Android vs iOS Bagusan Mana? Apakah iOS Lebih Unggul dari Android?

Android vs iOS Bagusan Mana? Apakah iOS Lebih Unggul dari Android?

AdityaTekno.com - Kali ini saya akan menjawab pertanyaan Android vs iOS Bagusan Mana? Lalu, Apakah iOS Lebih Unggul dari Android? Berikut penjelasannya.
Android vs iOS Bagusan Mana?

Saat ini Android dan iOS merupakan dua sistem operasi mobile yang paling populer dengan jumlah pengguna sangat banyak. Yang bikin bingung yaitu ketika anda ingin membeli salah satu smartphone terbaik, memilih Android vs iOS bisa menjadi pilihan yang sulit.

Baca Juga: Spesifikasi Lengkap, Kelebihan dan Kekurangan Apple iPhone 11 Pro

Karena kedua OS ini memiliki banyak perbedaan, kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Android vs iOS menawarkan banyak fitur menarik yang pada dasarnya tampak sama (terlepas dari brand dan harganya). Saat membandingkan keduanya, tidak sedikit orang memilih iOS yang sampai sekarang secara umum masih dianggap lebih baik dibanding Android. Lalu, apakah iOS memang lebih unggul dari Android? Berikut penjelasannya:

1. Updates


Dari segi Updates, Android dan iOS memang sangat berbeda. Google menggunakan Play Services untuk menangani banyak berbagai keamanan dan kompatibilitas aplikasi Android. Sementara pembaruan iOS tidak menyertakan setiap fitur untuk model yang lebih lama. Tapi, masih tidak dapat disangkal bahwa pembaruan yang dilakukan oleh iOS masih lebih baik daripada Android.

2. Support


AppleCare legendaris membuat Apple terlihat lebih unggul dalam perbandingan Android vs iOS. Ketika anda memiliki masalah dengan iPhone, anda bisa masuk ke Apple Store dan mengurusnya dengan AppleCare. Karena ponsel Android berasal dari begitu banyak perusahaan yang berbeda, kelebihan ini tidak dapat ditandingi oleh Android. Bukan berarti perusahaan yang membuat Android tidak menawarkan sesuatu.

Dan mereka semua memiliki departemen layanan pelanggan mereka sendiri, bahkan Pixel memiliki cara yang memungkinkanmu berbicara dengan manusia hidup nyata jika anda memiliki masalah atau butuh bantuan. Samsung juga memperluas kehadiran ritelnya di barat. Namun, hal tersebut bahkan tidak mendekati pengalaman AppleCare.

3. Keamanan dan Privasi


Dari pihak Apple, mereka mengumpulkan data dari semua orang yang menggunakan iOS dan melakukan pekerjaan dengan baik agar tetap anonim dan internal. Google melakukan hal yang sama, terlepas dari apa pun yang anda baca dari tempat lain.

Namun, Android memiliki beberapa masalah serius dalam hal keamanan dan privasi. Tidak sedikit model Android (termasuk yang terjual puluhan juta dan mendorong pangsa pasar Android) tidak terlindungi dengan sempurna. Dengan begitu ketika membandingkan Android vs iOS, faktor keamanan layak anda pertimbangkan sebaik mungkin.

Yap, memang benar Google yang menjaga datamu dengan baik, tapi tidak berpengaruh besar ketika peretas mendapatkan login bank-mu karena anda telah ditipu untuk menginstal sesuatu yang dimungkinkan oleh software lama Android. Dan Google memahami keamanan dan privasi internet, tetapi beberapa dari pengetahuan itu tampaknya hilang ketika sudah sampai pada Android.

Nah, setelah membaca penjelasan diatas pasti anda lebih memilih iOS ketimbang Android. Tapi, jangan puas sampai disitu. Di penjelasan selanjutnya saya akan membahas kelebihan dan kekurangan OS Android vs iOS dan dijamin anda akan goyah lagi untuk memilih Android.

