√ 16 Fenomena Aneh Dunia yang Tidak Bisa Dijelaskan Secara Ilmiah - AdityaTekno

Social Items

fenomena+aneh+dunia

Ilmu pengetahuan memang menakjubkan dan hampir semua orang menyukainya, sehingga mampu menyingkap beragam misteri kehidupan. Seperti halnya mencari energi alternatif, mengobati penyakit, menjelajahi antariksa, bahkan menciptakan mahluk hidup buatan. Dan semua keajaiban sains itu membuat kita terheran-heran. 

Akan tetapi, tidak semua misteri kehidupan bisa dapat dipecahkan secara sains atau ilmiah. Masih banyak fenomena lain yang masih belum dapat terjawab oleh ilmu pengetahuan. Apa sajakah itu? Apakah anda sudah mengetahuinya? Baik, mari kita simak bersama-sama. 

Berikut adalah Fenomena aneh Dunia yang hingga kini belum dapat dijelaskan secara Ilmiah :

1. Dengungan Taos

Di Kota kecil Taos, New Mexico. Para penduduknya merasa gelisah selama bertahun-tahun banyak dari mereka mendengar suara dengungan dengan frekuensi rendah di awal tahun 1990-an. Suara berfrekuensi rendah tersebut mengumandang di sepanjang udara gurun pasir. Anehnya, hanya 2% dari total penduduk setempat yang mendengar suara itu. Sebagian orang meyakini suara itu disebabkan oleh getaran yang tidak biasa. 

Sampai saat ini misteri dengungan aneh tersebut belum juga terpecahkan. Walau para peneliti telah menggali lebih dalam tentang fenomena ini, dan mereka tidak bisa menemukan asal suara itu. Suara dengungan ini juga terdengar di beberapa daerah Amerika Serikat, Kanada, Inggris dan Autralia.

2. Bigfoot

Selama puluhan tahun dilaporkan penemuan mahluk besar berbulu, berkaki besar dan meninggalkan jejak di sepanjang tempat di Amerika. Malah ada saksi matanya juga. Lucunya, tak ada temuan berupa potongan organ tubuh sama sekali. Cuma berupa rekaman foto dan film. Sama dengan monster Loch Ness, Bigfoot oleh mayoritas orang dianggap hanya sebagai mitos. Secara ilmiah belum terbukti keberadaannya.

3. Batu Berjalan

Bisa disebut dengan batu berlayar atau batu berjalan, batu-batu ini terlihat berpindah tempat dengan sendirinya bahkan meninggalkan jejak bergeser di bekas jalur gerak yang mereka lewati. Para peneliti sudah berusaha mencari tahu latar belakang kejanggalan ini di California sejak awasl tahun 1900-an. Rekaman time-lapse menangkan gerakan batu-batu tersebut dalam kecepatan  yang lumayan. 

Banyak Ilmuan dan peneliti percaya bahwa pergerakan tersebut disebabkan oleh batu yang bergeser  diatas lapisan tipis es yang terbentuk sepanjang malam dan mencair di siang hari, tetapi banyak juga yang tidak setuju. Beberapa orang percaya bahwa misteri ini sudah terpecahkan, sementara beberapa yang lain menyatakan butuh penelitian lebih lanjut.

4. Intuisi Beberapa Orang Menyebutnya “Indera Ke-enam“

Nyaris semua orang pernah berpengalaman memakai intuisinya baik sengaja ataupun tidak. Contohnya ketika kita merasa ada sesuatu yang salah, rupanya benar. Kajian psikologi menganalisanya sebagai kecakapan manusia mengenali suatu momen atau peristiwa dengan mengumpulkan informasi sekitar. Kita bisa tahu perihal sesuatu tanpa mengerti bagaimana caranya. Namun belum ada juga penjelasan yang bisa diterima di dunia sains perihal ini.

5. Cincin Peri

Ada banyak berita tentang cincin-cincin peri atau dikenal juga dengan cincin elf/pixie. Cincin jamur misterius ini
timbul di padang rumput atau tempat pedalaman hutan. Jamur-jamur ini menyusun lingkaran bulat total dan berdasarkan pakar spiritual, pusat lingkaran tersebut merupakan daerah yang berbahaya. Berdasarkan dongeng sekitar, cincin peri terwujud hasil dari tarian para peri.

