Cara Membuat Website Toko Online Praktis Melalui TokoTalk

Berikut adalah cara membuat website toko online melalui TokoTalk.
Cara Membuat Website Toko Online Praktis Melalui TokoTalk. (Gambar: AdityaTekno.com)

AdityaTekno.com - Bagaimana cara membuat website toko online? Mudah saja, karena kamu bisa mengandalkan TokoTalk untuk pembuatan toko online secara profesional. Jika saat ini kamu sedang berencana memulai bisnis online, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat toko online. 

Keuntungan Membuat Website Toko Online Pribadi

Tentunya ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika membuat website toko online. Salah satunya adalah mampu menjangkau pasar yang lebih luas. Dengan begitu, maka potensi untuk mendapatkan banyak konsumen semakin meningkat.

Hal ini sangat berbeda jika kamu hanya mengandalkan toko konvensional, karena jangkauan pasarnya lebih terbatas. Selain itu, dengan memiliki toko online pribadi, bisnis yang kamu kembangkan akan terlihat lebih profesional sehingga mampu meningkatkan kepercayaan calon konsumen.

Cara Membuat Website Toko Online untuk Pemula

Bagi kamu yang masih pemula dan ingin membuat toko online untuk mengembangkan bisnis, ada beberapa tahap yang perlu diperhatikan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa panduan dan proses yang perlu diketahui.

1. Membuat Perencanaan dan Strategi Bisnis

Panduan pertama yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis online adalah membuat perencanaan serta strategi bisnis yang efektif. Mulai dari produk barang atau jasa yang disediakan, riset pasar, model bisnis yang akan dikembangkan, modal, hingga marketing.

2. Menentukan Nama Toko Online

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah menentukan nama toko online. Banyak pelaku bisnis yang menggunakan nama website sama seperti nama brand yang dijual. Ada juga yang menggunakan tambahan official untuk menunjukkan situs resmi dari brand.

3. Memilih Domain dan Hosting

Dalam pembuatan website toko online, kamu juga harus memilih domain serta hosting. Domain merupakan alamat situs, sementara web hosting merupakan layanan yang menyediakan ruang penyimpanannya sehingga bisa diakses melalui internet. Kamu bisa membeli atau menyewanya.

4. Memasang CMS (Content Management System)

CMS atau Content Management System diperlukan untuk mengelola konten yang ada di dalam sebuah website. Jika ingin cara yang lebih praktis, kamu bisa memasang CMS yang sudah tersedia seperti WordPress, Joomla, Drupal dan CMS lainnya. 

5. Memasang Plugin Khusus

Plugin berfungsi untuk menambahkan fitur yang lebih spesifik. Jika untuk keperluan toko online, maka kamu memerlukan fitur tambahan berupa katalog produk, keranjang, halaman checkout, metode pembayaran dan lain sebagainya.

6. Mengatur Halaman Website

Cara membuat website toko online selanjutnya adalah melakukan pengaturan halaman website. Mulai dari bagian Page Attributes, Homepage, hingga Footer dan Sidebar. Sebelumnya kamu juga perlu mengatur tema serta desain pada website toko online.

7. Katalog dan Konten

Jika tampilan website kamu sudah bagus dengan tema yang menarik serta plugin dan operasional yang baik, maka kamu bisa segera mengisi katalog produk. Mulai dari nama dan foto produk, harga serta deskripsi produk. 

Adapun cara membuat toko online menarik bisa melalui desain pada tampilannya. Sementara untuk konten toko online sebaiknya menggunakan pendekatan SEO. Sebagai referensi, kamu bisa mengakses http://tokotalk.info/blogger

8. Meluncurkan Toko Online

Jika semuanya sudah selesai dilakukan dan tidak ada kendala apapun, maka kamu bisa segera meluncurkan website toko online milikmu. Jangan lupa untuk terus mengecek kinerjanya dan konsultasikan dengan tim IT jika terjadi masalah secara teknis.

Cara Membuat Website Toko Online Sendiri dengan Praktis

Jika kamu merasa kesulitan dengan semua panduan yang telah dijelaskan di atas, maka ada cara praktis yang bisa kamu lakukan. Ya, untuk membuat toko online dengan mudah kamu bisa mengandalkan TokoTalk. Adapun langkah-langkahnya adalah seperti berikut.

1. Tahap Sign Up

Untuk membuat website toko online dengan mudah, kamu bisa langsung mengunjungi situs penyedia jasa pembuatan website toko online yang sudah terpercaya tersebut. Kemudian langsung melakukan pendaftaran di link sign up yang sudah disediakan. 

2. Melengkapi Data Toko Online

Kamu bisa membuat akun TokoTalk dengan mengisi semua data yang diperlukan. Mulai dari alamat email, nomor HP, nama toko serta lokasi toko dengan benar. Kemudian tinggal klik pada kolom Daftar yang tersedia di bagian bawah.

Atau kalau kamu memiliki akun Facebook atau Google bisa juga melakukan pendaftaran melalui kedua akun tersebut. Kamu hanya perlu klik pada salah satu akun dan nantinya akan muncul halaman Pop Up, tinggal klik Continue as (name).

3. Syarat dan Ketentuan

Selanjutnya kamu akan diarahkan ke halaman Syarat dan Ketentuan, silakan centang pada kotak yang tersedia untuk menyetujui kebijakan privasi serta syarat dan ketentuan yang berlaku. Jika sudah, kamu bisa langsung klik opsi Selanjutnya.

4. Kode OTP

Kamu akan mendapatkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor HP yang telah kamu daftarkan sebelumnya. Kamu juga bisa memilih Whatsapp untuk pengiriman kode OTP tersebut. Jika kode OTP sudah dikirim, langsung saja masukkan ke kolom Kode Verifikasi yang tersedia.

5. Informasi Toko

Nantinya akan muncul halaman baru dan kamu bisa mengisi data toko online yang dibutuhkan. Mulai dari nama toko online, lokasi serta saluran penjualan utama (opsional). Kemudian klik Selanjutnya. Jika berhasil, kamu akan diarahkan ke halaman utama.

Untuk membuka toko online pribadimu, maka kamu perlu mengakses panduan lengkap jualan online di TokoTalk. Mulai dari melengkapi data toko online, menyiapkan toko online, hingga trial toko online dan mempromosikan toko online. Sebagai permulaan kamu bisa membuat toko online secara gratis.

Cara membuat website toko online di atas bisa kamu jadikan referensi sebelum membuat toko online secara profesional. Sebagai langkah awal, kamu bisa langsung melakukan pendaftaran di link berikut https://tokoadmin.tokotalk.com/signup. Lengkapi semua datanya dan buka toko online sekarang juga!

Posting Komentar