4 Cara Membersihkan File Sampah di Windows 10 Tanpa Aplikasi dan Dengan Aplikasi

4 Cara Membersihkan File Sampah di Windows 10 Tanpa Aplikasi dan Dengan Aplikasi

AdityaTekno.com - Kali ini saya akan membagikan tutorial Cara Membersihkan / Menghapus File Sampah (cache, temporary file, leftover dari aplikasi yang sudah dihapus, registry entry, file dari versi Windows lama, dan file-file lain) di laptop / komputer / pc Windows 10 Tanpa Aplikasi dan dengan Aplikasi.
Cara Membersihkan File Sampah di Windows 10 Tanpa Software dan Dengan Software

Pasti anda akan sangat kesal jika ruang penyimpanan laptop atau komputer terlalu penuh karena diisi berbagai macam file, maka kinerja komputer atau laptop bisa menurun. Apalagi jika ruang penyimpanannya terbatas dan kita memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan, maka dari itu akan sangat menyiksa karena kita tidak bisa bekerja secara efektif dan efisien.

File sampah adalah istilah yang digunakan untuk file-file yang sudah tidak berguna lagi tapi masih tersimpan di dalam drive komputer. Lalu jika tidak dibersihkan, maka file-file sampah ini akan menumpuk dan membuat hard disk cepat penuh, bahkan dalam kondisi yang sudah terlalu banyak file sampah juga bisa membuat Windows 10 menjadi lemot.

Nah, untuk mempercepat Windows 10 dan menjaga agar sistem tetap sehat maka kita harus melakukan pembersihan file sampah secara berkala. Lalu bagaimana cara membersihkan file sampah pada komputer khususnya untuk windows 10? Simak tutorialnya dibawah.

1. Cara Membersihkan File Sampah di Windows 10 Menggunakan Disk Cleanup


Membersihkan file sampah di Windows 10 bisa dilakukan tanpa aplikasi yaitu dengan Disk Cleanup. Fitur ini sudah ada sejak dulu dan masih tetap dimasukkan di Windows 10 juga masih bisa berfungsi dengan baik untuk membersihkan file sampah di hard disk, baik itu drive C: (system), maupun drive D: (data).

Menggunakan Disk Cleanup juga tidak kalah efektif dengan aplikasi lain yang ada pada daftar ini. Meskipun tampilannya yang terkesan kuno tapi fungsinya masih berjalan dengan lancar.

Jika anda termasuk orang yang malas untuk install aplikasi tambahan maka menggunakan Disk Cleanup sudah lebih dari cukup untuk membuat sistem tetap bersih dari file-file tidak berguna.

Cara Menggunakan Disk Cleanup untuk membersihkan file sampah di Windows 10

  1. Pertama, buka aplikasi Disk Cleanup, caranya ketik “disk cleanup” (tanpa tanda kutip) pada search bar lalu pilih aplikasi Disk Cleanup.
  2. Pilih drive yang ingin dibersihkan, misalnya ingin membersihkan drive C maka pilih (C:), jika ingin membersihkan drive D maka pilih (D:)
  3. Centang jenis file sampah apa saja yang ingin dibersihkan.
  4. Klik Clean up system files.
  5. Klik OK.

2. Cara Membersihkan File Sampah di Windows 10 Menggunakan Storage Sense


Membersihkan file sampah di Windows 10 bisa dilakukan tanpa aplikasi yang kedua yaitu dengan Storage Sense. Jika anda tidak suka menginstall aplikasi tambahan untuk melakukan tugas ini maka Storage Sense sudah lebih dari cukup untuk membersihkan semua jenis file sampah dan memberikan ruang baru di hard disk.

Storage Sense adalah fitur bawaan yang hanya ada pada versi Windows 10, di versi Windows yang lama tugas untuk bersih-bersih hard disk ini biasanya dilakukan oleh Disk Cleanup seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Dibandingkan dengan pendahulunya, Storage Sense memiliki tampilan yang lebih modern dan akses yang lebih mudah.

Storage Sense bisa digunakan untuk membersihkan drive penyimpanan dari temporary files, old caches, previous update files, dan file sampah lain yang biasanya memenuhi hard disk dan memberatkan sistem.
Jika fitur pembersihan otomatis diaktifkan, maka anda bisa menjaga Windows 10 tetap bersih dari file sampah tanpa harus membersihkannya secara manual karena Storage Sense akan melakukannya secara berkala sesuai dengan jadwal yang anda tentukan.

Cara Menggunakan Storage Sense untuk membersihkan file sampah di Windows 10

  1. Pertama, buka Settings >> System >> Storage.
  2. Hidupkan Storage Sense dengan menekan tombol menjadi On.
  3. Klik Configure Storage sense or run it now.
  4. Untuk menghapus file sampah secara otomatis di Windows 10 maka anda bisa tentukan jadwalnya, satu bulan sekali adalah yang paling ideal. 
  5. Jadi, pilih yang Every Month. Lalu centang "Delete temporary files that my app aren't using"
  6. Tekan tombol Clean now untuk melakukan scan hard disk dan membersihkannya.