Menurut mereka, tarian para peri ini membakar tanah sehingga mempercepat tumbuhnya jamur-jamur tersebut. Berdasarkan legenda, menjelang atau menghancurkan cincin peri akan membawa kesialan dan malapetaka. Belum ada peneliti yang berhasil mengatasi fenomena ini.

6. Menghilang Secara Misterius

Manusia dapat hilang sebab banyak alasan. Melarikan diri, kecelakaan, terbunuh, dan masih bisa ditemukan. Tapi, ada sebagian kasus dimana orang menghilang secara misterius. Ucap saja sejumlah kru kapal Spanyol Marie Celeste, Jimmy Hoffa, Amelia Earthart dan Natalee Holloway. Nama-nama tersebut ialah orang yang menghilang tanpa jejak. Belum ada juga penjelasan ilmiah tentang misteri ini.

7. Hantu Dari karya Shakespeare, Machbet 

Hingga aneka acara TV terbaru, selalu menceritakaan adanya roh orang yang telah meninggal. Di seantero dunia, berbagai negara, orang percaya adanya hantu. Pemburu hantu serta teknologi paling baru mencoba menerangkan secara ilmiah seputar mahluk tersebut. Sayang, masih belum ada penjelasan yang bisa diterima dengan pengetahuan manusia.

8. Bola Batu Raksasa

Di Pulau Isla Del Cano dan Pulau Diquis Delta, Costa Rica, ada sekitar 300 obyek bulat dengan ukuran beraneka ragam. Dinamakan oleh penduduk lokal sebagai "Las Bolas" yang artinya bola, benda bulat ini juga dijuluki bola Diquis. Batu yang bulat sempurna ini mempunyai berat sampai 16 ton masing-masing. Sebagian besar terbuat dari Granodiorite, namun ada sebagian yang terbuat dari limestone atau sandstone. Sampai sekarang gak ada yang benar-benar tahu dari mana asal mereka, yang pasti mereka berumur ribuan tahun.

9. Pipa Baigong

Di puncak Gunung Baigong di Tiongkok, sesuatu yang aneh ditemukan oleh ilmuwan Amerika di awal tahun 2000-an. Pipa dengan berbagai jenis ukuran dari diameter setara tusuk gigi hingga sangat besar ditemukan di tempat yang jauh dari pemukiman terkubur jauh di dalam bebatuan kuno. Mereka terbuat dari 30 persen silikon dioksida, kalsium oksida dan besi.

Dipercaya bahwa umur mereka sudah menginjak berabad-abad lamanya. Peneliti bilang bahwa untuk membuat pipa-pipa tersebu diperlukan teknik pengeboran yang amat canggih yang semestinya belum dimiliki  itu. Ada yang beranggapan bahwa itu pohon-pohon yang menjadi fosil, namun tidak ada yang dapat membuktikannya.

10. Déjà vu 

Berasal dari bahasa Perancis yang artinya “pernah tampak”, déjà vu yaitu peristiwa dimana kita merasa pernah mengalami kejadian yang sama di masa silam. Nyaris semua orang mengalaminya. Ada yang menganggap sebagai pengalaman di kehidupan sebelumnya. Para psikolog mencoba menjelaskannya secara naturalistik. Melainkan| kejadian ini tetaplah misteri.

11. Bola Api Naga

Di atas Sungai Mekong di daerah Asia Tenggara, bola-bola bersinar kadang nampak timbul dari dalam air dan menembakkan diri mereka ratusan meter jauh ke langit kemudian menghilang perlahan-perlahan. Fenomena ini diketahui dengan nama bola api naga atau sinar mekong. Bolanya tampak berwarna agak kemerahan dan mempunyai ukuran yang bervariasi dari percikan kecil sampai seukuran bola basket. Kemunculan bola api ini dilaporkan ada di pertengahan musim gugur pada malam hari. Sampai saat ini belum ada yang dapat menjelaskan secara ilmiah tentang fenomena ini.

