuklir untuk pembangkit listrik. (6) Oleh karena itu, kita perlu menggunakan energi nuklir ini.

Simpulan paragraf tersebut ditunjukkan pada kalimat nomor ….
A. (2)
B. (3)
C. (4)
D. (5)
E. (6)

9. Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
Tindak kejahatan korupsi di Indonesia mengalami pertumbuhan pesat. Baru saja ada yang tertangkap sudah muncul tersangka-tersangka lain yang menghebohkan dunia perpolitikan Indonesia. Hal ini sama halnya seperti mati satu tumbuh seribu. Begitulah juga keadaan tindak korupsi di negara ini yang terus bertumbuh pesat dan merugikan bangsa.

Kalimat-kalimat dalam paragraf tersebut menyatakan hubungan ....
A. pertentangan
B. temporal
C. analogis
D. sebab-akibat
E. akibat-sebab

10. Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
….
Aku tidak akan pergi darimu dan akan terus mendampingimu. Bersabarlah dan teruslah berdoa kapada Tuhan Sang Pencipta semoga kita selalu berada dalam bimbingan-Nya dan dimudahkan dalam segala urusan. Jangan berkecil hati sahabatku, badai kehidupan ini pasti akan segera berlalu. Dunia akan kembali bersinar secerah mentari pagi. Kau harus berlapang dada menerima semua cobaan ini….
….
(Dindans)

Frasa yang bermakna kias/simbolik dalam penggalan cerpen tersebut adalah ….
A. Sang Pencipta, berkecil hati, badai kehidupan
B. segala urusan, berkecil hati, badai kehidupan
C. secerah mentari, berkecil hati, badai kehidupan
D. berkecil hati, badai kehidupan, barlapang dada
E. mentari pagi, berkecil hati, badai kehidupan

11. Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
Para pegawainya yang berdasi termangu seperti robot. Mengapa Sakeh yang soleh bisa berkata seperti itu? Masih terngiang di telinga mereka, dulu Saleh selalu menganjurkan hal-hal yang baik. Saleh selalu menganjurkan pegawainya supaya lebih prihatin. Perusahaan memang maju, tapi banyak orang lain membutuhkan pertolongan. Banyak orang lain tidak punya kesempatan menolong dirinya sendiri. Semua itu memprihatinkan.
(“Helikopter”: Seno Gumira Ajidarma)

Majas yang terdapat pada penggalan cerpen tersebut adalah ….
A. personifikasi 
B. simile 
C. hiperbola
D. litotes
E. repetisi

12. Bacalah puisi berikut ini!

Batas
Semua perihal diciptakan sebagai batas
Membelah sesuatu dari sesuatu yang lain
Hari ini membelah dan membatasi besok dan kemarin
Besok batas hari ini dan lusa
.....
Bandara dan udara memisahkan New York dan Jakarta
Resah di dadamu dan rahasia yang menanti di jantung puisi dipisahkan kata
Begitu pula rindu. 
.....
(“Batas”: Aan Mansyur)

Tema puisi tersebut adalah ….
A. pembatas waktu
B. pertemuan di bandara
C. keindahan Jakarta
D. petualangan ke New York 
E. kerinduan pada kekasih

13. Bacalah penggalan novel berikut!
Lelaki itu tidak bisa menolak. Tangannya digandeng suamiku, diajak duduk di ruang tamu. Wajah lelaki itu tampak pucat, lebih-lebih ketika suamiku memperkenalkanku. Kami pun kemudian berbuka puasa bersama. Di sela-sela berbuka puasa, lelaki yang bernama Han, teman suamiku semasa kuliah dulu itu, berulang-ulang minta maaf.
“Sungguh, aku benar-benar tidak tahu kalau ini rumahmu, Yos. Maafkan aku yang telah menipu istrimu untuk memberikan sumbangan kepada anak-anak yatim itu. 
(Tamu menjelang Lebaran, Dedet Setiadi)
Inti cerita dari penggalan novel di atas adalah….
A. suka meminta maaf kepada teman lama yang ditipu
B. suatu saat kebiasaan menipu akan terbongkar juga
C. suka menyantuni anak yatim karena banyak donatur
D. menyesali perbuatan jahat karena yang tertipu istri teman
E. suka memberikan maaf karena lebaran hampir tiba

14. Bacalah penggalan cerpen berikut ini!
Rasa cemburu yang berkecamuk di dada Rini tak terkendalikan lagi. Ditemuinya Zahra, dan dikemukakan uneg-uneg dalam hatinya. Dengan tenang Zahra menjelaskan duduk perkara yang sebenarnya. Kedatangannya ke Banjar bukan mencari cinta dari suami Rini melainkan sedang menjalankan tugas negara. Zahra menjelaskan agar Rini mau mendukung usaha-usaha suaminya yang mulia itu. Tanpa ada dukungan istri, usaha suami sulit maju.
(Zahra, Aoh Kartahadimaja)
Simpulan cerpen di atas adalah…
A. Seorang suami harus memperhatikan istrinya agar tidak mudah memiliki rasa cemburu.
B. Seorang sahabat harus bisa memberikan dukungan yang penuh kepada sahabatnya.
C. Seorang istri meminta agar suaminya memperhatikan dan mendengarkan uneg-unegnya.
D. Istri harus mendukung cita-cita suami dan menghindarkan perasaan cemburu buta.
E. Suami merupakan tumpahan masalah istri dan harus menjelaskan duduk perkaranya.

15. Cermatilah kutipan cerpen berikut ini!
Dalam sebuah surau, di tepi sungai yang melalui kampong itu, kedengaran orang berkasidah. Suaranya amat merdu, turun naik dengan beraturan. Apalagi karena suara itu dirintangi bunyi air sungai yang mengalir, makin enak dan sedap pada pendengaran. Seakan-akan dari dalam sungai suara itu datangnya. Hilang-hilang timbul, antara ada dengan tiada. 
(Sengsara Membawa Nikmat,Tulis Sutan Sati)

Kesesuaian latar tempat dan suasana yang tampak dalam teks tersebut adalah ….
A. Surau dengan kenyamanannya
B. Surau yang ramai orang berkasidah
C. Sungai yang sangat deras airnya
D. Suara orang berkasidah dari surau
E. Bunyi air mengiringi suara kasidah