Kelebihan dan Kekurangan dari OS Android vs iOS


Pangsa pasar Android saat ini sudah sangat luas dan terintegrasi langsung dengan produk lain dari Google. Hal ini tentunya sangat menguntungkan karena hampir semua orang memiliki alamat email Gmail sehingga untuk menggunakan Android anda tinggal menghubungkannya dengan akun tersebut. Cukup dengan satu akun, anda bisa mendapatkan semua kemudahan dari perangkat Android.

Baca Juga: Cara Nonton YouTube Tanpa Iklan

Sebetulnya iOS juga memiliki fitur yang tidak jauh berbeda dengan Android, yaitu iCloud yang bisa digunakan untuk layanan Apple lainnya. Dengan satu akun tesebut anda bisa terhubung ke perangkat Apple lain milik anda maupun menggunakan layanan seperti iTunes.

Namun ada satu keunggulan Android yang tidak dimiliki oleh Apple, yaitu kemudahan untuk melakukan sign in dan sign up di aplikasi pihak ketiga. Di Android anda bisa tinggal memilih masuk dengan akun Google dan secara otomatis langsung masuk atau membuat akun jika belum punya.

Baca Juga: 10 HP Gaming Murah Terbaik 2019 | Harga Mulai 1 - 2 Jutaan

Selain itu layanan Google sudah bisa dikatakan tersebar luas termasuk di Indonesia. Salah satu contohnya anda bisa melakukan pembayaran pada Google Play Store dengan menggunakan pulsa. Sebuah kelebihan yang belum dimiliki oleh perangkat iOS untuk saat ini (menurut yang saya ketahui). Jadi, bagi anda yang tidak mempunyai kartu kredit tetap bisa membeli aplikasi dengan mudah.

Satu hal yang menjadi alasan kenapa banyak sekali pengguna yang memilih Android dikarenakan sifatnya yang terbuka dan fleksibel. Anda dapat merubah banyak sekali hal dalam Android mulai dari tampilan hingga fungsi lainnya. Hal ini juga menyebabkan kenapa para vendor menggunakan varian mereka sendiri seperti Xiaomi MIUI atau Samsung TouchWiz yang sangat terkenal.

Dalam melakukan aktivitas di dalam Android sangat lah mudah layaknya anda menggunakan laptop atau komputer biasa. Contohnya anda bisa dengan mudah memindahkan data dari perangkat lain ke Android. Untuk perangkat iOS hal ini sedikit rumit dari seharunya karena anda tidak bisa memindahkannya begitu saja, tetapi harus melalui aplikasi lain seperti iTunes.

Melihat kelebihan di atas, Android sangat cocok buat anda yang lebih suka fleksibilitas dan kemudahan dalam melakukan apapun. Dukungan layanan luas juga membuat Android nyaman untuk digunakan khususnya oleh pengguna smartphone Indonesia. Ekosistem iOS hingga saat ini belum terbilang matang untuk pengguna Indonesia.

Lalu Bagusan Mana antara Android vs iOS?


Bagus tidaknya tergantung dengan kebiasaan dan apa yang anda butuhkan. Kesimpulannya seperti ini, jika anda lebih menginginkan fleksibilitas, harga terjangkau dan suka oprek-oprek HP. Maka anda harus memilih Android karena bisa melakukan banyak hal dengan mudah. Nah, jika anda ingin kualitas terbaik dan minim masalah maka sebaiknya memilih iOS.

Baca Juga: 10 Game Android Multiplayer Online Terbaik dan Terpopuler 2019

Jadi, saran saya jangan mempertimbangkan bagusan mana antara Android atau iOS, tapi lebih memilih untuk yang anda rasa kebih penting dari kelebihan masing-masing. Kebutuhan seseorang tentunya akan berbeda-beda mulai dari seorang siswa, pekerja, maupun yang membuka usaha toko online atau online shop.

Demikian artikel Android vs iOS Bagusan Mana? Apakah iOS Lebih Unggul dari Android? Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. Sampai jumpa dipostingan selanjutnya. Salam AdityaTekno.com

sumber:
https://www.dewaweb.com/blog/android-vs-ios-mana-yang-lebih-baik/
https://gadgetren.com/2017/09/15/android-vs-ios-iphone-bagus-mana/

Anda mungkin menyukai postingan ini