12. UFOs

Tidak dapat dibantah lagi bahwa begitu banyak orang bersaksi melaporkan eksistensi Unidentified Flying Objects (UFOs), Dari piring terbang sampai mahluk berkepala gundul dengan mata memanjang. Para astronom percaya bahwa meteor berasal dari angkasa luar. Tetapi apakah ada mahluk hidup di luar sana? Sebuah pertanyaan yang belum dijawab oleh sains.

13. Saudara Perempuan Pollock

Jauh mundur ke tahun 1957, sebuah tragedi menyelimuti keluarga Pollock dari Hexham, Inggris dikala Joanna, 6 tahun dan Jacqueline, 11 tahun meninggal tertabrak kendaraan beroda empat alias mobil ketika berjalan ke gereja. Orangtua mereka berduka kepada kedua buah hati perempuan mereka. Dan setahun kemudian, Florence Pollock melahirkan anak perempuan kembar. Mereka menamakan anak perempuan kembar mereka dengan Jennifer dan Gillian. 

Orangtua mereka menemukan keanehan, Jennifer mempunyai tanda lahir yang sama dengan almarhum buah hatinya, Jacqueline.  Awalnya mereka tidak memperdulikan itu sampai akhirnya anak kembar tersebut tumbuh besar. Mereka minta mainan yang gak pernah mereka lihat dan minta pergi ke daerah yang mereka belum pernah ke sana tetapi para almarhum kakaknya pernah mengalami semuanya. Mereka mulai berpikir bahwa anak kembar ini merupakan reinkarnasi kedua putrinya yang sudah meninggal sebab tidak ada ilmu sains yang sanggup menjelaskan.

14. Pengalaman Nyaris Mati dan Hidup Setelah Mati

Di Indonesia diketahui istilah mati suri, mati sesaat lalu hidup kembali. Terbukti kejadian ini dialami oleh manusia di seluruh benua di dunia. Pengalaman ini rata-rata berkisah tentang cahaya yang menyilaukan yang ditemui ketika menuju ke alam baka. Kaum skeptis menganggapnya cuma sebagai halunisasi. Orang yang relijius meyakini bahwa cahaya itu ialah Yang Maha Kuasa (Tuhan). Penjelasan ilmiahnya? Belum ada.

15. Kekuatan Psikologis 

Ini merupakan kekuatan yang melebihi intuisi, dimana orang dapat meramalkan apa yang akan terjadi di masa akan datang. Sebagian menerima dari mimpi atau mendadak mendapat penglihatan tentang apa yang akan terjadi. Di Indonesia diketahui sebagai paranormal atau dukun atau peramal. Kekuatan ini juga belum bisa dianalisis secara sains.

16. Hubungan Tubuh dan Pikiran

Ilmu kesehatan memang mempercayai bahwa pikiran kita sangat mempengaruhi kondisi fisik. Pada efek plasebo contohnya, mendemonstrasikan bagaimana suatu penyakit dapat berangsur membaik dengan metode si pasien memikirkan hal-hal positif. Atau penderitaan mental yang justru memperburuk kondisi kesehatan. Tetapi, hingga sekarang ilmuwan belum mampu menjelaskan secara detail ilmiah hubungan antara pikiran dan tubuh kita.

Sekian dulu artikel kali ini, semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan anda. Jika ada yang mau menambahkan silahkan tulis di kolom komentar. Mohon maaf jika ada kekeliruan dalam tulisan, cara menyampaikan maupun info yang saya bagikan ini. Dan jangan lupa di share juga ke teman-taman mu agar tidak ketinggalan informasi yang AdityaTekno.com berikan. Sampai Jumpa di artikel selanjutnya. Salam AdityaTekno.com.



sumber referensi:
https://science.idntimes.com/discovery/bayu/7-fenomena-aneh-di-dunia-ini-masih-gak-bisa-dijelaskan-secara-ilmiah/full
https://lasonearth.wordpress.com/artikel/unik-dan-aneh/10-fakta-yang-tidak-bisa-di-jelaskan-oleh-sains/

16 Fenomena Aneh Dunia yang Tidak Bisa Dijelaskan Secara Ilmiah

fenomena+aneh+dunia

Ilmu pengetahuan memang menakjubkan dan hampir semua orang menyukainya, sehingga mampu menyingkap beragam misteri kehidupan. Seperti halnya mencari energi alternatif, mengobati penyakit, menjelajahi antariksa, bahkan menciptakan mahluk hidup buatan. Dan semua keajaiban sains itu membuat kita terheran-heran. 