Storage Sense sangat efektif untuk membersihkan file sampah di Windows 10 secara otomatis, terutama untuk menghapus file-file sisa update Windows yang seringkali ukurannya bisa mencapai 5 GB an. Kalau tidak dibersihkan file ini bisa membuat drive C cepat penuh.

Hebatnya kita bisa melakukan itu semua tanpa install aplikasi tambahan lagi, cukup menggunakan Storage Sense yang merupakan fitur bawaan di setiap versi Windows 10.

3. Cara Membersihkan File Sampah di Windows 10 Menggunakan CCleaner


Cara membersihkan file sampah di Windows 10 yang selanjutnya adalah menggunakan aplikasi CCleaner. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi cleaner PC terbaik untuk Windows yang bisa anda dapatkan secara gratis.

CCleaner memiliki sejumlah tools yang sangat lengkap untuk melakukan tugas-tugas pembersihan PC, mulai dari membersihkan file temporary, cache aplikasi, browser cache dan tracker, dan system registry.

Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga punya tools software uninstaller dan updater untuk memastikan tidak ada file yang tersisa saat kita menghapus sebuah program dari Windows 10.

Cara Menggunakan CCleaner untuk membersihkan file sampah di Windows 10

  1. Pertama, tutup semua aplikasi, terutama browser yang sedang aktif.
  2. Kemudian, buka aplikasi CCleaner.
  3. Masuk ke tab Easy Clean.
  4. Klik Analyze lalu tunggu hingga proses scan selesai.
  5. Setelah scan selesai, anda akan melihat daftar file sampah yang bisa dibersihkan dengan aman.
  6. Klik tombol Clean All.

Menu Custom Clean juga bisa digunakan untuk membersihkan file sampah dari browser atau aplikasi tertentu yang kita inginkan. Fitur ini berguna jika anda tidak ingin file cache dari satu browser tertentu terhapus karena ada data penting di dalamnya yang ingin tetap anda simpan.

Untuk membersihkan System Registry kita bisa menggunakan fitur Registry Cleaner, tapi dalam menggunakan fitur ini anda harus berhati-hati karena bila sembarangan malah bisa membuat sistem jadi error. Sebaiknya lakukan backup terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Baca Juga : Cara Menonaktifkan Auto Update Windows 10

Pada tab Tools ada beberapa fungsi yang cukup berguna seperti Software Uninstaller dan Updater untuk menghapus dan mengecek apakah ada update terbaru dari program-program yang terinstall di Windows 10 kita. Ada juga tools bernama Duplicate Finder yang berfungsi untuk mendeteksi file duplikat dan membersihkannya.

4. Cara Membersihkan File Sampah di Windows 10 Menggunakan Total PC Cleaner


Cara membersihkan file sampah di Windows 10 yang selanjutnya adalah menggunakan aplikasi Total PC Cleaner. Aplikasi gratisan ini juga cukup bagus untuk membersihkan file sampah di Windows 10. Tampilannya sederhana dan sangat mudah sekali digunakan oleh orang awam, cukup dengan beberapa klik saja semua file sampah yang memenuhi hard disk bisa dibersihkan.

Cara Menggunakan Total PC Cleaner untuk membersihkan file sampah di Windows 10 

  1. Download dan Install aplikasi Total PC Cleaner dari Microsoft Store. Caranya buka Microsoft Store lalu ketik “total pc cleaner” pilih aplikasinya lalu klik Install.
  2. Buka aplikasi Total PC Cleaner.
  3. Klik Start Scan.
  4. Tunggu hingga proses selesai.
  5. Setelah selesai, pilih file sampah yang ingin dibersihkan.
  6. Klik tombol Clean.

Aplikasi ini bisa membersihkan semua file caches dari sistem, aplikasi, email, dan browser. Saat melakukan scanning, aplikasi Total PC Cleaner juga akan mendeteksi file-file besar yang ada di folder Download sebagai file sampah. Nah, disini anda harus berhati-hati, jangan centang opsi Downloads apabila di sana ada file yang masih diperlukan.

Setelah menyimak tutorial diatas, bagaimana menurut anda? mudah kan? Demikian artikel 4 Cara Membersihkan File Sampah di Windows 10 Tanpa Aplikasi dan Dengan Aplikasi. Semoga bermanfaat dan bisa membantu anda. Terima kasih sudah berkunjung. Salam AdityaTekno.com

sumber : 
https://winpreso.com/membersihkan-file-sampah-windows-10/
https://carisinyal.com/cara-membersihkan-sampah-di-laptop/