16. Bacalah penggalan cerpen berikut dengan saksama!
(1) Dengan cermat Martini memerhatikan sekeliling. (2) Akan tetapi, ia tidak melihat seorang saudara atau kerabat yang ia kenal. (3) Sempat terbesit rasa iri dan kecewa ketika ia menyaksikan beberapa rekannya yang dijemput dan disambut kedatangannya oleh orang tua, anak, atau suami mereka. (4) Namun, dengan segera ia membuang jauh-jauh pikiran tersebut. (5) Ia tidak ingin zuudzon dengan suaminya.
(Kurniawan Lastono, Percayalah pada Niat Baikmu, Martini)

Bukti watak tokoh Martini yang sabar terdapat pada kalimat nomor .... 
A. (1) dan (4)
B. (2) dan (4)
C. (3) dan (4)
D. (3) dan (5)
E. (4) dan (5)

17. Bacalah kutipan novel berikut dengan saksama!
(1) Setengah jam sudah Ana menunggu. (2) Kemarin Ramadan berjanji menjemputnya pukul tujuh malam. (3) Ana mulai gelisah, dia takut menunggu sendirian di tempat itu. (4) Pedagang asongan sudah mulai mengemasi dagangannya. (5) Hanya peron-peron dan rel baja yang setia menemaninya.

Bukti latar tempat stasiun pada kutipan novel tersebut terdapat pada nomor....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

18. Bacalah penggalan novel berikut dengan saksama!
Di belahan dunia lain orang boleh mengatakan apalah arti sebuah nama. Namun bagi orang Melayu pedalaman seperti kami, nama amat penting, nama berurusan dengan agama dan dianggap sumber aura. Din itu buktinya, asalnya Dienul Islam : agama Islam. Jika tabiat anak tak beres, pasti namanya yang pertama diselidik. Kebijakan purba itu dianut taat oleh ayahku.
(Andrea Hirata : Edensor)
Kaitan isi teks dengan kehidupan saat ini adalah....
A. Menghormati adat istiadat setempat.
B. Nama mencerminkan perilaku seseorang.
C. Orang tua yang selalu mendoakan anaknya.
D. Memberikan nama yang baik kepada anaknya.
E. Orang tua selalu menginginkan yang terbaik.

19. Bacalah teks berikut dengan saksama!
Kebahagiaan yang telah didapatkannya membuat Kiplik merasa mendapatkan suatu kekayaan tak ternilai, dan karena itulah kemudian ia pun selalu ingin membaginya. Setiap kali ia berhasil membagikan kekayaan itu, kebahagiaannya bertambah, sehingga semakin seringlah Kiplik menemui banyak orang dan mengajarinya cara berdoa yang benar.

Keunggulan kutipan cerpen tersebut adalah….
A. menggunakan bahasa indah
B. memiliki lebih dari satu konflik
C. alur ceritanya bercabang-cabang
D. setting cerita dijelaskan secara detail
E. tokoh diceritakan secara mendalam

20. Bacalah kutipan puisi berikutdengan cermat!

Puisi I
Busa dan buih putih
Menuntun gulungan ombak 
Mengendap pasir putih pantai
Busa dan buih putih
Menuntun lelaki pelaut

Puisi II
Dengan perut lapar dan harapan kosong
Aku menelanmu, Jakarta
Kukunyah-kunyah sebuah mikrolet tua
Onggokan sampah telah menjadi menu utamaku
Roda gerobak adalah sendok dan garpu
Pulang dari kemenangan di laut

Perbedaan penggunaan gaya bahasa dalam kedua puisi di atas adalah....
A. Puisi I menggunakan majas simile, puisi II menggunakan majas personifikasi
B. Puisi I menggunakan majas metafora, puisi II menggunakan majas personifikasi
C. Puisi I menggunakan majas hiperbola, puisi II menggunakan majas personifikasi
D. Puisi I menggunakan majas personifikasi, puisi II menggunakan majas hiperbola
E. Puisi I menggunakan majas personifikasi, puisi II menggunakan majas paralelisme

21. Bacalah penggalan cerpen berikut dengan saksama!
Saat itulah seorang wanita berjilbab yang matanya bengkak memasuki pekarangan. Wanita malang setengah baya itu Mak Cik Maryamah, datang bersama putrinya dan seperti ibunya, mata mereka bengkak , semua habis menangis. Aku dan Arai berlari menuju Mak Cik tapi ibuku lebih dulu menghampiri mereka.
( Sang Pemimpi, Andrea Hirata)
Ringkasan penggalan cerpen di atas adalah ...
A. Mak Cik bersama putrinya datang dengan mata bengkak. Ibuku menghampiri mereka.
B. Wanita berjilbab itu Mak Cik datang dengan menangis lalu ibuku menghampirinya
C. Wanita malang itu bernama Mak Cik dan anaknya menangis, aku menghampiri mereka
D. Mak cik datang bersama anaknya dengan menagis lalu ibuku menghampiri mereka
E. Mak Cik datang dengan mata bengkak habis menangis lalu aku dan Arai menghampiri.

22. Bacalah paragraf  rumpang berikut ini dengan saksama!
Menuru t para ahli, wirausahawan  yang kreatif  selalu ... idenya sebagai sesuatu yang baru dan berbeda. Mereka selalu memiliki ... dalam menciptakan karya, produk yang dapat menarik minat para ...

Kata yang tepat untuk mengisi paragraf rumpang di atas adalah....
A. Mengimplementasikan, inovatif, pembeli
B. Mengimplementasikan, inovasi, konsumen
C. Memiliki, mengimplementasikan, konsumen
D. Menuangkan, berinovasi, para pelanggan
E. Memiliki, implementasi, konsumen

23. Bacalah penggalan paragraf eksposisi berikut dengan saksama!
Kemiri telah lama dikenal masyarakat sebagai tanaman rempah yang dimanfaatkan untuk bumbu dapur. Kemiri mangandung zat kimia, seperti gliserin dan asam linoleat serta protein dan vitamin B1 oleh karena itu, ... yang belum diketahui secara luas adalah bahwa kemiri dapat mengatasi berbagai penyakit antara lain demam, diare, disentri, sariawan, sakit gigi, sembelit, dan bisul.