Akan tetapi, tidak semua misteri kehidupan bisa dapat dipecahkan secara sains atau ilmiah. Masih banyak fenomena lain yang masih belum dapat terjawab oleh ilmu pengetahuan. Apa sajakah itu? Apakah anda sudah mengetahuinya? Baik, mari kita simak bersama-sama. 

Berikut adalah Fenomena aneh Dunia yang hingga kini belum dapat dijelaskan secara Ilmiah :

1. Dengungan Taos

Di Kota kecil Taos, New Mexico. Para penduduknya merasa gelisah selama bertahun-tahun banyak dari mereka mendengar suara dengungan dengan frekuensi rendah di awal tahun 1990-an. Suara berfrekuensi rendah tersebut mengumandang di sepanjang udara gurun pasir. Anehnya, hanya 2% dari total penduduk setempat yang mendengar suara itu. Sebagian orang meyakini suara itu disebabkan oleh getaran yang tidak biasa. 

Sampai saat ini misteri dengungan aneh tersebut belum juga terpecahkan. Walau para peneliti telah menggali lebih dalam tentang fenomena ini, dan mereka tidak bisa menemukan asal suara itu. Suara dengungan ini juga terdengar di beberapa daerah Amerika Serikat, Kanada, Inggris dan Autralia.

2. Bigfoot

Selama puluhan tahun dilaporkan penemuan mahluk besar berbulu, berkaki besar dan meninggalkan jejak di sepanjang tempat di Amerika. Malah ada saksi matanya juga. Lucunya, tak ada temuan berupa potongan organ tubuh sama sekali. Cuma berupa rekaman foto dan film. Sama dengan monster Loch Ness, Bigfoot oleh mayoritas orang dianggap hanya sebagai mitos. Secara ilmiah belum terbukti keberadaannya.

3. Batu Berjalan

Bisa disebut dengan batu berlayar atau batu berjalan, batu-batu ini terlihat berpindah tempat dengan sendirinya bahkan meninggalkan jejak bergeser di bekas jalur gerak yang mereka lewati. Para peneliti sudah berusaha mencari tahu latar belakang kejanggalan ini di California sejak awasl tahun 1900-an. Rekaman time-lapse menangkan gerakan batu-batu tersebut dalam kecepatan  yang lumayan. 

Banyak Ilmuan dan peneliti percaya bahwa pergerakan tersebut disebabkan oleh batu yang bergeser  diatas lapisan tipis es yang terbentuk sepanjang malam dan mencair di siang hari, tetapi banyak juga yang tidak setuju. Beberapa orang percaya bahwa misteri ini sudah terpecahkan, sementara beberapa yang lain menyatakan butuh penelitian lebih lanjut.

4. Intuisi Beberapa Orang Menyebutnya “Indera Ke-enam“

Nyaris semua orang pernah berpengalaman memakai intuisinya baik sengaja ataupun tidak. Contohnya ketika kita merasa ada sesuatu yang salah, rupanya benar. Kajian psikologi menganalisanya sebagai kecakapan manusia mengenali suatu momen atau peristiwa dengan mengumpulkan informasi sekitar. Kita bisa tahu perihal sesuatu tanpa mengerti bagaimana caranya. Namun belum ada juga penjelasan yang bisa diterima di dunia sains perihal ini.

5. Cincin Peri

Ada banyak berita tentang cincin-cincin peri atau dikenal juga dengan cincin elf/pixie. Cincin jamur misterius ini
timbul di padang rumput atau tempat pedalaman hutan. Jamur-jamur ini menyusun lingkaran bulat total dan berdasarkan pakar spiritual, pusat lingkaran tersebut merupakan daerah yang berbahaya. Berdasarkan dongeng sekitar, cincin peri terwujud hasil dari tarian para peri.