Kalimat yang tepat untuk mengisi rumpang pada paragraf eksposisi di atas adalah....
A. Kemiri sangat mudah didapatkan di pasar tradisional
B. Kemiri tidak hanya sebagai bumbu dapur tetapi juga sebagai obat
C. Kemiri  juga dikenal berkhasiat sebagai penguat dan penyubur rambut
D. Kemiri sebagai bumbu dan berbagai macam obat sangat  udah diolah
E. Kemiri sebagai bumbu dapur kemiri sangat bermanfaat

24. Bacalah teks negosiasi berikut ini dengan saksama!
Irma : Rian, ajari aku cara mengerjakan soal ini
Rian : Tahu, kan, aku sedang sibuk!
Irma : Sebentar saja Rian, Cuma sedikit yang mau aku tanyakan
Rian : ...
Irma : Baiklah, aku tunggu ya? Jangan terlalu lama
Rian : Sabar, ya.

Kalimat yang tepat untuk mengisi rumpang pada teks negosiasi di atas adalah ....
A. Tidak bisa, maaf banyak PR yang belum aku kerjakan 
B. Aku akan mengerjakan pekerjaanku sampai selesai
C. Nanti kalau sore aku datang ke rumahmu
D. Sebentar, ya? Aku menyelesaikan soal ini dulu
E. Masih banyak soal yang harus aku selesaikan sekarang!

25. Bacalah penggalan paragraf deskripsi berikut ini dengan saksama!
Siang itu Amir yang baru lulus tiga tahun yang lalu dari SMK begitu sibuk melayani pelanggannya. Baru saja membuka pintu warungnya, pembeli sudah berjumlah tiga orang. Semua ingin dilayani dengan cepat. Amir melayani, mencari barang, dan mencari uang kembalian. Datang lagi seorang pembeli yang kemudian memenuhi warungnya. ...

Kalimat yang tepat untuk mengisi rumpang pada paragraf deskripsi di atas adalah....
A. Amir sangat banyak pelanggan
B. Amir sangat sibuk sampai tidak kuliah
C. Amir melayani semua pelanngan yang datang
D. Amir kuwalahan melayani pelanggan
E. Amir melayani pelanggannya dengan baik

26. Cermati pantun rumpang berikut!
Jalan-jalan ke pasar bunga
beli sepatu berwarna biru
Jika mau hadiah istimewa


Larik tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ....
A. Belajarlah dengan temanmu
B. Tingkatkan terus prestasimu
C. Hormatilah orang tuamu
D. Jangan malas menunggu
E. Belilah bunga warna biru

27. Cermati kutipan teks ulasan berikut!
Novel Hujan karya Tere Liye yang disajikan dengan bahasa yang mampu menyihir pembaca ini akan membuat pembaca merasakan bagaimana rasanya harus tegar ketika ditempa masalah, melangkah maju ketika masalah begitu berat, dan rasanya jatuh cinta. Ada rasa ketika rindu bertemu pasangan, bertemu kembali setelah sekian lama tidak bertemu, dan cemburu. Yang pernah atau sedang remaja, mungkin akan tersenyum melihat tingkah Lail. …
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks ulasan tersebut adalah ....
A. Imajinasimu benar-benar akan dibuat terbang oleh Tere Liye
B. Novel ini juga berkisah tentang kepastian yang tidak pasti 
C. Porsinya seputar cinta remaja ditambah bumbu-bumbu ilmiah
D. Tere Liye menyajikan kabar yang hampir tidak pernah dikabarkan.
E. Tema yang diusung tak sesederhana tema novel romantis pada umumnya.

28. Perhatikan langkah-langkah pengembangan tanaman hidroponik berikut!  
Pengembangan tanaman hidriponik dapat dilakukan dengan cara berikut:
1) Siapkan tiga pot plastik yang masing-masing diisi dengan pasir (A), kerikil (B), dan humus (C).
2) Ambil tiga bibit pupuk organik dari dua wadah yang tersisa ke dalam media pot A dan C.
3) ....
4) Siapkan tiga wadah larutan pupuk organik masing-masing satu liter dengan dosis yang sama, satu wadah (pot B) dimasukkan ke ember yang berisi larutan pupuk organik hingga akarnya terendam.
5) Siramkan larutan pupuk organik dari dua wadah yang tersisa ke dalam media pot A dan  C.
6) Lakukan penyiraman secara rutin dua kali seminggu selama empat minggu.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks prosedur yang rumpang tersebut adalah ....
A. Simpan di tempat yang tidak terkena hujan tetapi masih bisa mendapat sinar matahari. 
B. Tanamlah bibit tomat atau cabai yang sudah disedikan di pot tersebut.
C. Lakukan penyiraman dua kali dalam seminggu selama empat minggu.
D. Pilih bibit tanaman tomat atau cabai di pot yang baik.
E. Bari pagar pengaman tanaman.

29. Perhatikan kutipan teks cerita berikut!  
(1) Aku duduk seraya memandang teman-temanku yang tengah memperhatikanku, dari kejauhan terlihat ada seorang kakek kakek yang tengah duduk di bawah pohon.
(2) Terlihat beberapa temanku yang asik bersendau gurau dengan teman-teman sebaya mereka.
(3) Angin berhembus sangat kencang, menerpa dedaunan.
(4) Nampaknya kakek-kakek itu sangat kelaparan, tak ada yang memperhatikannya.
(5) Aku pun menghampirinya
(6) Kakek kakek itu sepertinya tengah berjualan sesuatu, tapi nampaknya tak ada seorangpun yang membeli dagangannya.

Urutan kalimat yang tepat dari teks cerita tersebut adalah ....
A. (2)-(4)-(3)-(1)-(5)-(6)
B. (2)-(3)-(1)-(4)-(5)-(6)
C. (2)-(1)-(3)-(6)-(4)-(5)
D. (3)-(2)-(1)-(4)-(6)-(5)
E. (3)-(1)-(2)-(6)-(4)-(5)

30. Perhatikan teks prosedur berikut!
Langkah kiri lampiran email setelah akun email aktif:
(1) Isikan alamat email yang dituju, subjek atau pokok surat, dan tulislah isi surat di tempat yang disediakan.
(2) Pilih/klik menu TULIS email, maka Anda akan diminta untuk mengisi alamat email yang dituju.
(3) Pilih ikon Kirim, akan file lampiran akan terkirim ke alamat email yang dituju.
(4) Pilih file yang akan dikirim, dengan cara mengklik file tersebut, lalu klik menu Open.
(5) Klik ikon Lampirkan file, maka akan muncul daftar file yang ada di dalam komputer.
Urutan langkah yang tepat dari teks prosedur tersebut adalah ....
A. (1), (2), (3), (4), (5)
B. (1), (3), (2), (5), (4)
C. (2), (1), (5), (4), (3)
D. (2), (1), (4), (5), (3)
E. (2), (5), (1), (4), (3)

Baca Juga : Latihan Soal UN SMK Bahsa Indonesia 2018 part 2

Sekian dulu postingan kali ini, maaf jika soalnya hanya sampai nomor 30, karena klo 50 soal di tulis disini semua terlalu banyak. Untuk soal-soal lainnya secepatnya akan  saya bagikan dilain hari. Semoga dengan postingan diatas tentang Latihan Soal UN SMK Bahasa Indonesia 2018 dapat membantu dan bermanfaat untuk adik-adik yang sedang mempersiapkan UN SMK/MAK dan SMA/MA terutama saat menjelang ujian tiba. Jangan lupa untuk di share juga ke teman-teman kalian, agar teman kalian juga mendapat referensi baru dari soal yang saya bagikan. Good Luck! Sampai jumpa di postingan selanjutnya… (http://broggerku.blogspot.com)

Latihan Soal UN SMK Bahasa Indonesia 2018

latihan+soal+un+smk

Di kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa contoh soal untuk latihan UN (Ujian Nasional) SMK Bahasa Indonesia 2018, tetapi untuk anak SMA juga bisa latihan soal ini karena tidak jauh berbeda antara UN SMK dan SMA. Jadi, tidak usah kawatir jika saya tidak memposting contoh soal UN untuk SMA. 

Sudah diumumkan bahwa UN utama tahun 2018 untuk jenjang SMK/MAK diperkirakan akan dilaksanakan pada bulan april 2018 sampai dengan selesai. SMK merupakan mayoritas sekolah pelaksana UN Berbasis Komputer atau sering kita dengar dengan sebutan CBT (Computer Based Test). Karena di SMK, pihak Sekolah telah menyiapkan sarana prasarana Komputer untuk kegiatan pembelajaran sejak lama dan disesuaikan dengan jumlah siswa yang ada.

UN tahun 2017 jenjang pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan telah dilaksanakan sejak tanggal 3 - 6 April 2017 serentak dilaksankan diseluruh wilayah Indonesia. Dan terdapat enam provinsi yang 100% menyelenggarakan UNBK jenjang SMK, yaitu Provinsi DKI (Daerah Khusus Ibukota) Jakarta, DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta), Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan dan Bangka Belitung. Total satuan pendidikan yang menyelenggarakan  UNBK SMK adalah 9.832 Sekolah.

Demi membantu dalam belajar untuk para calon peserta UN tingkat SMK/MAK atau juga SMA/MA sederajat, langsung saja simak baik-baik contoh soal Latihan UN SMK Bahasa Indonesia tahun 2018 dibawah ini:

1. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Setiap tahun selalu ada ponsel pintar baru yang dihadirkan oleh vendor ponsel pintar. Bahkan tidak perlu       menunggu hitungan tahun, ada vendor yang menghadirkan ponsel pintar baru setiap bulannya. Dampaknya, kamu pasti pernah kebingungan saat akan membeli ponsel pintar baru, kan? Apalagi jika spesifikasinya sangat canggih.

Makna istilah yang bergaris bawah pada paragraf tersebut adalah …
A. penjual, proses, berteknologi
B. pedagang, kekhususan, terbarukan
C. distrubutor, bahan, khusus
D. penyedia bahan, rincian, modern
E. pabrik, proses, berkualitas

2. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Kemristek, Mohamad Nasir, telah menerbitkan aturan yang melarang tindakan kekerasan di dalam lingkungan sekolah atau kampus, khusunya dalam penerimaan siswa atau mahasiswa baru. Jika terjadi kekerasan maka pelakunya harus dipidana, bisa di-skorsing satu semester, 1 tahun, atau bahkan dikeluarkan dan dipenjarakan. Seperti diketahui, tiga mahasiswa UII meninggal dunia setelah mengikuti pendidikan dasar (diksar) di lereng selatan Gunung Lawu pada Januari 2017 lalu. M. Nasir menambahkan bahwa kegiatan-kegiatan yang sebelumnya bernuansa perpeloncoan entah MOS atau semacamnya harus diperbaiki itu menjadi kegiatan yang positif dan menyenangkan.

Ide pokok paragraf tersebut adalah …
A. Kasus kekerasan diksar di Kampus UII yang memakan korban jiwa.
B. Terbitnya aturan pelarangan kekerasan di lingkungan sekolah atau kampus.
C. Perlunya perbaikan sistem dalam kegiatan penerimaan siswa baru.
D. Kegiatan-kegiatan kekerasan harus diubah menjadi kegiatan menyenangkan.
E. Hukuman pidana harus dilakukan oleh para pelaku kekerasan.

3. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Mau ke mana setelah UN? Jangan berlebihan bersenang-senang karena UN sudah terlewati. Masih ada tahap selanjutnya yang harus kamu lalui. Sebuah keputusan hidup perlu kamu tentukan. Karenanya, pikirkan yang terbaik! Kebebasan setelah UN, hanya sekejap, jangan berlarut menjadi bersikap santai dalam hidup. Anda harus segera bertindak kuliah, kerja, wirausaha, atau menikah. Fokus dan prioritaskan pada masa depan dahulu dan upayakan semaksimal mungkin.

Simpulan tersirat paragraf tersebut adalah …
A. Berbagai pilihan jalan hidup setelah UN untuk masa depan.
B. Setelah UN ada banyak kemungkinan masalah yang akan dihadapi.
C. Setelah UN bisa kuliah, kerja, wirausaha, atau menikah.
D. Fokus dan tujuan prioritas yang bisa diupayakan setelah UN.
E. Setelah UN harus segera bertindak untuk masa depan.

4. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Kemenpora di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo telah memulai program-program peningkatan prestasi olahraga dengan mengacu pada konsep Indonesia Sentris yang mencerminkan Nawacita. Presiden mengamanatkan pembangunan Indonesia dari kawasan pinggiran melalui program Satu Desa Satu Lapangan. Pada tahun 2015 telah terbangun sebanyak 470 lapangan olahraga desa, sementara di tahun 2016 telah terbangun sebanyak 346 lapangan dan target di tahun 2017 akan dapat terbangun sebanyak 1000 lapangan olahraga desa.