Menurut mereka, tarian para peri ini membakar tanah sehingga mempercepat tumbuhnya jamur-jamur tersebut. Berdasarkan legenda, menjelang atau menghancurkan cincin peri akan membawa kesialan dan malapetaka. Belum ada peneliti yang berhasil mengatasi fenomena ini.

6. Menghilang Secara Misterius

Manusia dapat hilang sebab banyak alasan. Melarikan diri, kecelakaan, terbunuh, dan masih bisa ditemukan. Tapi, ada sebagian kasus dimana orang menghilang secara misterius. Ucap saja sejumlah kru kapal Spanyol Marie Celeste, Jimmy Hoffa, Amelia Earthart dan Natalee Holloway. Nama-nama tersebut ialah orang yang menghilang tanpa jejak. Belum ada juga penjelasan ilmiah tentang misteri ini.

7. Hantu Dari karya Shakespeare, Machbet 

Hingga aneka acara TV terbaru, selalu menceritakaan adanya roh orang yang telah meninggal. Di seantero dunia, berbagai negara, orang percaya adanya hantu. Pemburu hantu serta teknologi paling baru mencoba menerangkan secara ilmiah seputar mahluk tersebut. Sayang, masih belum ada penjelasan yang bisa diterima dengan pengetahuan manusia.

8. Bola Batu Raksasa

Di Pulau Isla Del Cano dan Pulau Diquis Delta, Costa Rica, ada sekitar 300 obyek bulat dengan ukuran beraneka ragam. Dinamakan oleh penduduk lokal sebagai "Las Bolas" yang artinya bola, benda bulat ini juga dijuluki bola Diquis. Batu yang bulat sempurna ini mempunyai berat sampai 16 ton masing-masing. Sebagian besar terbuat dari Granodiorite, namun ada sebagian yang terbuat dari limestone atau sandstone. Sampai sekarang gak ada yang benar-benar tahu dari mana asal mereka, yang pasti mereka berumur ribuan tahun.

9. Pipa Baigong

Di puncak Gunung Baigong di Tiongkok, sesuatu yang aneh ditemukan oleh ilmuwan Amerika di awal tahun 2000-an. Pipa dengan berbagai jenis ukuran dari diameter setara tusuk gigi hingga sangat besar ditemukan di tempat yang jauh dari pemukiman terkubur jauh di dalam bebatuan kuno. Mereka terbuat dari 30 persen silikon dioksida, kalsium oksida dan besi.

Dipercaya bahwa umur mereka sudah menginjak berabad-abad lamanya. Peneliti bilang bahwa untuk membuat pipa-pipa tersebu diperlukan teknik pengeboran yang amat canggih yang semestinya belum dimiliki  itu. Ada yang beranggapan bahwa itu pohon-pohon yang menjadi fosil, namun tidak ada yang dapat membuktikannya.

10. Déjà vu 

Berasal dari bahasa Perancis yang artinya “pernah tampak”, déjà vu yaitu peristiwa dimana kita merasa pernah mengalami kejadian yang sama di masa silam. Nyaris semua orang mengalaminya. Ada yang menganggap sebagai pengalaman di kehidupan sebelumnya. Para psikolog mencoba menjelaskannya secara naturalistik. Melainkan| kejadian ini tetaplah misteri.

11. Bola Api Naga

Di atas Sungai Mekong di daerah Asia Tenggara, bola-bola bersinar kadang nampak timbul dari dalam air dan menembakkan diri mereka ratusan meter jauh ke langit kemudian menghilang perlahan-perlahan. Fenomena ini diketahui dengan nama bola api naga atau sinar mekong. Bolanya tampak berwarna agak kemerahan dan mempunyai ukuran yang bervariasi dari percikan kecil sampai seukuran bola basket. Kemunculan bola api ini dilaporkan ada di pertengahan musim gugur pada malam hari. Sampai saat ini belum ada yang dapat menjelaskan secara ilmiah tentang fenomena ini.