Keberpihakan penulis terhadap isi paragraf tersebut adalah ....
A. kepada masyarakat
B. kepada pemerintah 
C. kepada atlet Indonesia
D. kepada presiden 
E. kepada aparat desa

5. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Upaya pemerintah menggalakan transaksi nontunai di antaranya untuk meminimalkan kejahatan. Transaksi nontunai dapat meminimalkan peredaran uang palsu karena tidak menggunakan uang tunai yang mudah dipalsukan atau dilipatgandakan. Para pedagang tidak perlu was-was dengan adanya uang palsu serta tidak perlu repot menyiapkan uang kembalian. Sementara itu, bagi konsumen uang nontunai mudah dibawa kemana-mana tanpa takut perampokan dan menjadi filter bagi diri sendiri untuk tidak boros. Transaksi nontunai bagi negara juga menguntungkan karena lebih higienis, menghemat pengeluaran negara, mencegah peredaran uang palsu, penggelapan, transaksi ilegal (korupsi), serta menekan laju inflasi. Pemerintah dan penyedia layanan seharusnya mulai berbenah dalam transaksi ekonomi di Indonesia.

Inti paragraf tersebut adalah ...
A. Bagi konsumen pembayaran nontunai dapat menghindari korupsi dan menekan infasi.
B. Pemerintah seharusnya memikirkan pembayaran nontunai disamping pembayaran tunai.
C. Transaksi nontunai lebih menguntungkan dibandingkan transaksi tunai dalam banyak hal.
D. Para pedagang, konsumen, dan pemerintah merasa lebih untung menggunakan uang tunai.
E. Transaksi ekonomi Indonesia harus dibenahi dari pembayaran nontunai ke tunai.

6. Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
Pintu Flood Gate digunakan untuk melindungi bangunan dari bencana banjir. Produk ini cocok digunakan untuk pabrik, apartemen, hotel, ruko, gedung perkantoran, restoran, universitas, sekolah, rumah sakit, basement, rumah pribadi, dan bangunan lainnya. Produk terbuat dari stainless steel dan karet spesial EPDM. Produk pintu Flood Gate ini sangat ringan serta mudah dipasang dan disimpan. Produk ini juga tahan lama dan tidak akan berkarat. (Kompas, 8 Januari 2017)

Ringkasan paragraf tersebut yang tepat adalah ...
A. Pintu Flood Gate berguna untuk melindungi bangunan dari banjir, cocok digunakan untuk segala jenis bangunan, ringan, mudah dipasang dan disimpan, serta tahan lama dan tidak berkarat.
B. Pintu Flood Gate digunakan untuk melindungi bangunan dari bencana banjir. Produk ini cocok digunakan untuk pabrik, apartemen, hotel, ruko, gedung perkantoran, restoran, universitas, sekolah, rumah sakit, basement, rumah pribadi, dan bangunan lainnya. 
C. Produk pintu Flood Gate yang terbuat dari stainless steel dan karet spesial EPDM ini tidak membebani karena sangat ringan, mudah dipasang, mudah disimpan, dan tahan lama.
D. Produk ini cocok digunakan untuk pabrik, apartemen, hotel, ruko, gedung perkantoran, restoran, universitas, sekolah, rumah sakit, basement, rumah pribadi, dan bangunan lainnya.
E. Produk ini cocok digunakan untuk pabrik, apartemen, hotel, ruko, gedung perkantoran, restoran, universitas, sekolah, rumah sakit, dan lain sebagainya karena bentuknya yang ringan, mudah disimpan, serta tahan lama.

7. Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
Dua tabiat baru, berkata bohong (hoax) dan berujar dengan kebencian (hate speech) yang tengah dipraktikkan sebagian besar penggandrung media sosial dan para netizen kini telah menjadi “wabah” buruk bahasa. Serangan kabar bohong dan ujaran kebencian tidak hanya berasal dari dan tertuju kepada individu atau kelompok tetapi juga telah menjadi alat “perang” politik dan ideologi antarbangsa dan antarnegara. (Kompas, 8 Februari 2017)

Komentar yang logis terhadap isi teks tersebut adalah ...
A. Akhir-akhir ini peredaran kabar bohong (hoax) yang semakin tersebar ke seluruh pelosok tanah air bahkan sampai ke seluruh dunia sangat meresahkan masyarakat.
B. Kabar bohong dan ujaran kebencian di media sosial tidak akan terjadi jika masing-masing individu menyadari pentingnya penggunaan bahasa dengan baik.
C. Pelaku penyebar kabar bohong dan ujaran kebencian yang berasal dari dan tertuju kepada individu atau kelompok harus segera ditangkap dan dihukum seberat-beratnya.
D. Serangan kabar bohong dan ujaran kebencian yang tersebar di media sosial menjadi tanggung jawab pemerintah khususnya pengelola media.
E. Dua tabiat baru, berkata bohong (hoax) dan berujar dengan kebencian (hate speech) yang tengah dipraktikkan sebagian besar penggandrung media sosial sulit dihentikan karena sudah mewabah.

8. Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
(1) Energi minyak bumi di Indonesia dalam dua puluh tahun ke depan diperkirakan akan habis kecuali ditemukan ladang-ladang minyak baru yang dapat dieksploitasi. (2) Energi batubara yang melimpah ternyata menghasilkan polutan yang sangat besar. (3) Alternatif sumber energi superbesar yang minim polutan adalah nuklir. (4) Tidak perlu ditakutkan tentang energi ini. (5) Amerika, Prancis, Jepang, dan Rusia menggunakan nuklir untuk pembangkit listrik. (6) Oleh karena itu, kita perlu menggunakan energi nuklir ini.

Simpulan paragraf tersebut ditunjukkan pada kalimat nomor ….
A. (2)
B. (3)
C. (4)
D. (5)
E. (6)

9. Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
Tindak kejahatan korupsi di Indonesia mengalami pertumbuhan pesat. Baru saja ada yang tertangkap sudah muncul tersangka-tersangka lain yang menghebohkan dunia perpolitikan Indonesia. Hal ini sama halnya seperti mati satu tumbuh seribu. Begitulah juga keadaan tindak korupsi di negara ini yang terus bertumbuh pesat dan merugikan bangsa.