12. UFOs

Tidak dapat dibantah lagi bahwa begitu banyak orang bersaksi melaporkan eksistensi Unidentified Flying Objects (UFOs), Dari piring terbang sampai mahluk berkepala gundul dengan mata memanjang. Para astronom percaya bahwa meteor berasal dari angkasa luar. Tetapi apakah ada mahluk hidup di luar sana? Sebuah pertanyaan yang belum dijawab oleh sains.

13. Saudara Perempuan Pollock

Jauh mundur ke tahun 1957, sebuah tragedi menyelimuti keluarga Pollock dari Hexham, Inggris dikala Joanna, 6 tahun dan Jacqueline, 11 tahun meninggal tertabrak kendaraan beroda empat alias mobil ketika berjalan ke gereja. Orangtua mereka berduka kepada kedua buah hati perempuan mereka. Dan setahun kemudian, Florence Pollock melahirkan anak perempuan kembar. Mereka menamakan anak perempuan kembar mereka dengan Jennifer dan Gillian. 

Orangtua mereka menemukan keanehan, Jennifer mempunyai tanda lahir yang sama dengan almarhum buah hatinya, Jacqueline.  Awalnya mereka tidak memperdulikan itu sampai akhirnya anak kembar tersebut tumbuh besar. Mereka minta mainan yang gak pernah mereka lihat dan minta pergi ke daerah yang mereka belum pernah ke sana tetapi para almarhum kakaknya pernah mengalami semuanya. Mereka mulai berpikir bahwa anak kembar ini merupakan reinkarnasi kedua putrinya yang sudah meninggal sebab tidak ada ilmu sains yang sanggup menjelaskan.

14. Pengalaman Nyaris Mati dan Hidup Setelah Mati

Di Indonesia diketahui istilah mati suri, mati sesaat lalu hidup kembali. Terbukti kejadian ini dialami oleh manusia di seluruh benua di dunia. Pengalaman ini rata-rata berkisah tentang cahaya yang menyilaukan yang ditemui ketika menuju ke alam baka. Kaum skeptis menganggapnya cuma sebagai halunisasi. Orang yang relijius meyakini bahwa cahaya itu ialah Yang Maha Kuasa (Tuhan). Penjelasan ilmiahnya? Belum ada.

15. Kekuatan Psikologis 

Ini merupakan kekuatan yang melebihi intuisi, dimana orang dapat meramalkan apa yang akan terjadi di masa akan datang. Sebagian menerima dari mimpi atau mendadak mendapat penglihatan tentang apa yang akan terjadi. Di Indonesia diketahui sebagai paranormal atau dukun atau peramal. Kekuatan ini juga belum bisa dianalisis secara sains.

16. Hubungan Tubuh dan Pikiran

Ilmu kesehatan memang mempercayai bahwa pikiran kita sangat mempengaruhi kondisi fisik. Pada efek plasebo contohnya, mendemonstrasikan bagaimana suatu penyakit dapat berangsur membaik dengan metode si pasien memikirkan hal-hal positif. Atau penderitaan mental yang justru memperburuk kondisi kesehatan. Tetapi, hingga sekarang ilmuwan belum mampu menjelaskan secara detail ilmiah hubungan antara pikiran dan tubuh kita.

Sekian dulu artikel kali ini, semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan anda. Jika ada yang mau menambahkan silahkan tulis di kolom komentar. Mohon maaf jika ada kekeliruan dalam tulisan, cara menyampaikan maupun info yang saya bagikan ini. Dan jangan lupa di share juga ke teman-taman mu agar tidak ketinggalan informasi yang AdityaTekno.com berikan. Sampai Jumpa di artikel selanjutnya. Salam AdityaTekno.com.



sumber referensi:
https://science.idntimes.com/discovery/bayu/7-fenomena-aneh-di-dunia-ini-masih-gak-bisa-dijelaskan-secara-ilmiah/full
https://lasonearth.wordpress.com/artikel/unik-dan-aneh/10-fakta-yang-tidak-bisa-di-jelaskan-oleh-sains/
Load Comments

Dapatkan Artikel Tips AdSense, Blogging, SEO setiap harinya.

Notifications

Disqus Logo