Kalimat-kalimat dalam paragraf tersebut menyatakan hubungan ....
A. pertentangan
B. temporal
C. analogis
D. sebab-akibat
E. akibat-sebab

10. Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
….
Aku tidak akan pergi darimu dan akan terus mendampingimu. Bersabarlah dan teruslah berdoa kapada Tuhan Sang Pencipta semoga kita selalu berada dalam bimbingan-Nya dan dimudahkan dalam segala urusan. Jangan berkecil hati sahabatku, badai kehidupan ini pasti akan segera berlalu. Dunia akan kembali bersinar secerah mentari pagi. Kau harus berlapang dada menerima semua cobaan ini….
….
(Dindans)

Frasa yang bermakna kias/simbolik dalam penggalan cerpen tersebut adalah ….
A. Sang Pencipta, berkecil hati, badai kehidupan
B. segala urusan, berkecil hati, badai kehidupan
C. secerah mentari, berkecil hati, badai kehidupan
D. berkecil hati, badai kehidupan, barlapang dada
E. mentari pagi, berkecil hati, badai kehidupan

11. Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
Para pegawainya yang berdasi termangu seperti robot. Mengapa Sakeh yang soleh bisa berkata seperti itu? Masih terngiang di telinga mereka, dulu Saleh selalu menganjurkan hal-hal yang baik. Saleh selalu menganjurkan pegawainya supaya lebih prihatin. Perusahaan memang maju, tapi banyak orang lain membutuhkan pertolongan. Banyak orang lain tidak punya kesempatan menolong dirinya sendiri. Semua itu memprihatinkan.
(“Helikopter”: Seno Gumira Ajidarma)

Majas yang terdapat pada penggalan cerpen tersebut adalah ….
A. personifikasi 
B. simile 
C. hiperbola
D. litotes
E. repetisi

12. Bacalah puisi berikut ini!

Batas
Semua perihal diciptakan sebagai batas
Membelah sesuatu dari sesuatu yang lain
Hari ini membelah dan membatasi besok dan kemarin
Besok batas hari ini dan lusa
.....
Bandara dan udara memisahkan New York dan Jakarta
Resah di dadamu dan rahasia yang menanti di jantung puisi dipisahkan kata
Begitu pula rindu. 
.....
(“Batas”: Aan Mansyur)

Tema puisi tersebut adalah ….
A. pembatas waktu
B. pertemuan di bandara
C. keindahan Jakarta
D. petualangan ke New York 
E. kerinduan pada kekasih

13. Bacalah penggalan novel berikut!
Lelaki itu tidak bisa menolak. Tangannya digandeng suamiku, diajak duduk di ruang tamu. Wajah lelaki itu tampak pucat, lebih-lebih ketika suamiku memperkenalkanku. Kami pun kemudian berbuka puasa bersama. Di sela-sela berbuka puasa, lelaki yang bernama Han, teman suamiku semasa kuliah dulu itu, berulang-ulang minta maaf.
“Sungguh, aku benar-benar tidak tahu kalau ini rumahmu, Yos. Maafkan aku yang telah menipu istrimu untuk memberikan sumbangan kepada anak-anak yatim itu. 
(Tamu menjelang Lebaran, Dedet Setiadi)
Inti cerita dari penggalan novel di atas adalah….
A. suka meminta maaf kepada teman lama yang ditipu
B. suatu saat kebiasaan menipu akan terbongkar juga
C. suka menyantuni anak yatim karena banyak donatur
D. menyesali perbuatan jahat karena yang tertipu istri teman
E. suka memberikan maaf karena lebaran hampir tiba

14. Bacalah penggalan cerpen berikut ini!
Rasa cemburu yang berkecamuk di dada Rini tak terkendalikan lagi. Ditemuinya Zahra, dan dikemukakan uneg-uneg dalam hatinya. Dengan tenang Zahra menjelaskan duduk perkara yang sebenarnya. Kedatangannya ke Banjar bukan mencari cinta dari suami Rini melainkan sedang menjalankan tugas negara. Zahra menjelaskan agar Rini mau mendukung usaha-usaha suaminya yang mulia itu. Tanpa ada dukungan istri, usaha suami sulit maju.
(Zahra, Aoh Kartahadimaja)
Simpulan cerpen di atas adalah…
A. Seorang suami harus memperhatikan istrinya agar tidak mudah memiliki rasa cemburu.
B. Seorang sahabat harus bisa memberikan dukungan yang penuh kepada sahabatnya.
C. Seorang istri meminta agar suaminya memperhatikan dan mendengarkan uneg-unegnya.
D. Istri harus mendukung cita-cita suami dan menghindarkan perasaan cemburu buta.
E. Suami merupakan tumpahan masalah istri dan harus menjelaskan duduk perkaranya.

15. Cermatilah kutipan cerpen berikut ini!
Dalam sebuah surau, di tepi sungai yang melalui kampong itu, kedengaran orang berkasidah. Suaranya amat merdu, turun naik dengan beraturan. Apalagi karena suara itu dirintangi bunyi air sungai yang mengalir, makin enak dan sedap pada pendengaran. Seakan-akan dari dalam sungai suara itu datangnya. Hilang-hilang timbul, antara ada dengan tiada. 
(Sengsara Membawa Nikmat,Tulis Sutan Sati)

Kesesuaian latar tempat dan suasana yang tampak dalam teks tersebut adalah ….
A. Surau dengan kenyamanannya
B. Surau yang ramai orang berkasidah
C. Sungai yang sangat deras airnya
D. Suara orang berkasidah dari surau
E. Bunyi air mengiringi suara kasidah

16. Bacalah penggalan cerpen berikut dengan saksama!
(1) Dengan cermat Martini memerhatikan sekeliling. (2) Akan tetapi, ia tidak melihat seorang saudara atau kerabat yang ia kenal. (3) Sempat terbesit rasa iri dan kecewa ketika ia menyaksikan beberapa rekannya yang dijemput dan disambut kedatangannya oleh orang tua, anak, atau suami mereka. (4) Namun, dengan segera ia membuang jauh-jauh pikiran tersebut. (5) Ia tidak ingin zuudzon dengan suaminya.
(Kurniawan Lastono, Percayalah pada Niat Baikmu, Martini)

Bukti watak tokoh Martini yang sabar terdapat pada kalimat nomor .... 
A. (1) dan (4)
B. (2) dan (4)
C. (3) dan (4)
D. (3) dan (5)
E. (4) dan (5)

17. Bacalah kutipan novel berikut dengan saksama!
(1) Setengah jam sudah Ana menunggu. (2) Kemarin Ramadan berjanji menjemputnya pukul tujuh malam. (3) Ana mulai gelisah, dia takut menunggu sendirian di tempat itu. (4) Pedagang asongan sudah mulai mengemasi dagangannya. (5) Hanya peron-peron dan rel baja yang setia menemaninya.

Bukti latar tempat stasiun pada kutipan novel tersebut terdapat pada nomor....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

18. Bacalah penggalan novel berikut dengan saksama!
Di belahan dunia lain orang boleh mengatakan apalah arti sebuah nama. Namun bagi orang Melayu pedalaman seperti kami, nama amat penting, nama berurusan dengan agama dan dianggap sumber aura. Din itu buktinya, asalnya Dienul Islam : agama Islam. Jika tabiat anak tak beres, pasti namanya yang pertama diselidik. Kebijakan purba itu dianut taat oleh ayahku.
(Andrea Hirata : Edensor)
Kaitan isi teks dengan kehidupan saat ini adalah....
A. Menghormati adat istiadat setempat.
B. Nama mencerminkan perilaku seseorang.
C. Orang tua yang selalu mendoakan anaknya.
D. Memberikan nama yang baik kepada anaknya.
E. Orang tua selalu menginginkan yang terbaik.

19. Bacalah teks berikut dengan saksama!
Kebahagiaan yang telah didapatkannya membuat Kiplik merasa mendapatkan suatu kekayaan tak ternilai, dan karena itulah kemudian ia pun selalu ingin membaginya. Setiap kali ia berhasil membagikan kekayaan itu, kebahagiaannya bertambah, sehingga semakin seringlah Kiplik menemui banyak orang dan mengajarinya cara berdoa yang benar.

Keunggulan kutipan cerpen tersebut adalah….
A. menggunakan bahasa indah
B. memiliki lebih dari satu konflik
C. alur ceritanya bercabang-cabang
D. setting cerita dijelaskan secara detail
E. tokoh diceritakan secara mendalam

20. Bacalah kutipan puisi berikutdengan cermat!

Puisi I
Busa dan buih putih
Menuntun gulungan ombak 
Mengendap pasir putih pantai
Busa dan buih putih
Menuntun lelaki pelaut

Puisi II
Dengan perut lapar dan harapan kosong
Aku menelanmu, Jakarta
Kukunyah-kunyah sebuah mikrolet tua
Onggokan sampah telah menjadi menu utamaku
Roda gerobak adalah sendok dan garpu
Pulang dari kemenangan di laut

Perbedaan penggunaan gaya bahasa dalam kedua puisi di atas adalah....
A. Puisi I menggunakan majas simile, puisi II menggunakan majas personifikasi
B. Puisi I menggunakan majas metafora, puisi II menggunakan majas personifikasi
C. Puisi I menggunakan majas hiperbola, puisi II menggunakan majas personifikasi
D. Puisi I menggunakan majas personifikasi, puisi II menggunakan majas hiperbola
E. Puisi I menggunakan majas personifikasi, puisi II menggunakan majas paralelisme

21. Bacalah penggalan cerpen berikut dengan saksama!
Saat itulah seorang wanita berjilbab yang matanya bengkak memasuki pekarangan. Wanita malang setengah baya itu Mak Cik Maryamah, datang bersama putrinya dan seperti ibunya, mata mereka bengkak , semua habis menangis. Aku dan Arai berlari menuju Mak Cik tapi ibuku lebih dulu menghampiri mereka.
( Sang Pemimpi, Andrea Hirata)
Ringkasan penggalan cerpen di atas adalah ...
A. Mak Cik bersama putrinya datang dengan mata bengkak. Ibuku menghampiri mereka.
B. Wanita berjilbab itu Mak Cik datang dengan menangis lalu ibuku menghampirinya
C. Wanita malang itu bernama Mak Cik dan anaknya menangis, aku menghampiri mereka
D. Mak cik datang bersama anaknya dengan menagis lalu ibuku menghampiri mereka
E. Mak Cik datang dengan mata bengkak habis menangis lalu aku dan Arai menghampiri.

22. Bacalah paragraf  rumpang berikut ini dengan saksama!
Menuru t para ahli, wirausahawan  yang kreatif  selalu ... idenya sebagai sesuatu yang baru dan berbeda. Mereka selalu memiliki ... dalam menciptakan karya, produk yang dapat menarik minat para ...

Kata yang tepat untuk mengisi paragraf rumpang di atas adalah....
A. Mengimplementasikan, inovatif, pembeli
B. Mengimplementasikan, inovasi, konsumen
C. Memiliki, mengimplementasikan, konsumen
D. Menuangkan, berinovasi, para pelanggan
E. Memiliki, implementasi, konsumen

23. Bacalah penggalan paragraf eksposisi berikut dengan saksama!
Kemiri telah lama dikenal masyarakat sebagai tanaman rempah yang dimanfaatkan untuk bumbu dapur. Kemiri mangandung zat kimia, seperti gliserin dan asam linoleat serta protein dan vitamin B1 oleh karena itu, ... yang belum diketahui secara luas adalah bahwa kemiri dapat mengatasi berbagai penyakit antara lain demam, diare, disentri, sariawan, sakit gigi, sembelit, dan bisul.

Kalimat yang tepat untuk mengisi rumpang pada paragraf eksposisi di atas adalah....
A. Kemiri sangat mudah didapatkan di pasar tradisional
B. Kemiri tidak hanya sebagai bumbu dapur tetapi juga sebagai obat
C. Kemiri  juga dikenal berkhasiat sebagai penguat dan penyubur rambut
D. Kemiri sebagai bumbu dan berbagai macam obat sangat  udah diolah
E. Kemiri sebagai bumbu dapur kemiri sangat bermanfaat

24. Bacalah teks negosiasi berikut ini dengan saksama!
Irma : Rian, ajari aku cara mengerjakan soal ini
Rian : Tahu, kan, aku sedang sibuk!
Irma : Sebentar saja Rian, Cuma sedikit yang mau aku tanyakan
Rian : ...
Irma : Baiklah, aku tunggu ya? Jangan terlalu lama
Rian : Sabar, ya.

Kalimat yang tepat untuk mengisi rumpang pada teks negosiasi di atas adalah ....
A. Tidak bisa, maaf banyak PR yang belum aku kerjakan 
B. Aku akan mengerjakan pekerjaanku sampai selesai
C. Nanti kalau sore aku datang ke rumahmu
D. Sebentar, ya? Aku menyelesaikan soal ini dulu
E. Masih banyak soal yang harus aku selesaikan sekarang!

25. Bacalah penggalan paragraf deskripsi berikut ini dengan saksama!
Siang itu Amir yang baru lulus tiga tahun yang lalu dari SMK begitu sibuk melayani pelanggannya. Baru saja membuka pintu warungnya, pembeli sudah berjumlah tiga orang. Semua ingin dilayani dengan cepat. Amir melayani, mencari barang, dan mencari uang kembalian. Datang lagi seorang pembeli yang kemudian memenuhi warungnya. ...

Kalimat yang tepat untuk mengisi rumpang pada paragraf deskripsi di atas adalah....
A. Amir sangat banyak pelanggan
B. Amir sangat sibuk sampai tidak kuliah
C. Amir melayani semua pelanngan yang datang
D. Amir kuwalahan melayani pelanggan
E. Amir melayani pelanggannya dengan baik

26. Cermati pantun rumpang berikut!
Jalan-jalan ke pasar bunga
beli sepatu berwarna biru
Jika mau hadiah istimewa


Larik tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ....
A. Belajarlah dengan temanmu
B. Tingkatkan terus prestasimu
C. Hormatilah orang tuamu
D. Jangan malas menunggu
E. Belilah bunga warna biru

27. Cermati kutipan teks ulasan berikut!
Novel Hujan karya Tere Liye yang disajikan dengan bahasa yang mampu menyihir pembaca ini akan membuat pembaca merasakan bagaimana rasanya harus tegar ketika ditempa masalah, melangkah maju ketika masalah begitu berat, dan rasanya jatuh cinta. Ada rasa ketika rindu bertemu pasangan, bertemu kembali setelah sekian lama tidak bertemu, dan cemburu. Yang pernah atau sedang remaja, mungkin akan tersenyum melihat tingkah Lail. …
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks ulasan tersebut adalah ....
A. Imajinasimu benar-benar akan dibuat terbang oleh Tere Liye
B. Novel ini juga berkisah tentang kepastian yang tidak pasti 
C. Porsinya seputar cinta remaja ditambah bumbu-bumbu ilmiah
D. Tere Liye menyajikan kabar yang hampir tidak pernah dikabarkan.
E. Tema yang diusung tak sesederhana tema novel romantis pada umumnya.

28. Perhatikan langkah-langkah pengembangan tanaman hidroponik berikut!  
Pengembangan tanaman hidriponik dapat dilakukan dengan cara berikut:
1) Siapkan tiga pot plastik yang masing-masing diisi dengan pasir (A), kerikil (B), dan humus (C).
2) Ambil tiga bibit pupuk organik dari dua wadah yang tersisa ke dalam media pot A dan C.
3) ....
4) Siapkan tiga wadah larutan pupuk organik masing-masing satu liter dengan dosis yang sama, satu wadah (pot B) dimasukkan ke ember yang berisi larutan pupuk organik hingga akarnya terendam.
5) Siramkan larutan pupuk organik dari dua wadah yang tersisa ke dalam media pot A dan  C.
6) Lakukan penyiraman secara rutin dua kali seminggu selama empat minggu.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks prosedur yang rumpang tersebut adalah ....
A. Simpan di tempat yang tidak terkena hujan tetapi masih bisa mendapat sinar matahari. 
B. Tanamlah bibit tomat atau cabai yang sudah disedikan di pot tersebut.
C. Lakukan penyiraman dua kali dalam seminggu selama empat minggu.
D. Pilih bibit tanaman tomat atau cabai di pot yang baik.
E. Bari pagar pengaman tanaman.

29. Perhatikan kutipan teks cerita berikut!  
(1) Aku duduk seraya memandang teman-temanku yang tengah memperhatikanku, dari kejauhan terlihat ada seorang kakek kakek yang tengah duduk di bawah pohon.
(2) Terlihat beberapa temanku yang asik bersendau gurau dengan teman-teman sebaya mereka.
(3) Angin berhembus sangat kencang, menerpa dedaunan.
(4) Nampaknya kakek-kakek itu sangat kelaparan, tak ada yang memperhatikannya.
(5) Aku pun menghampirinya
(6) Kakek kakek itu sepertinya tengah berjualan sesuatu, tapi nampaknya tak ada seorangpun yang membeli dagangannya.

Urutan kalimat yang tepat dari teks cerita tersebut adalah ....
A. (2)-(4)-(3)-(1)-(5)-(6)
B. (2)-(3)-(1)-(4)-(5)-(6)
C. (2)-(1)-(3)-(6)-(4)-(5)
D. (3)-(2)-(1)-(4)-(6)-(5)
E. (3)-(1)-(2)-(6)-(4)-(5)

30. Perhatikan teks prosedur berikut!
Langkah kiri lampiran email setelah akun email aktif:
(1) Isikan alamat email yang dituju, subjek atau pokok surat, dan tulislah isi surat di tempat yang disediakan.
(2) Pilih/klik menu TULIS email, maka Anda akan diminta untuk mengisi alamat email yang dituju.
(3) Pilih ikon Kirim, akan file lampiran akan terkirim ke alamat email yang dituju.
(4) Pilih file yang akan dikirim, dengan cara mengklik file tersebut, lalu klik menu Open.
(5) Klik ikon Lampirkan file, maka akan muncul daftar file yang ada di dalam komputer.
Urutan langkah yang tepat dari teks prosedur tersebut adalah ....
A. (1), (2), (3), (4), (5)
B. (1), (3), (2), (5), (4)
C. (2), (1), (5), (4), (3)
D. (2), (1), (4), (5), (3)
E. (2), (5), (1), (4), (3)

Baca Juga : Latihan Soal UN SMK Bahsa Indonesia 2018 part 2

Sekian dulu postingan kali ini, maaf jika soalnya hanya sampai nomor 30, karena klo 50 soal di tulis disini semua terlalu banyak. Untuk soal-soal lainnya secepatnya akan  saya bagikan dilain hari. Semoga dengan postingan diatas tentang Latihan Soal UN SMK Bahasa Indonesia 2018 dapat membantu dan bermanfaat untuk adik-adik yang sedang mempersiapkan UN SMK/MAK dan SMA/MA terutama saat menjelang ujian tiba. Jangan lupa untuk di share juga ke teman-teman kalian, agar teman kalian juga mendapat referensi baru dari soal yang saya bagikan. Good Luck! Sampai jumpa di postingan selanjutnya… (http://broggerku.blogspot.com)
Load Comments

Dapatkan Artikel Tips AdSense, Blogging, SEO setiap harinya.

Notifications

Disqus Logo